AGEI - Asosiasi Guru Ekonomi Indonesia

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Guru memiliki peran yang sangat penting  dalam meningkatkan mutu pendidikan nasional, karena guru merupakan barisan terdepan dalam mencerdaskan kehidupan  bangsa. Untuk itu guru harus selalu berupaya meningkatkan profesionalitas agar dapat menjalankan fungsinya sebagai agen pembelajaran,  pengembang ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, serta pengabdi kepada masyarakat berfungsi untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional. Salah satu upaya meningkatkan profesionalitas guru melalui upaya mandiri atau melalui upaya kelompok.

Riwayat singkat AGEI

Asosiasi Guru Ekonomi diprakarsai oleh ketua MGMP Ekonomi DKI Jakarta Drs, Wiji Purwanta. Prakarsa tersebut dilatarbelakangi :bahwa Guru memiliki peran yang sangat penting  dalam meningkatkan mutu pendidikan nasional, karena guru merupakan barisan terdepan dalam mencerdaskan kehidupan  bangsa. Untuk itu guru harus selalu berupaya meningkatkan profesionalitas agar dapat menjalankan fungsinya sebagai agen pembelajaran,  pengembang ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, serta pengabdi kepada masyarakat berfungsi untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional. Salah satu upaya meningkatkan profesionalitas guru melalui upaya mandiri atau melalui upaya kelompok.

Untuk merealisasikan cita-cita tersebut diperlukan wadah berupa asosiasi guru mata pelajaran yang berfungsi sebagai pemelihara kode etik guru  dan memberikan advokasi terhadap anggotanya. Asosiasi merupakan wadah yang memiliki kekuatan hukum dan memiliki struktur organisasi yang jelas. Melalui asosiasi guru mata pelajaran,  seorang guru akan terjaga eksistensinya dan memiliki sarana pengembangan profesi, kualifikasi dan kompetensi.

Pra Konggres :

Kegiatan Pra konggres diawali dengan berbagai pertemuan pendahuluan oleh pengurus MGMP Ekonomi DKI Jakarta, melibatkan perwakilan dari beberapa wilayah yang dihadiri sebanyak 52 orang yang berasal dari Yogyakarta, Bandung, Semarang, Bekasi, Sukabumi, Bogor, Depok, Banten Tangerang, Jakarta, yang mengasilkan rancangan dan persiapan konggres :

Konggres Asosiasi Guru Ekonomi

Kongres Asosiasi Guru Ekonomi Indonesia dilaksanakan dari tanggal 17 sampai dengan 21 Juni 2007 di LPMP Provinsi DKI Jakarta jalan Nangka Tanjung Barat- Pasar Minggu Jakarta Selatan. Peserta Konggres dihadiri perwakilan 21 Provinsi sebanyak 136 peserta, yang menghasilkan antara lain : Kepengurusan, AD/ ART, Program Kerja, Logo, Mars / Himne AGEI

Visi & Misi & Tujuan AGEI

AGEI adalah organisasi profesi guru ekonomi Indonesia non partisan yang bersifat independen yang dibentuk/ dikukuhkan pada tanggal. 20 Juni 2007 di Jakarta untuk jangka waktu yang tidak ditetapkan, dengan organisasi yang berazaskan Pancasila dan UUD 1945, dengan Visi, Misi  dan Tujuan :

Visi AGEI

mewujudkan profesionalitas guru ekonomi yang unggul dalam spiritual, intelektual, dan emosional.

Misi AGEI adalah:

  1. Meningkatkan profesionalitas
  2. Meningkatkan sikap dan pengetahuan berbasis imtak dan iptek
  3. Mengembangkan wawasan dan ketrampilan dalam  menghadapi globalisasi
  4. Mewujudkan guru sebagai agen perubahan dan kemajuan
  5. Meningkatkan kesejahteraan
  6. Memberikan perlindungan kepada  anggota

Tujuan AGEI adalah:

  1. Meningkatkan profesionalitas dalam proses pembelajaran
  2. Meningkatkan sikap dan pengetahuan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dengan berdasar iman dan takwa
  3. Mengembangkan wawasan berpikir dan ketrampilan komunikasi berbahasa internasional dalam  menghadapi globalisasi
  4. Mewujudkan guru sebagai agen pembelajaran,  pengembang ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, serta pengabdi kepada masyarakat berfungsi untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional.
  5. Meningkatkan kesejahteraan materiil dan spirituil
  6. Memberikan wahana berpikir dan bertindak agar tercipta iklim yang kondusif, kreatif, inovatif dan kompetitif bagi dunia pendidikan
  7. Memberikan perlindungan kepada  anggota
  8. Meningkatkan karier bagi anggotanya

 

Sumber: asosiasiguruekonomi.org


Layanan - AGEI - Asosiasi Guru Ekonomi Indonesia

Layanan Publik - Instansi