PNRI - Perum Percetakan Negara Republik Indonesia

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Latar Belakang Sejarah
http://www.pnri.co.id/images/profil/lands-drukkerij.jpg

Percetakan Negara berdiri sejak zaman pemerintahan Belanda pada tahun 1809 dengan nama Lands Drukkerij, sebelum namanya menjadi Percetakan Negara Republik Indonesia (1950), Perum PNRI telah mengalami beberapa kali perubahan nama.

Di tahun 1942 namanya adalah Gunseikanbu Inatsu Kojo (GIK); dan kemudian di tahun 1945 berubah menjadi Percetakan Republik Indonesia (PRI).

Melalui sebuah Peraturan Pemerintah No. 46 Tahun 1991, PNRI menjadi sebuah Perusahaan Umum (Perum) milik negara, yang mengemban fungsi, baik sebagai pendukung pembangunan nasional (agent of development) maupun sebagai unit ekonomi (profit center).

Dengan berbekal pengalaman dari generasi ke generasi, saat ini berdasarkan Peraturan Pemerintah RI No. 72 Tahun 2012, Perum PNRI telah dipercaya untuk berperan serta dalam usaha di bidang percetakan dan jasa grafika lainnya, penerbitan, multimedia dan pengembanga usaha.

Pada awal keberadaannya, Perum PNRI dimaksudkan untuk memebuhi kebutuhan barang-barang cetakan yang berisi dokumen dan produk informasi yang dikeluarkan oleh pemerintah. Dan, saat ini sesuai dengan perkembangan pemasaran dan manajemen, Perum PNRI melayani juga produk percetakan umum yang diterima dari BUMN, swasta maupun masyarakat luas pada umumnya.

Berita Negara, Tambahan Berita Negara, buku-buku peraturan, baik departemen maupun non departemen, Lembaran Negara, Tambahan Lembaran Negara, surat suara pemilu, formulir sensus, naskah soal ujian dan laporan-laporan Lembaga Tertinggi/Tinggi Negara adalah produk-produk yang telah dibuat Perum Percetakan Negara RI selama puluhan tahun.

Hal tersebut menjadikan Perum PNRI hingga kini telah berpengalaman dalam hal pengadaan dan pendistribusian begbagai macam produk cetakan untuk pemerintah pusat maupun daerah, departemen / lembaga pemerintah non departemen dan juga swasta.

Dengan didukung tenaga terampil dan berpengalaman yang telah mendapat pendidikan dan pelatihan di dalam maupun di luar negeri (Australia, Belanda, Jepang dan Jerman), Perum Percetakan Negara RI memiliki 11 cabang di daerah yang tersebar di Banda Aceh, Manado, Ambon, Biak, Manokwari, Merauke, Kupang, Bengkulu, Palu, Surabaya dan Surakarta (eks. Lokananta). Keberadaan Perum Percetakan Negara RI di tengah-tengah anda semata-mata karena Kami Bangga Melayani Anda.

Visi dan Misi Perusahaan

Visi Perusahaan

Menjadikan perusahaan terpercaya yang menyediakan layanan berkualitas berstandar sekuriti dan teknologi terkini.

Misi Perusahaan


1. Melayani pelanggan memenuhi kebutuhan dan keinginannya dengan produk inovatif serta layanan tepat mutu, waktu dan harga.
2. Membangun kemitraan strategis yang kuat, saling percaya dan saling menguntungkan.
3. Membangun budaya kerja untuk kemajuan perusahaan dan kesejahteraan karyawan.]

 

Sumber: pnri.co.id


Layanan - PNRI - Perum Percetakan Negara Republik Indonesia

Layanan Publik - Instansi