Dinas Pengelolaan Keuangan dan Barang Daerah Kabupaten Bogor Jawa Barat

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Profil

SEJARAH SINGKAT DINAS PENGELOLAAN KEUANGAN DAN BARANG DAERAH KABUPATEN BOGOR

Tahun 2008 dan sebelumnya fungsi pengelolaan keuangan dan barang daerah melekat pada Sekretariat Daerah yang dilaksanakan oleh Bagian Keuangan dan Bagian Pengelolaan Barang Daerah, kemudian pada tahun 2009 bertepatan dengan periode penyusunan dan penetapan renstra SKPD tahun 2009-2013 fungsi tersebut beralih ke Dinas Pendapatan, Keuangan dan Barang Daerah melalui Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 2008 tentang Pembentukan Dinas Daerah. Dinas Pendapatan, Keuangan dan Barang Daerah menempati gedung yang sebelumnya ditempati oleh Dinas Pendapatan Daerah yang berlokasi di Kompleks Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor Jalan Aman No. 1 Cibinong. Pada tahun 2012 fungsi pengelolaan pendapatan daerah dipisahkan dari fungsi pengelolaan keuangan dan barang daerah melalui Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2011 tentang Pembentukan, Organisasi dan Tata Kerja Dinas Pendapatan Daerah dan Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2011 tentang Pembentukan, Organisasi dan Tata Kerja Dinas Pengelolaan Keuangan dan Barang Daerah. Selama tahun 2012 Dinas Pendapatan Daerah dan Dinas Pengelolaan Keuangan dan Barang Daerah bersama-sama menempati gedung lama. Tahun 2013 Dinas Pendapatan Daerah menempati gedung baru yang berlokasi di Jalan Tegar Beriman dan gedung lama sepenuhnya digunakan oleh Dinas Pengelolaan Keuangan dan Barang Daerah.

Visi dan Misi

Visi

"Terwujudnya Pengelolaan Keuangan dan Barang Milik Daerah yang Transparan, Akuntabel, dan Profesional"

Misi

  1. Meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan daerah
  2. Meningkatkan kualitas pengelolaan barang milik daerah
  3. Meningkatkan penguatan sumber daya organisasi

Tupoksi

Dinas Pengelolaan Keuangan dan Barang Daerah mempunyai tugas pokok membantu Bupati dalam melaksanakan urusan Pemerintah Daerah berdasarkan asas otonomi di bidang pengelolaan keuangan dan barang daerah.

Dalam menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Dinas Pengelolaan Keuangan dan Barang Daerah mempunyai fungsi :

  • Perumusan kebijakan teknis di bidang keuangan dan barang daerah;
  • Penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum di bidang keuangan dan barang daerah;
  • Pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang keuangan dan barang daerah;
  • Pengelolaan kesekretariatan Dinas; dan
  • Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai tugas dan fungsinya.

 

Sumber : dpkbd.bogorkab.go.id


Layanan - Dinas Pengelolaan Keuangan dan Barang Daerah Kabupaten Bogor Jawa Barat

Layanan Publik - Instansi