PPILN - Perkumpulan Perlindungan Instalasi Listrik Nasional

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Sekilas Tentang PPILN
         
PPILN (Perkumpulan Perlindungan Instalasi Listrik Nasional)
adalah suatu lembaga inspeksi teknik yang melaksanakan pemeriksaan, pengujian dan menerbitkan Sertifikat Laik Operasi (SLO) instalasi pemanfaatan tenaga listrik tegangan rendah bagi instalasi listrik yang sudah memenuhi Standar, yang telah ditetapkan oleh kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berdasarkan surat keputusan menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 0994K/20/MEM/2012 pada tanggal 16 Maret 2012.

Berdasarkan undang-undang tentang ketenaga listrikan pasal 44 ayat 1 yang berbunyi Setiap kegiatan usaha ketenaga listrikan wajib memenuhi ketentuan keselamatan ketenaga listrikan, PPILN berkomitmen untuk memberikan pemeriksaan dan sertifikasi pada pemasangan listrik sehingga memenuhi standar keselamatan.

PPILN mempunyai kegiatan antara lain sebagai berikut :

» Melakukan pemeriksaan dan pengujian kesesuaian instalasi pemanfaatan tenaga listrik pada konsumen tegangan rendah terhadap Persyaratan Umum Instalasi Listrik (PUIL 2011) dan Stadar Nasional Indonesia (SNI)
» Menerbitkan Sertifikat Laik Operasi (SLO)
» Melakukan Pengkajian dan pengembangan teknis instalasi pemanfaatan tenaga listrik pada konsumen tegangan rendah sesuai dengan perkembangan teknologi dan memberi masukan kepada instansi yang berwenang
» Mensosialisasikan undang-undang ketenagalistrikan No. 30 Tahun 2009 dan peraturan pemerintah No. 14 Tahun 2012, khususnya yang berkaitan dengan keamanan dan keselamatan pemanfaatan tenaga listrik serta hak dan kewajiban Konsumen
» Mnengadakan kerja sama dengan lembaga-lembaga lain yang kompeten dan terkait dengan Perkumpulan Perlindungan Instalasi Listrik Nasional (PPILN)

Visi dan Misi

VISI


Penyelenggaraan Pelayanan Prima Melalui Bidang Sertifikasi

MISI

» Terwujudnya Pelayanan Masyarakat Yang Prima Di Bidang Sertifikasi Laik Operasi Instalasi Listrik Baik Rumah, Gedung Dan Pabrik.
» Penyelenggaraan Administrasi Yang Transparan Dan Mewujudkan Sumber Daya Manusia Yang Handal Dan Bermutu.

Tujuan

» PPILN bertujuan dibidang sosial keselamatan tenaga listrik tegangan Rendah
» PPILN dalam melaksanakan kegiatannya bersifat profesional, tidak berpihak (independen) dan terpercaya
» Bersama-sama untuk membangun bangsa Indonesia yang lebih baik sekaligus dapat memberikan rasa nyaman dan aman terhadap masyarakat pelanggan listrik yang ada di seluruh Indonesia.
» Memperhatikan serta memberikan perlindungan instalasi listrik secara maksimal agar masyarakat pelanggan listrik dapat merasa aman dan nyaman.
» Menyerap tenaga kerja yang akan membantu mengurangi jumlah pengangguran.

 

Sumber: ppiln.or.id