ASPINDO - Asosiasi Jasa Pertambangan Indonesia

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Sekilas tentang ASPINDO

Indonesian Mining Services Association (ASPINDO) adalah organisasi independen non politik dan non profit yang bernaung dibawah KADIN  Indonesia (Indonesian Chamber of Commerce & Industry). ASPINDO yang didirikan pada bulan Agustus 1997 pada masa awal berdirinya mempunyai 32 perusahaan. Kini telah berkembang menjadi 128 perusahaan anggota diawal tahun 2013. Sebagaimana diketahui sektor usaha jasa pertambangan dinyatakan resmi dalam UU No.4/2009 tentang pertambangan mineral dan batubara khususnya dalam bab XVI pasal 124 s/d 127. Adapun jenis kegiatan usaha jasa pertambangan dinyatakan dalam PERMEN ESDM No.28/2009 tentang Penyelenggaraan usaha jasa pertambangan mineral dan batubara yang diubah kemudian dalam PERMEN ESDM No.24/2012 a.l. menyatakan bahwa pengusahaan jasa pertambangan dikelompokkan atas usaha jasa pertambangan inti dan usaha jasa pertambangan non inti.

Visi dan Misi ASPINDO

Visi ASPINDO

Menciptakan dan membantu anggota untuk dapat bersaing dalam dunia usaha pertambangan yang bertumpu pada keunggulan sumber daya manusia dan alam yang dipadukan secara seimbang serta selaras sehingga terwujudnya iklim usaha jasa pertambangan yang harmonis dan berdaya saing guna mendukung industri pertambangan nasional

Misi ASPINDO

1) Memperjuangkan dan membela aspirasi dunia usaha jasa pertambangan dalam arti yang luas
2) Memberi pelayanan dan advokasi kepada anggota maupun non-anggota
3) Memberi masukan kepada pemerintah dalam rangka terbentuknya iklim usaha pertambangan yang kondusif, transparan dan efisien.
4) Mewakili sektor usaha jasa pertambangan di.berbagai forum Nasional dan Internasional sepanjang terkait kepentingan usaha jasa pertambangan Indonesia

Tim Advokasi ASPINDO

SERVICE YANG DI BERIKAN DIDALAM ADVOCACY DIVISION

a) Memberi bantuan pelayanan informasi dan advokasi kepada anggota maupun masyarakat.
b) Memfasilitasi anggota bila memerlukan bantuan hukum.
c) Menyediakan jasa pelayanan pengurusan legalitas bagi anggota dan non-anggota.

SERVICE YANG DI BERIKAN DIDALAM TRAINING & SERTIFICATION DIVISION

a) Merancang, menyusun dan melaksanakan training/pelatihan, seminar, workshop dan sebagainya sesuai kebutuhan anggota serta mendukung kegiatan usaha jasa pertambangan.
b) Memonitor, mengevaluasi dan meningkatkan mutu kegiatan pasca training/pelatihan.
c) Melaksanakan atau bekerjasama dengan pihak yang terkait dalam kegiatan pemenuhan Sumber Daya Manusia (SDM) dan sertifikasi usaha jasa pertambangan.

SERVICE YANG DI BERIKAN DIDALAM INTER INSTITUTION RELATIONSHIP DIVISION

a) Membangun komunikasi dan jaringan kerja dengan lembaga lain, baik secara nasional maupun internasional untuk kepentingan kegiatan ASPINDO.
b) Meningkatkan kerjasama dengan lembaga yang terkait dengan pertambangan baik pada tingkat nasional maupun daerah yang dianggap perlu bagi kegiatan organisasi.
c) Menjajaki dan menindaklanjuti kerjasama dengan organisasi profesi pertambangan nasional dan internasional.

SERVICE YANG DI BERIKAN DIDALAM BUSINESS PARTNERSHIP DIVISION

a) Menjajaki dan mengembangkan kemitraan dengan lembaga/instansi terkait yang dianggap bermanfaat untuk membantu pengembangan usaha anggota.
b) Menyediakan informasi maupun referensi bagi anggota untuk pengembangan usahanya.
c) Memantau dan mengevaluasi hasil kemitraan usaha yang dilakukan

 

Sumber : aspindo-imsa.or.id


Layanan - ASPINDO - Asosiasi Jasa Pertambangan Indonesia

Layanan Publik - Instansi