SB - Sobat Budaya

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Sobat Budaya

“Sobat Budaya mengajak seluruh masyarakat indonesia untuk menjaga, melestarikan, mengembangkan dan mendata budaya indonesia dari sabang sampai merauke ini yang sangat kaya”

Secara garis besar sobat budaya berbicara tentang menjaga, melestarikan, mengembangkan serta mendata budaya indonesia Bukan tidak mungkin, suatu saat nanti yang menikmati keuntungan dari budaya Indonesia, bukanlah orang Indonesia sendiri, tapi bangsa lain. Berdasarkan simulasi komputasional yang telah dilakukan, pengelolaan budaya Indonesia yang lebih baik dapat berdampak kepada kenaikan PDB sebesar Rp. 300 Triliun. Sebuah angka yang tidak kecil, dan dapat berdampak secara signifikan kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Budaya adalah warisan, yang sebagaimana arti katanya, budaya juga memiliki nilai dan manfaat jangka panjang apabila dikelola dengan baik. Gerakan Sejuta Data Budaya adalah suatu inisiatif untuk memulai pengelolaan budaya Indonesia secara lebih baik dan terukur.

Mengapa Sobat Budaya?

Indonesia adalah negara yang kaya dengan keragaman budaya-nya. Indonesia adalah rumah bagi 726 bahasa dari total sejumlah 6900 bahasa yang ada di dunia; 10% bahasa di dunia berada di Indonesia. Akan tetapi, tanpa pendataan yang baik untuk melestarikannya, maka budaya Indonesia bisa jadi hanya sebagai kebanggaan masa lalu saja. Budaya bisa punah, baik karena hilang tak hadir di tengah-tengah masyarakat atau diklaim oleh pihak/negara lain.

Visi

Mendorong pelestarian dan pengembangan serta pendataan budaya Indonesia

Misi

  • Membangun dan mengembangkan Perpustakaan Digital Budaya Indonesia (PDBI).
  • Memperkuat perlindungan hukum terhadap budaya Indonesia.
  • Mendorong penelitian budaya Indonesia.
  • Mempromosikan diversitas budaya Indonesia.
  • Mendorong pendidikan budaya Indonesia.
  • Mendorong partisipasi dan apresiasi masyarakat kepada budaya Indonesia.

 

Sumber: sobatbudaya.or.id


Layanan - SB - Sobat Budaya

Layanan Publik - Instansi