Dinas Tata Ruang dan Pertanahan Kabupaten Bogor Jawa Barat

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Profil

SEJARAH TERBENTUKNYA

DINAS TATA RUANG DAN PERTANAHAN KABUPATEN BOGOR

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 28 Tahun 1992 tentang Pedoman Organisasi dan Tata Kerja Sekretarist Wilayah/Daerah Kabupaten/Kotamadya Dati II dan Sekretariat DPRD Tingkat II, maka di Kabupaten Dati II Bogor dibentuklah Peraturan Daerah Kabupaten Bogor Nomor 17 Tahun 1992 tentang Organisasi dan Tata Kerja Sekretaris Wilayah Daerah dan Sekretariat DPRD Kabupaten Dati II Bogor.

Pada Tahun 1999 ditetapkan Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 1999 tentang Organisasi dan Tata Kerja Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah Kabupaten Bogor.

Selanjutnya pada tahun 1992 di Kabupaten Bogor dibentuk Dinas Tata Kota dan Tata Bangunan berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 16 Tahun 1992 tentang Pembentukan Dinas Tata Kota dan Tata Bangunan.

Kemudian pada tahun 1997 ditetapkan Peraturan Daerah Nomor 22 Tahun 1997 tentang Perubahan Pertama Peraturan Daerah Tingkat II Kabupaten Bogor Nomor 16 Tahun 1992 tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Tata Kota dan Tata Bangunan Kabupaten Dati II Bogor. Berdasarkan Peraturan Daerah tersebut maka Peraturan Daerah diubah dan harus dibaca ; Peraturan Daerah Kabupaten Daerah Tingkat II Bogor Nomor 16 Tahun 1992 tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Tata Ruang dan Bangunan Kabupaten Dati II Bogor.

Perubahan Peraturan Daerah tersebut, Pemerintah Kabupaten Dati II Bogor merespon atas dikeluarkannya Undang-Undang RI Nomor 24 Tahun 1992 tentang Penataan Ruang. Dalam Undang-Undang tersebut mengatur Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Propinsi dan Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten/Kotamadya, yang inti pokoknya terdiri dari Perencanaan, Penataan dan Pengendalian dan Undang-Undang RI Nomor 23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup, yang mengatur Hak, Kewajiban dan Peranserta Masyarakat dalam Pelestarian Fungsi Lingkungan Hidup.

Tahun 2001 Pemerintah Kabupaten Dati II Bogor menetapkan Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2001 tentang Struktur Organisasi Dinas Daerah. Termasuk didalamnya Dinas Tata Ruang dan Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor.

Terbentuknya Dinas Tata Ruang dan Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor merupakan penggabungan dari Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Hidup Daerah Kabupaten Bogor dan Dinas Tata Ruang dan Bangunan.

Untuk selanjutnya pada tahun 2004 Pemerintah Kabupaten Bogor menetapkan Peraturan Daerah Kabupaten Bogor Nomor 19 Tahun 2004 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Dinas Tata Ruang dan Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor.

Kemudian berdasarkan PP 38 Tahun 2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintahan Antara Pemerintah, Pemerintahan Daerah Provinsi, dan Pemerintahan Daerah Kabupaten/Kota dan PP 41 tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah maka terbentuklah Perda Kabupaten Bogor Nomor 11 Tahun 2008 tentang Pembentukan Dinas Daerah dimana sesuai Perda tersebut nomenklatur Dinas Tata Ruang dan Lingkungan Hidup berubah menjadi Dinas Tata Ruang dan Pertanahan.

Tugas Pokok Dinas Tata Ruang dan Pertanahan sesuai dengan Perda nomor 11 Tahun 2008 Pasal 14 ayat (1) Dinas Tata Ruang dan Pertanahan mempunyai tugas pokok membantu Bupati dalam melaksanakan urusan pemerintahan daerah berdasarkan asas otonomi di bidang tata ruang dan pertanahan serta tugas pembantuan, (2) Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Dinas Tata Ruang dan Pertanahan mempunyai fungsi :

  • Perumusan kebijakan teknis di idang tata ruang dan pertanahan;
  • Penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum di bidang tata ruang dan pertanahan;
  • Pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang tata ruang dan pertanahan; dan
  • Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Buapati sesuai dengan tugasb dan fungsinya.

Nama-Nama Kepala Dinas Tata Ruang dan Lingkungan Hidup :

  • Drs. H. Muammal Soelaiman, MM.MSi  (Juli 2001 s/d Oktober 2002).
  • Ir. Adrian Aria Kusumah,MSc.  (Oktober 2002 s/d Januari 2004).
  • Ir. Rakhmat Rasyidi.  (Januari 2004 s/d Maret 2006).
  • Mas"an Djadjuli, SH.  (Maret 2006 s/d 2009).
  • Drs. Achmad Sundawa, MM  (2009).
  • Ir. Gunawan Kusumapriyatna, MM  Periode 2009 (peralihan dari Dinas Tata Ruang dan Lingkungan Hidup menjadi Dinas Tata Ruang dan Pertanahan).

Nama-Nama Kepala Dinas Tata Ruang dan Pertanahan :

  • Ir. Gunawan Kusumapriyatna, MM  (Juni 2009).
  • Drs. Burhanudin, M.Si  (2009 s/d Agustus 2014).
  • Ir. H. Joko Pitoyo, CES  (Agustus 2014).

Visi dan Misi

VISI

Terwujudnya Penataan Ruang Dan Pertanahan Yang Berkelanjutan Dan Termaju Di Indonesia

MISI

  • Meningkatkan Sumber Data Penataan Ruang Dan Pertanahan.
  • Meningkatkan Penataan Dan Pengelolaan Ruang Yang Partisipatif.
  • MeningkatkanPengelolaan PertanahanSebagai Kepentingan Bersama.

Tugas Pokok dan Fungsi

TUGAS POKOK DINAS TATA RUANG DAN PERTANAHAN

Membantu Bupati dalam melaksanakan urusan Pemerintah Daerah berdasarkan Azas Otonomi di bidang Ruang dan Pertanahan serta tugas pembantuan

FUNGSI DINAS TATA RUANG DAN PERTANAHAN

  • Perumusan kebijakan teknis di bidang Tata Ruang dan Pertanahan
  • Penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum di bidang Tata Ruang dan Pertanahan
  • Pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang Tata Ruang dan Pertanahan
  • Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya

 

Sumber : dtrp.bogorkab.go.id


Layanan - Dinas Tata Ruang dan Pertanahan Kabupaten Bogor Jawa Barat

Layanan Publik - Instansi