Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bogor Jawa Barat

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Profil

Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bogor dibentuk berdasarkan Perda Kabupaten Bogor Nomor 11 Tahun 2008 tentang Pembentukan Dinas Daerah. Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bogor mempunyai tugas pokok Membantu Bupati dalam melaksanakan urusan pemerintahan daerah berdasarkan asas otonomi di bidang peternakan dan perikanan serta tugas pembantuan yang diiringi dengan fungsi dinas yang meliputi : 1. Perumusan kebijakan teknis bidang peternakan dan perikanan; 2. Penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum di bidang peternakan dan perikanan; 3. Pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang peternakan dan perikanan; 4. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai tugas dan fungsinya Sebagai implementasi dari kewenangan tersebut, disusun perencanaan strategis sebagai keputusan mendasar berupa proses yang berorientasi pada hasil.

Rencana strategis yang dimaksud disusun berdasarkan visi, misi, tujuan dan sasaran dari Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bogor yang meliputi:

Visi:

Terwujudnya Pembangunan Peternakan dan Perikanan Yang Berkelanjutan dan Memiliki Daya Saing di Tingkat Nasional

Misi :

  1. Menjaga Ketersedian Bahan Pangan Asal Ternak dan Ikan Secara Berkesinambungan.
  2. Menciptakan  Lingkungan yang Kondusif bagi Masyarakat Peternakan dan Perikanan serta Masyarakat Veteriner.
  3. Meningkatkan Daya Saing Produk Hasil Ternak dan Ikan di Masyarakat.

Tujuan :

  1. Meningkatkan ketahanan pangan dan menjamin kecukupan bahan pangan asal hewan dan ikan di masyarakat
  2. Melindungi produsen, konsumen dan ternak/ikan dari ancaman penyakit hewan/ikan menular dan zoonosis serta berperan dalam menjaga keamanan bahan pangan/hasil pangan asal hewan dan ikan yang beredar di masyarakat
  3. Meningkatkan kapasitas produksi pelaku usaha produk olahan hasil ternak dan ikan serta menciptakan kawasan agribisnis yang berbasis komoditas ternak dan ikan yang berdaya saing

Sasaran :

  1. Meningkatnya produksi bahan pangan dan konsumsi pangan asal hewan dan ikan.
  2. Meminimalisir kejadian penyakit hewan/ikan dan peredaran PAH/HPAH berbahaya.
  3. Berkembangnya kegiatan agribisnis/ minabisnis di masyarakat yang dapat menjadi unggulan daerah.

Fokus dan Arah Kebijakan dinas dalam pengembangan peternakan dan perikanan di Kabupaten Bogor sebagai berikut :

1. Ketahanan Pangan

Sesuai dengan salah satu misinya yaitu Menjaga Ketersedian Bahan Pangan Asal Ternak dan Ikan Secara Berkesinambungan, Program dan Kegiatan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bogor utamanya diarahkan untuk meningkatkan produksi daging, telur, susu, ikan konsumsi, meningkatkan konsumsi protein hewani asal ternak dan ikan, tertanganinya penyakit zoonosis dan terpantaunya pangan dan hasil pangan asal hewan dan ikan.

2. Pengembangan Komoditas Unggulan

Dalam rangka mengembangkan komoditas ternak dan ikan yang berpotensi menjadi unggulan Kabupaten Bogor, Dinas Peternakan dan Perikanan mengembangkan beberapa komoditas ternak dan ikan yang merupakan unggulan lokal di beberapa wilayah yang potensial.

3. Pengembangan Zonasi Peternakan dan Perikanan

Untuk memacu peningkatan populasi ternak dan ikan, dan sebagai panduan bagi para peternak/pembudidaya ikan dan investor dalam pengembangan peternakan dan perikanan di Kabupaten Bogor telah disusun zonasi pengembangan yang didasarkan pada RTRW, kondisi geografis dan agriklimat.

4. Pengembangan Agribisnis dan Agroindustri

Dukungan untuk pengembangan agribisnis dan agroindustri diantaranya dilakukan Dinas Peternakan dan Perikanan melalui fasilitasi usaha, fasilitasi kemitraan, informasi pasar, dukungan sarana dan prasarana bagi stakeholders yang bergerak di bidang peternakan dan perikanan.

 

Sumber : disnakan.bogorkab.go.id