PBA - PT Pelayaran Bahtera Adhiguna (Persero)

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

PT Bahtera Adhiguna (dahulu PT Bahtera Adhiguna (Persero)) adalah anak perusahaan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) yang bergerak di bidang transportasi air. Sebelum tanggal 5 Agustus 2011, perusahaan ini merupakan badan usaha milik negara.

Sekilas Bahtera Adhiguna

Kami merupakan perusahaan pelayaran nasional yang bergerak pada jasa angkutan laut di Indonesia.

Bisnis utama kami adalah fokus moda transportasi batubara untuk pengamanan pasokan batubara ke PLTU milik PLN, anak perusahaan PLN & Perusahaan Listrik Swasta (IPP). Disamping itu pula ditunjang oleh usaha jasa keagenan kapal & memiliki anak perusahaan, yaitu PT Adhiguna Putera bergerak di jasa bongkar muat dari/ke kapal, jasa EMKL, jasa keagenan kapal, assist tug & Jetty Management serta memiliki 17 kantor cabang di Indonesia.

LATAR BELAKANG PERUSAHAAN

Tahun 1961, Pemerintah Republik Indonesia telah menasionalisasikan perusahaan milik Belanda, NV Nederlandsch-Indische Steenkolen Handel-Maatschappij (NV. NISHM) dan diubah jadi PN Menunda Kapal Tundabara dengan bisnis utama adalah jasa angkutan batubara dan jasa kapal pandu. Tahun 1966, PN Menunda Kapal Tundabara diubah jadi PN Bahtera Adhiguna.

Tahun 1971, berdasarkan peraturan pemerintah PN Bahtera Adhiguna, diubah jadi PT Bahtera Adhiguna (Persero) dan aktivitas kegiatannya adalah jasa angkutan barang curah dan kargo umum, angkutan kayu jasa keagenan kapal, EMKL, bongkar muat dari/ ke kapal, galangan kapal dan kegiatan penunjang lainnya.

Tahun 1985, PT Bahtera Adhiguna telah mendirikan anak perusahaan yaitu, PT PBM Adhiguna Putera yang khusus menangani bongkar muat dari/ke kapal.

Pada bulan Maret tahun 2011 Pemerintah Republik Indonesia telah menetapkan penambahan penyertaan modal Negara ke dalam modal saham Perusahaan Perseroan (Persero) PT Perusahaan Listrik Negara berasal dari pengalihan seluruh saham milik Negara Republik Indonesia kepada Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pelayaran Bahtera Adhiguna.

Pada bulan Mei 2011, Kementerian BUMN menerbitkan surat keputusan tentang Pengalihan Modal Saham Milik Negara Republik Indonesia dari Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pelayaran Bahtera Adhiguna kepada Perusahaan Perseroan (Persero) PT Perusahaan Listrik Negara.

Pada bulan Agustus 2011, telah diadakan Penandatangan Akte pemindahtanganan hak atas saham milik Negara Republik Indonesia pada Perusahaan (Persero) PT Pelayaran Bahtera Adhiguna kepada Perusahaan Perseroan (Persero) PT Perusahaan Listrik Negara.

VISI & MISI

Visi Perusahaan

Perusahaan angkutan batubara (& gas) serta penunjangnya yang memberikan kualitas pelayanan dengan standar internasional yang dapat memberikan kontribusi nilai tambah kepada Shareholder.

Misi Perusahaan

Menyelenggarakan usaha transportasi laut dan penunjangnya untuk pengamanan pasokan batubara (& gas) ke PLTU milik PLN, Anak Perusahaan PLN dan Independent Power Producer (IPP) yang dikelola berdasarkan prinsip tata kelola perusahaan yang sehat.

 

Sumber: bahteradhiguna.co.id


Layanan Publik - Instansi