INKA - PT Industri Kereta Api (Persero)

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

PT Industri Kereta Api (Persero) (disingkat Inka, INKA, atau PT Inka) adalah sebuah Badan Usaha Milik Negara yang berdiri di 29 Agustus 1981. Inka merupakan pengembangan dari Balai Yasa Lokomotif Uap yang dimiliki oleh PJKA (sekarang PT Kereta Api) pada saat itu. Balai yasa ini berlokasi di Madiun. Semenjak lokomotif uap sudah tidak dioperasikan lagi, maka balai yasa ini dialihfungsikan menjadi pabrik kereta api. Penentuan lokasi dan pendirian pabrik kereta ini berdasarkan hasil studi dari BPPT.

Inka, sebagai salah satu badan usaha milik negara terus mengalami perkembangan, diawali pada tahun 1981 dengan produk berupa lokomotif bertenaga uap kini menjadi industri manufaktur perkeretaapian yang modern. Aktivitas bisnis Inka yang ada kini berkembang mulai dari penghasil produk dasar menjadi penghasil produk dan jasa perkeretaapian dan transportasi yang bernilai tinggi.

Transformasi bisnis yang dilakukan perusahaan mampu memberikan keberhasilan dan mendapatkan solusi terbaik untuk perbaikan transportasi kereta api. Dalam persaingan global, Inka mengembangkan berbagai jenis produk di bawah kendali sistem manajemen mutu ISO 9001 dan kemitraan global.

Melalui perbaikan dan pembaharuan yang dilakukan secara berkesinambungan sebagai upaya beradaptasi terhadap persaingan global, Inka memasuki dunia bisnis ini dengan mengedepankan nilai-nilai :integritas, profesional dan kualitas. Dalam menghadapi tantangan dunia bisnis ke depan, Inka tidak hanya bergelut dalam produk-produk perkeretaapian, namun menghasilkan produk lain yang lebih luas yang mampu memberikan kontribusi terhadap permintaan infrastruktur dan sarana transportasi.

PT Inka melakukan joint venture dengan General Electric dalam memproduksi lokomotif. Selain untuk kebutuhan dalam negeri, produksi juga ditujukan untuk ekspor terutama ke Malaysia.

 

CP

 

 

WHO WE ARE

Didirikan 18 Mei 1981, INKA adalah rolling stock pertama yang terintegrasi dan produsen otomotif di Asia Tenggara. Fokus kami adalah untuk memberikan produk berkualitas tinggi dan layanan untuk customer.We kami menyediakan beragam produk untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang beragam kami, serta sangat baik layanan purna jual untuk memastikan pelanggan kami menerima solusi transportasi terbaik. Proudcts kami telah menyebar dan dioperasikan di banyak negara di dunia, seperti Bangladesh, Philiphines, Malaysia, Thailand, Singapura dan Australia.

 

GCG

 


GOOD CORPORATE GOVERNANCE

PT INKA setiap tahun (sejak diterapkannya GCG pada tahun 2008) telah melakukan penilaian penerapan GCG yang dilakukan oleh Pihak Eksternal, dan pada tahun 2013 penilaian dilakukan secara self assessment untuk GCG penerapan tahun 2012 dengan hasil pencapaian kategori Cukup Baik.  Sedangan untuk penerapan GCG tahun 2013, saat ini dalam proses assessment oleh BPKP Perwakilan Provinsi Jawa Timur.

SISTEM MUTU

PT INKA menerapkan siystem mutu berbasis ISO 9001 sejak tahun 1996 yang disertifikasi oleh ABS Quality Service USA.  Sistem manajemen Mutu ini dilakukan audit/surveylance oleh ABS Quality Service USA tiap 6 (enam) bulan sekali, selain itu juga dilakukan Audit Mutu Internal tiap 6 (enam) bulan sekali .  Dan pada tahun 2012 dinyatakan bahwa sertifikat siystem mutu dapat dipertahankan.  Penerapan Sistem Mutu ini terus dilakukan INKA dalam upaya untuk terus meningkatkan kualitas proses, produk maupun pelayanan.

MANAJEMEN RISIKO

Manajemen Risiko telah menjadi perhatian Manajemen didalam pengelolaan Perusahaan.  Kegiatan tersebut dimulai dengan pembentukan Tim Manajemen Risiko dengan melibatkan BPKP Perwakilan Provinsi Jawa Timur sebagai konsultan penyusunan Sistem Manajemen Risiko dan kemudian dibentuk Unit Kerja yang menangani masalah Manajemen Risiko.  Realisasi dari pelaksanaan Manajemen Risiko adalah sbb : Telah disusun Pedoman Manajemen Risiko, buku saku manual Manajemen Risiko yang digunakan sebagai acuan operasional Unit Kerja, dibentuk Komite Manajemen Risiko dan Tim Counterpart Pengendalian/Pengelola Sistem Manajemen Risiko, disusun Risk Adjusted RKAP tahun 2013 serta penyusunan profil risiko di unit kerja.

TEKNOLOGI INFOMASI

Perusahaan bekerjasama dengan BPPT melakukan kajian untuk pembangunan sistem informasi manajemen terintegrasi dengan menggunakan ERP (Enterprise Resource Planning).  Perusahaan telah menunjuk konsultan untuk memandu implementasi ERP tersebut. Sampai saat ini telah terimplementasi secara terintegrasi, dan terus dilakukan penyempurnaan.

VISI

Untuk menjadi perusahaan kelas dunia dalam kereta api dan transportasi perkotaan di Indonesia

MISI

Buat solusi terintegrasi untuk kereta api dan angkutan kota dengan keunggulan kompetitif dalam bisnis dan teknologi yang tepat produk untuk mendorong pengembangan transportasi yang berkelanjutan.

 

Sumber: inka.co.id


Layanan Publik - Instansi