KBN - PT. Kawasan Berikat Nusantara (Persero)

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Sejarah Singkat

PT. Kawasan Berikat Nusantara (Persero) didirikan berdasarkan PP No. 23 Tahun 1986 yang merupakan hasil penggabungan antara PT Bonded Warehouse Indonesia dan PT Sasana Bhanda.

Pada tahun 1990 melalui PP No. 31 tahun 1990 Pemerintah melikuidasi PT. Pusat Perkayuan Marunda (Persero) dan digabungkan dengan PT KBN, Sejak saat itu pemegang saham PT KBN terdiri dari Pemerintah Pusat (88,7%) dan Pemerintah Daerah Propinsi DKI Jakarta (11,3%). Tahun 1994 melalui PP No. 38 tahun 1994 menerima hasil likuidasi PT. Pengelola Kawasan Berikat Indonesia (PKBI) ke dalam PT KBN.

Usaha pokok PT KBN adalah mengelola kawasan industri terpadu berstatus berikat yang berfungsi sebagai kawasan proses ekspor (Export Processing Zone – EPZ), non-berikat, dan jasa pelayanan logistik yang meliputi usaha angkutan, mekanik dan dokumen (forwarding), serta pergudangan (warehousing).

Visi dan Misi

VISI

Pengelola Kawasan Industri Multi Purpose Yang Terintegrasi Dengan Pelabuhan, Berwawasam Lingkungan Dan Bertaraf Internasional

MISI

1. Mewujudkan manajemen perusahaan berstandar internasional dengan menjunjung tinggi etika bisnis dan semangat kebersamaan, serta bertindak proaktif, efisien dan inovatif dalam setiap karya.
2. Mendorong Pengembangan Industri Padat Modal dan Tepat Guna.
3. Memberdayakan dan mensinergikan unit-unit usaha strategik untuk meningkatkan nilai tambah secara berkesinambungan
4. Mendorong Peningkatan Ekspor
5. Menjadikan dan Mengembangkan Kawasan Dry Port
6. Meningkatkan Aplikasi Teknologi Industri Modern
7. Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Regional
8. Melaksanakan dan Meningkatkan Sistem Logistik Nasional (SISLOGNAS)
9. Mendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)
10. Mengelola Dermaga Multi Purpose dan Dermaga untuk Lokal.
11. Mempertahankan dan Menunjang Tersedianya Sarana Logistik Berupa Pergudangan dan Penyediaan Lahan
12. Mengembangkan komitmen terhadap peningkatan kesejahteraan pemangku kepentingan (stake-holders) terutama pemegang saham, karyawan dan masyarakat sekitar

TATA LAKSANA

TOP :

» T erpercaya SDM-nya
» O ptimal Kinerjanya
» P rima Layanannya

SIKAP BERINTERAKSI KARYAWAN/TI PT. KBN (PERSERO) 5S:

1. Senyum
2. Salam
3. Sapa
4. Sopan
5. Santun

 

Sumber: kbn.co.id