PT PPI - PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero)

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Sejarah Singkat PT PPI

PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) - PT PPI yang dikenal juga sebagai "ITC" singkatan dari "Indonesia Trading Company" merupakan satu-satunya BUMN trading company di Indonesia. PT PPI bergerak di perdagangan umum meliputi ekspor, impor, dan distribusi yang merupakan merger dari tiga BUMN Niaga yaitu PT. Tjipta Niaga (Persero), PT. Dharma Niaga (Persero) dan PT. Pantja Niaga (Persero) yang berlaku efektif sejak tanggal 31 Maret tahun 2003 berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 22 tahun 2003.

Ketiga eks-BUMN Niaga tersebut merupakan kelompok Perusahaan The Big Five milik Pemerintah Belanda di Indonesia pada era penjajahan Belanda yang dinasionalisasikan menjadi BUMN di tahun 1950-an. Pelaksanaan merger ketiga eks-BUMN Niaga ditujukan untuk meningkatkan effisiensi management, memaksimumkan keuntungan, integrasi bisnis dan meningkatkan kepemilikan aset.

Visi & Misi

PT PPI, sebagai salah satu perusahaan milik pemerintah yang bergerak dalam usaha perdagangan telah menunjukan eksistensinnya dengan baik. Berdiri sejak tahun 2003, PT PPI berkembang menjadi perusahaan besar dengan jumlah cabang yang tersebar diseluruh indonesia di 34 provinsi dan memiliki 960 karyawan yang berkualitas.

VISI

Menjadi Perusahaan Dagang yang kompetitif, berkualitas, berkompetensi, serta mengauasai sumber dan jaringan pemasaran di dalam dan luar negeri.

MISI

1. Melakukan perdagangan umum yang menangani beraneka ragam produk dengan kualitas terbaik.
2. Melaksanakan transaksi perdagangan lokal maupun lintas negara.
3. Memberikan layanan yang lengkap dan kompetitif kepada pelanggannya.
4. Memenuhi harapan seluruh stakeholders.

 

Sumber: tradingindonesia.com