RBK - RUMAH BACA KOMUNITAS

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Inspirasi
Tan Malaka menceritakan dalam Madilog bahwa Leon Trotzky membawa berpeti-peti buku menuju tempat pembuangannya begitu juga Sukarno dan Hatta atau Pramudya AT. Kegilaan terhadap buku telah membesarkan para pemimpin rakyat dan penulis besar. Ironisnya bangsa ini masih tenggelam dalam lumpur ”tragedi nol baca” Taufiq Ismail, 2003). Situasi ini harus diperangi semampu kita dengan menggunakan berbagai pendekatan seperti budaya, agama, dan politik sekalipun. Membaca harus menjadi semangat baru bahwa membaca adalah bagian dari iman dan sebagai manifestasi sosial harus ada terobosan baru untuk menyulap perpustakaan pribadi menjadi perpustakaan komunitas. Kehadiran rumah baca ini juga diharapkan mampu mempromosikan nilai-nilai perdamaian melalui ragam buku bacaan dan karya tulis lainnya.

Nama
Lembaga ini bernama Rumah Baca Komunitas yang kemudian disingkat dengan RBK

Tanggal  berdiri dan alamat.
Didirikan di Bantul, Yogykarta pada tanggal 2 Mei 2012 yang bertepatan dengan tanggal peringatan hari pendidikan Nasional. Lembaga ini awalnya beralamat di Jl. Pak Rebo No.119 RT 03, Onggobayan, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, D.I Yogyakarta. Februari 2013, Rumah Baca Komunitas pindah ke alamat Jl. Parangtritis KM 3.5, No.192, Sewon, Bantul, DIY.

Logo/simbol
Logo lembaga berbentuk buku yang menaungi nama lembaga dengan arti bahwa buku dapat mempersatukan dan menjadi payung untuk semua golongan.
 
 
Sifat
Lembaga ini bersifat independen, non profit, dan tidak terikat oleh organisasi, ideologi, dan kepentingan politik organisasi tertentu.

Prinsip dan Nilai-Nilai 
 
    1. Penghargaan terhadap nilai-nilai moral-etika dan kemanusiaan
    2. Non-Diskriminasi
    3. Nir Kekerasan
    4. Kesetaraan dan keadilan
    5. Egaliter
    6. Transparansi
 
 Visi dan Misi Lembaga
Lembaga ini mempunyai visi yaitu terwujudnya masyarakat yang gemar membaca, berilmu dan berdaya untuk membangun kehidupan bangsa yang lebih baik.

Rencana Strategis 2013-2015

Membangun Minat Baca Komunitas Marjinal

Misi 

    1. Memasyarakatkan buku bacaan berkualitas bagi masyarakat dan komunitas marjinal
    2. Meningkatkan minat baca dan tulis masyarakat dan komunitas marjinal
    3. Mempromosikan nilai-nilai perdamaian dan nilai-nilai  kemanusiaan melalui sumber
        buku bacaan yang beragam.
    4. Membangun sinergi dengan lembaga lain yang mempunyai fokus perhatian terkait isu
        literasi dan gerakan membaca.

Sumber: http://rumahbacakomunitas.blogspot.com

Layanan Publik - Instansi