Dinas Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Bogor Jawa Barat

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Profil

Dinas Bina Marga dan Pengairan yang sebelumnya dikenal juga sebagai Dinas Pekerjaan Umum (DPU) adalah nama yang sangat dikenal masyarakat dan bidang tugas yang ditanganinya sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari.

Nama Dinas Pekerjaan Umum diturunkan sesuai dengan nama Departemen Pekerjaan Umum yang muncul diawal kemerdekaan 1945 sebagai terjemahan dari institusi Departement der Burgelijke Openbare Warken yang diumumkan pada saat terbentuknya cabinet pertama Republik Indonesia tanggal 2 September 1945, dibawah Perdana Menteri Moh. Hatta bernama kementrian Pekerjaan Umum dengan Menterinya Abikusno Tjokrosoejoso.

Dari catatan kelembagaan, dinas yang menangani tugas-tugas bidang sarana dan prasaran dasar ini tetap eksis di Kabupaten Bogor meskipun nama lembaga berubah-ubah dan dipecah-pecah yaitu mulai dari awal benama Dinas Pekerjaan Umum dan dipecah menjadi Dinas Bina Marga, Dinas Cipta Karya dan Dinas Pengairan, kemudian terakhir melalui Perda No. 18 tahun 2004 berganti nama Dinas Bina Marga dan Pengairan. Namun tugas dan fungsi penanganan prasarana dasar untuk kepentingan public tak dapat dihapus, justru tugasnya semakin berat sesuai dengan perkembangan dan tuntutan masyarakat.

Visi dan Misi

VISI:

Terwujudnya Sarana dan Prasarana Kebinamargaan dan Sumber Daya Air yang Berkualitas, Terintegrasi dan Berkelanjutan.

MISI:

  1. Memenuhi kebutuhan infrastruktur jalan, jembatan dan jaringan irigasi untuk mendukung terintegrasi dan terkoneksitasnya wilayah ;
  2. Meningkatkan keandalan kualitas infrastruktur jalan, jembatan dan irigasi sesuai dengan fungsinya ;
  3. Melestarikan sumber-sumber daya air permukaan guna menjaga ketersediaan air;
  4. Meningkatkan kapasitas kelembagaan dinas dan masyarakat dalam (penyelenggaraan) pembangunan infrastruktur jalan, jembatan , jaringan irigasi dan sumber daya air.

 

Sumber : dbmp.bogorkab.go.id


Layanan - Dinas Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Bogor Jawa Barat

Layanan Publik - Instansi