SGI - Sekolah Guru Indonesia

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Sejarah Singkat Sekolah Guru Indonesia

Sekolah Guru Indonesia (SGI) adalah salah satu jejaring divisi pendidikan Dompet Dhuafa yang berkomitmen melahirkan guru model yang memiliki kompetensi mengajar, mendidik dan memimpin. Sekolah Guru Indonesia didedikasikan bagi para pemuda Indonesia yang siap mengabdikan diri menjadi guru model serta siap berkontribusi bagi kemajuan pendidikan di seluruh penjuru Nusantara.

SGI awalnya bernama Sekolah Guru Ekselensia Indonesia (SGEI) yang diresmikan pada 24 Oktober 2009 oleh Bupati Bogor. Kelahiran SGI adalah wujud komitmen Dompet Dhuafa dalam program pemberdayaan dan peningkatan kualitas guru. SGEI merupakan produk inovasi program dari Makmal Pendidikan yang kemudian berekspansi menjadi jejaring divisi pendidikan Dompet Dhuafa yang dinamai Sekolah Guru Indonesia (SGI) pada tanggal 08 Februari 2012.

Di tahun 2012, SGI telah meluluskan tiga angkatan. Angkatan pertama, SGI melahirkan 37 guru model, sembilan puluh persennya telah berkiprah sebagai guru dan trainer. Angkatan kedua, SGI melahirkan 30 guru model, delapan puluh persen dari 20 guru yang telah ditempatkan memilih untuk tetap berkiprah di dunia pendidikan. Angkatan ketiga, SGI melahirkan 32 guru model yang saat ini tengah diterjunkan di sekolah-sekolah dhuafa di daerah – daerah tertinggal, terdepan, dan terluar Indonesia.
 
Sekolah Guru Indonesia didedikasikan bagi para pemuda Indonesia yang siap mengabdikan diri menjadi guru model serta siap berkontribusi bagi kemajuan pendidikan di seluruh penjuru Nusantara.
 
VISI:

Awaken the teacher within.

MISI:

» Mengimplementasikan Prinsip Learning Organization dalam Produktifitas Kinerja Organisasi
» Membangun Model Sistem Pengembangan Guru Sekolah Dasar
» Mengembangkan SDM untuk Menjadi Guru yang Profesional, Mampu Mendidik & Mengajar, serta Memiliki Jiwa Kepemimpinan Sosial
» Mengembangkan Kemampuan Menulis
» Menjalin & Memperluas Jaringan Program

TUJUAN:

» Terciptanya Budaya Pengembangan SDM & Organisasi
» Terlaksananya Kegiatan Improvement Pembelajaran, Pengetahuan dan Teknologi
» Terlaksananya Riset, Inovasi & Pengembangan Program
» Terciptanya Guru yang Profesional
» Terciptanya Guru yang Memiliki Karakter Pendidik, Pengajar, & Pemimpin
» Terpublikasikannya Best Practice  Program
» Terciptanya Jaringan Kerja yang Aktif & Loyal

 


Layanan Publik - Instansi