Dinas Kesehatan Kota Cilegon Banten

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Visi dan Misi

VISI

Berpijak pada kondisi saat ini, permasalahan dan tantangan yang dihadapi sampai dengan Tahun 2015 serta mempertimbangkan potensi dan harapan masyarakat Kota Cilegon maka “Visi Pembangunan Kota Cilegon Tahun 2010-2015” adalah sebagai berikut:

“MASYARAKAT CILEGON SEJAHTERA MELALUI DAYA DUKUNG INDUSTRI, PERDAGANGAN DAN JASA”

Visi pembangunan Kota Cilegon Tahun 2010-2015tersebut diharapkan mampu mendukung pencapaian visi pembangunan Kota Cilegon Tahun 2006-2026 sebagaimana tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Cilegon Tahun 2006-2026 yaitu: ”CILEGON PUSAT INDUSTRI, PERDAGANGAN, DAN JASA TERDEPAN DI PULAU JAWA”, serta juga merupakan kelanjutan perwujudan dari visi pembangunan RPJMD Kota Cilegon periode sebelumnya (RPJMD Kota Cilegon Tahun 2006-2010).

Harapan yang terkandung dalam visi pembangunan Kota Cilegon Tahun 2010-2015 adalah terwujudnya Kota Cilegon sebagai kota pusat Industri, Perdagangan dan Jasa yang saling dukung  guna mencapai peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Arah kebijakan pencapaian visi jangka panjang di letakan kepada penyiapan landasan pokok, infrastruktur dan supratruktur utama dan penunjang, serta pembentukan kultur budaya masyarakat, yang didukung oleh upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat secara sistematis, dalam kerangka pembangunan manusia seutuhnya.

Adapun indikasi wujud pencapaian Sasaran Strategis Visi Pembangunan Kota Cilegon Tahun 2010-2015 adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatnya kesejahteraan masyarakat.
  2. Menurunnya kemiskinan.
  3. Menurunnya pengangguran.
  4. Meningkatnya kinerja dan kualitas perekonomian.

Dalam konteks keterpaduan pembangunan nasional dan provinsi, Visi Pembangunan Kota Cilegon Tahun 2010-2015 merupakan wujud komitmen seluruh masyarakat Kota Cilegon untuk mendukung pencapaian Visi Pembangunan Provinsi Banten dan Visi Pembangunan Nasional.

MISI

Bertiitik tolak dari visi pembangunan Kota Cilegon Tahun 2010-2015 maka dirumuskan  “Misi Pembangunan Kota Cilegon Tahun 2010-2015” adalah sebagai berikut:

  1. MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MELALUI PENANGGULANGAN KEMISKINAN DAN PENGANGGURAN.
  2. MENINGKATKAN PEREKONOMIAN DAERAH MELALUI DAYA DUKUNG SEKTOR INDUSTRI, PERDAGANGAN DAN JASA.
  3. MENINGKATKAN POTENSI DAYA SAING DAERAH MELALUI PENGEMBANGAN KEPELABUHANAN, PERGUDANGAN, PENATAAN RUANG DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN.
  4. MEMPERSIAPKAN SUMBER DAYA MANUSIA MELALUI PENDIDIKAN, KESEHATAN, DAN KEAGAMAAN.
  5. MEWUJUDKAN TATA KELOLA PEMERINTAHAN YANG BAIK, BERSIH, BERKEADILAN, DEMOKRATIS, BERLANDASKAN HUKUM SERTA BERORIENTASI PUBLIK.

Dalam kerangka keterpaduan pembangunan nasional dan provinsi, Misi Pembangunan Kota Cilegon Tahun 2010-2015 merupakan wujud komitmen seluruh masyarakat Kota Cilegon untuk mendukung pencapaian Misi Pembangunan Provinsi Banten dan Misi Pembangunan Nasional.

Tugas Pokok dan Fungsi

Kedudukan, Tugas, Pokok, Fungsi dan Susunan Organisasi Dinas Kesehatan Kota Cilegon

A. KEDUDUKAN

Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Cilegon Nomor : 7 Tahun 2008 Pasal 3 tentang Kedudukan, Tugas Pokok, Fungsi dan Susunan Organisasi Dinas Kesehatan Kota Cilegon, Dinas  Kesehatan  merupakan  unsur  pelaksana  otonomi  daerah  dipimpin  olehseorang Kepala Dinas yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Walikota melalui Sekretaris Daerah.

B. TUGAS POKOK

Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Cilegon Nomor : 7 Tahun 2008 Pasal 4 tentang Kedudukan, Tugas Pokok, Fungsi dan Susunan Organisasi Dinas Kesehatan Kota Cilegon, Dinas Kesehatan mempunyai tugas pokok melaksanakan urusan pemerintahan daerah di bidang kesehatan berdasarkan asas otonomi daerah dan tugas pembantuan.

C. FUNGSI

Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Cilegon Nomor : 7 Tahun 2008 Pasal 5 tentang Kedudukan, Tugas Pokok, Fungsi dan Susunan OrganisasiDinas Kesehatan Kota Cilegon, Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud dalam Pasal4, Dinas Kesehatan menyelenggarakan fungsi :

a. Perumusan kebijakan teknis bidang kesehatan;
b. Penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum di bidang kesehatan;
c. Pembinaan dan pelaksanaan tugas dibidang kesehatan;dan
d. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Walikota sesuai dengan tugas dan fungsinya.

D. SUSUNAN ORANISASI

Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Cilegon Nomor : 7 Tahun 2008 Pasal 6 tentang Kedudukan, Tugas Pokok, Fungsi dan Susunan Organisasi Dinas Kesehatan Kota Cilegon, Susunan Organisasi Dinas Kesehatan terdiri atas :

a. Kepala Dinas
b. Sekretariat, membawahkan :

1. Sub Bagian Program dan Evaluasi.
2. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian.
3. Sub Bagian Keuangan.

c. Bidang Bina Pelayanan Kesehatan, membawahkan :

1. SeksiPelayanan Kesehatan Dasar.
2. SeksiPerbaikan Gizi.
3. Seksi Pelayanan Kesehatan Khusus dan Rujukan.

d. Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, membawahkan :

1. Seksi Pemberantasan dan Pengendalian Penyakit.
2. Seksi Pemantauan dan Pencegahan Penyakit.
3. Seksi Penyehatan Lingkungan.

e. Bidang Sumber Daya Kesehatan, membawahkan :

1. Seksi Pendayagunaan Tenaga dan Sarana Kesehatan.
2. Seksi Farmasi dan Perbekalan Kesehatan.
3. Seksi Pengawasan Obat, Makanan dan Minuman.

f. Bidang Bina Manajemen Kesehatan, membawahkan :

1. Seksi Promosi dan Pembiayaan Kesehatan.
2. Seksi Pendidikan dan Penelitian Kesehatan.
3. Seksi Pembinaan dan Pengembangan Kesehatan.

g. Unit Pelaksana Teknis Dinas.
h. Kelompok Jabatan Fungsional.

Bagan Struktur Organisasi Dinas Kesehatan sebagaimana tercantumdalam lampiran I merupakan bagian tidak terpisahkan dari Peraturan Daerah ini.

 

Sumber : dinkes.cilegon.go.id


Layanan - Dinas Kesehatan Kota Cilegon Banten

Layanan Publik - Instansi