ISPI - Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI) adalah suatu organisasi profesi di bidang pendidikan di Indonesia. Menurut Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangganya, ISPI mempunyai tujuan untuk menyumbangkan tenaga dan pikiran kepada pembangunan pendidikan nasional secara profesional agar lebih terarah, berhasil guna dan berdaya guna, melalui pengembangan dan penerapan ilmu pendidikan untuk kemajuan dan kepentingan bangsa dan negara

Sejarah

Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia didirikan pada tahun 1960. Pada waktu itu ISPI masih bersifat lokal, yang setiap kota mempunyai masing-masing ketua. Di Bandung ISPI diketuai oleh Prof. Dr. Sadarjoen Siswomartojo dan Prof. Dr. Winarno Surachmad, M.Sc., M.Ed. Di Jakarta ISPI diketuai oleh Dr. A.S. Broto, di Kalimantan Barat ISPI diketuai oleh Prof. Dr. Hadari Nawawi serta di Sumatera Utara ISPI diketuai oleh Prof. Dr. Payung Bangun. Pada saat itu koordinasi dan keterpaduan secara nasional belum terwujud.

Pada tanggal 23 Desember 1980 sekelompok kecil sarjana pendidikan dari IKIP Bandung (Sekarang UPI) berkumpul untuk menjajaki adanya kemungkinan diadakannya suatu pertemuan yang bersifat nasional. Setelah dilakukan komunikasi antara sarjana pendidikan di Bandung, Malang, Semarang, dan Yogyakarta, maka dibentuk panitia pertemuan tingkat nasional yang sekaligus untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional tahun 1981. Pertemuan tingkat nasional tersebut akhirnya diselenggarakan pada tanggal 29-30 April 1981 di Bandung. Dalam bidang keorganisasian sidang mengangkat formatur 3 orang yaitu, Prof. Dr. WP Napitupulu, Prof. Drs. M. Num’an Somantri, M.Sc. dan Prof. Dr. Engkoswara, M.Ed.

Berdasarkan hasil keputusan pertemuan di Bandung, dan setelah berkonsultasi dengan berbagai pihak, maka pada tanggal 27 Mei 1981 diadakan pertemuan selanjutnya dengan ISPI Jakarta. Pada pertemuan itu menghasilkan pengurus baru yang diberi nama Komisi Pelaksana Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia. Komisi ini bertugas menjalankan kepengurusan ISPI sampai terbentuknya ISPI yang baru hasil kongres ISPI.

Kegiatan

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia :

  • Menyelenggarakan pertemuan ilmiah dan penelitian mengenai ilmu, seni, budaya dan teknologi pendidikan.
  • Mengadakan kerjasama menguntungkan dengan lembaga lembaga pemerintah dan swasta serta lembaga organisasi profesi lainnya, baik di dalam maupun luar negeri.
  • Menerbitkan media komunikasi ilmu, seni, budaya dan teknologi pendidikan
  • Melindungi kepentingan profesional anggota dan mengembangkan profesi kependidikan.
  • Melindungi kepentingan masyarakat dari praktek pendidikan yang merugikan.

Bentuk kegiatan yang telah diselenggarakan berupa : seminar nasional, workshop, diskusi, diklat, training, lomba menulis, penerbitan web, jurnal dan lain-lain. Dalam pelaksanaan kegiatan, ISPI membangun kerjasasama dengan berbagai pihak baik pemerintah maupun swasta.

 

Sumber: ispi.or.id


Layanan - ISPI - Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia

Layanan Publik - Instansi