Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang Jawa Timur

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Profil

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah (PERDA) Nomor 6 Tahun 20012 tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Daerah, dan Peraturan Walikota Malang Nomor 57 Tahun 2012 tentang Uraian Tugas Pokok, Fungsi dan Tata Kerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Visi, Misi, Motto dan Maklumat

===Visi :===

Terwujudnya pusat database kependudukan yang akurat dan aktual berbasis Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK).

Prinsi-prinsip dari visi tersebut adalah :

1. Pusat database kependudukan

  • Guna menghindari kerancuan sumber data kependudukan, fungsi sebagai pusat database kependudukan mutlak menjadi prinsip utama. Semua data dan informasi yang berkaitan dengan kependudukan dihimpun, dikelola, dan dimanfaatkan untuk kepentingan pembangunan.

2. Database yang akurat dan aktual

  • Sebagai pusat database kependudukan, prasyarat utama yang harus dipenuhi adalah akurasi dan aktualitas database. Untuk mencapai level akurasi dan aktualitas data yang tinggi, dilakukan dengan pemutakhiran berkelanjutan melalui pelayanan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil yang terintegrasi.

3. Sistem Informasi Administrasi Kependudukan

  • Integrasi pelayanan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil harus diakomodasi dalam satu sistem informasi berbasis teknologi terkini yang handal, mempunyai tingkat keamanan yang tinggi, mempermudah dan mempercepat proses pelayanan, serta menyajikan hasil layanan.

===Misi :===

  1. Meningkatkan profesionalitas, efisiensi dan efektifitas organisasi ;
  2. Mengoptimalkan dan meningkatkan pengelolaan administrasi kependudukan ;
  3. Meningkatkan kualitas kinerja pelayanan administrasi kependudukan secara prima;
===Motto :===

“Bersama Anda Layanan Kami Prima”

Makna Motto:

Pelayanan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil menganut sistem stelsel pasif, dalam artian bahwa pelayanan diberikan berdasarkan pelaporan yang dilakukan oleh masyarakat. Sehingga untuk mencapai pelayanan prima harus didukung oleh partisipasi aktif dari seluruh komponen masyarakat.

===Maklumat Pelayanan :===

Dengan ini, kami menyatakan sanggup menyelenggarakan pelayanan sesuai standart pelayanan yang telah di tetapkan dan apabila tidak menepati janji ini, kami siap menerima sanksi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku

Tugas Pokok dan Fungsi

Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil melaksanakan tugas pokok penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah di bidang kependudukan, pencatatan sipil, dan transmigrasi.

Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil mempunyai fungsi :

  1. Perumusan/pelaksanaan kebijakan teknis kependudukan pencatatan sipil;
  2. Penyusunan dan pelaksanaan Rencana Strategis dan Rencana Kerja Tahunan di bidang kependudukan dan pencatatan sipil;
  3. Pelaksanaan pendaftaran penduduk;
  4. Pelaksanaan pemberian Nomor Induk Kependudukan (NIK);
  5. Penerbitan Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Tanda Penduduk Khusus;
  6. Pelaksanaan penerbitan dan pengelolaan dokumen catatan sipil;
  7. Pencatatan mutasi penduduk dan perubahan data-data penduduk;
  8. Pengumpulan dan pengolahan data penduduk dengan hak akses;
  9. Pelaksanaan dan fasilitasi transmigrasi;
  10. Pengelolaan sistem dan pelayanan informasi kependudukan;
  11. Pelaksanaan penyuluhan kependudukan dan catatan sipil;
  12. Pelaksanaan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kependudukan;
  13. Pelaksanaan pencatatan sipil;
  14. Pelaksanaan kegiatan bidang pemungutan retribusi;
  15. Pelaksanaan administrasi umum meliputi penyusunan program, ketatalaksanaan, ketatausahaan, keuangan, kepegawaian, rumah tangga, perlengkapan, kehumasan, kepustakaan, dan kearsipan;
  16. Pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal (SPM);
  17. Penyusunan dan pelaksanaan Standar Pelayanan Publik (SPP);
  18. Pelaksanaan fasilitasi pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dan/atau pelaksanaan pengumpulan pendapat pelanggan secara periodik yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas layanan;
  19. Pengelolaan pengaduan masyarakat bidang kependudukan & catatan sipil;
  20. Pemberdayaan dan pembinaan jabatan fungsional;
  21. Pengevaluasian dan pelaporan pelaksanaan tugas dan fungsi;
  22. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan Walikota sesuai tugas dan fungsi.

 

Sumber : dispendukcapil.malangkota.go.id