Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kabupaten Bogor Jawa Barat

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

SEJARAH

SEJARAH DINAS LALULINTAS DAN ANGKUTAN KABUPATEN BOGOR

Sejak jaman Pemerintah Hindia Belanda masalah lalu lintas ditangani oleh “ DEPARTEMEN WEG VERKEER EN WATER STAAT “ Pada Tahun 1942 s/d 1945 Departemen yang mengatur lalu lintas, tidak berjalan dikarenakan adanya perang kemerdekaan.
Pada tahun 1950, diaktifkan kembali dibawah kendali “DEPARTEMEN LALU LINTAS DAN PENGAIRAN NEGARA” Pada tahun 1957, lahirlah Undang–Undang Nomor : 1 Tahun 1957 tentang Pokok–pokok Pemerintahan di Daerah. Atas dasar hal tersebut terbentuklah DJAWATAN LALU LINTAS DJALAN (LLD) yang dilaksanakan di 10 Propinsi (Pulau Jawa danSumatera)
Pada Tahun 1958 Terbit Peraturan Pemerintah Nomor : 16 Tahun 1958 yangmengatur tentang penyerahan sebagian urusan Tugas Bidang lalu lintas kepadaDaerah Tingkat I Sebagai aturan hukum dan aturan pelaksanaannya diatur dalam “ WEG VERKEERORDONANTIE” (WVO), Stat Blad Nomor : 86 Tahun 1933
Pada Tahun 1965 lahirlah : Undang–Undang Nomor : 3 Tahun 1965 yang biasadikenal dengan Undang–Undang lalu lintas dan Angkutan Jalan   Raya (UULLAJR),sejak lahirnya UULLAJR tanggal 1 april 1965, maka WVO (1933) tidak berlakulagi.Dengan Peraturan Daerah Tingkat I Nomor :   2/OP.040/PD/Tahun 1978 tanggal 27Juli 1978 terbentuklah Dinas LLAJ Prop DT. Jawa Barat yang disahkan dengan SK.Menteri dalam Negeri Nomor : 061.55/675 tanggal 17 Maret 1980
Dengan Perda Tingkat I Nomor : 8 Tahun 1984 lahirlah Cabang – cabang Dinas diwilayah Kabupaten dan Kotamadya.
Pada Tahun 1990 lahir Paeraturan Pemerintah Nomor : 22 Tahun 1990 tentangPenyerahan sebagian Urusan di Bidang Lalu lintas dan angkutan Jalan kepada Pemerintah Daerah Tingkat I dan Tingkat II- Atas dasar Peraturan Pemerintah Nomor : 22 tahun 1990, maka dibentuklah Dinas LLAJ Kabupaten DT. II Bogor dengan Perda Tingkat II Bogor Nomor : 7 Tahun 1995
Pada tahun 1999 lahir Undang–Undang tentang Otonomi Daerah Nomor : 22 tahun 1999, atas dasar UU diatas maka dibentuklah Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor dengan Perda Kab. Bogor no. 25 Tahun 2000 tentang Pembentukan Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Bogor, serta Peraturan daerah No.3 Tahun 2001tentang Struktur Organisasi Dinas Daerah yang dijabarkan dalam SK Bupati BogorNo.5 Tahun 2001 dan  sebagaimana diubah dengan Perda Nomor 20 tahun 2004 tentang Struktur Organisasi dan Tata Kerja Dinas Perhubungan. Tahun 2009 Dinas Perhubungann (Dishub) Kabupaten Bogor kembali menjadi Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (DLLAJ) Kabupaten Bogor setelah dikeluarkannya Peraturan Daerah No. 11 tahun 2009 tentang Pembentukan Dinas Daerah pada tahun 2008 dimana Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan  Kabupaten Bogor merupakan salah satu Dinas Daerah yang dibentuk.

Visi dan Misi

Visi dan Misi DLLAJ Kabupaten Bogor

Unuk menunjang keberhasilan dalam pencapaian Visi Kabupaten Bogor tahun 2013-2018, Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kabupaten Bogor menetapkan Visi, Misi, Tujuan, Sasaran serta Arah Kebijakan.

Visi Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kabupaten Bogor adalah :

“Mewujudkan Pelayanan Transportasi yang Selamat,Terjangkau dan Lancar Untuk Menuju Kabupaten Termaju Di Indonesia .”

Visi ini mempunyai makna :

Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dalam melaksanakan tugasnya mempertahankan pelayanan yang sudah diberikan, juga akan berusaha untuk meningkatkan kualitas pelayanan secara terus meneus dan berkesinambungan sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan kota disesuaikan dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan, serta selalu berkoordinasi dengan dinas – instansi terkait dalam mempertemukan kebutuhan masyarakat dengan aspirasi pemerintah Kabupaten Bogor.

Untuk mewujudkan Visi Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kabupaten Bogor, maka visi tersebut dijabarkan menjadi lima buah Misi yang diemban yaitu :

  • Mewujudkan sarana lalu lintas dan angkutan jalan yang terintegrasi dan berkualitas;
  • Meningkatkan kualitas infrastruktur lalu lintas dan angkutan jalan;
  • Meningkatkan keselamatan, ketertiban, kelancaran dan keamanan berlalu lintas;
  • Meningkatkan pelayanan dibidang lalu lintas dan angkutan jalan;
  • Meningkatkan kemampuan sumber daya aparatur di bidang lalu lintas dan angkutan jalan yang berkualitas.

Tugas Pokok dan Fungsi

  • Perumusan kebijakan teknis di bidang lalu lintas dan angkutan jalan
  • Penyelenggaraan urusan Pemerintah dan Pelayanan Umum di bidang lalu lintas dan angkutan jalan
  • Pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang pengelolaan lalu lintas dan angkutan jalan
  • Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati Bogor sesuai dengan tugas dan fungsinya

 

Sumber : dllaj.bogorkab.go.id


Layanan - Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kabupaten Bogor Jawa Barat

Layanan Publik - Instansi