APTIKOM - ASOSIASI PERGURUAN TINGGI INFORMATIKA DAN ILMU KOMPUTER

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Sejarah

Semakin banyak dan berkembangnya sekolah dan perguruan tinggi di bidang Information Technology (IT), menyebabkan peningkatan persaingan atara lembaga-lembaga pendidikan tersebut untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas. Atmosfer persaingan yang sehat dibutuhkan untuk memacu perkembangan IT di Indonesia.

Saat ini tercatat lebih dari 500.000 (lima ratus ribu) mahasiswa D1 hingga S3 yang sedang aktif belajar di lebih dari 850 (delapan ratus lima puluh) Perguruan Tinggi di Indonesia di bawah naungan sekitar 1.500 program studi Kampus Informatika dan Komputer di seluruh Indonesia, dengan jumlah lulusan sekitar 40.000 (empat puluh ribu) hingga 50.000 (lima puluh ribu) alumni per tahunnya. APTIKOM sebagai sebuah asosiasi yang merupakan kerjasama antara perguruan tinggi di bidang IT diharapkan dapat menjadi wadah untuk dapat meningkatkan kerjasama baik antar perguruan tinggi, maupun antar perguruan tinggi dengan pemerintah dan pelaku usaha.

Semuanya bermula pada tahun 1983, yaitu ketika 8 (delapan) perguruan tinggi penggagas pendirian Program Studi informatika dan komputer membentuk sebuah forum yang diberi nama Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Sejenis Ilmu Komputer (BKS PERTINIS I-K).
Sejalan dengan perkembangan pesat ilmu komputer dan informatika, anggota BKS PERTINIS I-K bertambah menjadi 78 (Tujuh Puluh Delapan) anggota pada tahun 1987. Puncaknya adalah pada tahun 1996, ketika BKS PERTINIS I-K berubah nama menjadi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer (PERTIKOM) jumlah anggota menjadi lebih dari 250 Program Studi dari seluruh wilayah tanah air.

Sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan jaman, maka pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) 2002 di kota Malang, diusulkanlah perubahan bentuk organisasi dari PERTIKOM menjadi (Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Ilmu Komputer (APTIKOM). Sampai dengan saat ini, jumlah anggota APTIKOM terdiri dari 850 (Delapan Ratus Lima Puluh) Kampus Informatika dan Komputer serta 1560 (Seribu Lima Ratus Enam Puluh ) Program Studi.  

Visi & Misi

Visi

Di dunia, Indonesia menjadi berada percentile martabat = 90%, percentile kemakmuran = 60%, pada tahun = 2020.

Misi

Menjadikan berkualitas perguruan tinggi Informatika dan Komputer agar mampu mencipta martabat dan kemakmuran bangsa dan negara Indonesia melalui Informatika dan Komputer.

Nilai

Layanan Prima (Service Excellence): As-A-System (AAS), Kolaborasi, Teamwork, Unggul, Ulet, Gigih, Cerdas, Proaktif, Kreatif, Inovatif, Jujur, Bersih, Terbuka, Petarung, Gembira.

Bahwa sesungguhnya usaha mencerdaskan kehidupan bangsa yang diamanatkan dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, adalah menjadi tugas dan tanggung jawab bersama keluarga, masyarakat dan pemerintah dalam suatu sistem pendidikan nasional. Perguruan tinggi penyelenggara pendidikan informatika dan komputer sebagai sub-sistem dari Sistem Pendidikan Nasional mempunyai tugas dan tanggung jawab melaksanakan fungsi pendidikan tinggi yaitu menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam bidang informatika dan komputer.

Untuk melaksanakan fungsi seperti tersebut di atas, seluruh potensi Perguruan tinggi penyelenggara pendidikan informatika dan komputer perlu dihimpun dalam satu wadah kerjasama dalam bentuk asosiasi yang bertujuan untuk meningkatkan pengelolaan, pembinaan dan pengembangan pendidikan tinggi agar mampu menjadi institusi terdepan dalam menghasilkan sumberdaya manusia yang beriman dan bertagwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, memiliki kemampuan profesional yang tinggi dalam usaha pengembangan dan pengamalan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, khususnya dalam bidang informatika dan komputer yang berguna bagi peningkatan derajat dan kesejahteraan hidup bangsa Indonesia.

1) Mengembangkan serta meningkatkan kemampuan anggota untuk menyiapkan peserta didik menjadi manusia Indonesia yang memiliki kemampuan utama dalam bidang informatika dan komputer, yang dilandasi oleh keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi luhur serta berwawasan kebangsaan.

2) Mengembangkan serta meningkatkan kemampuan anggota agar dapat berperan sebagai agen pembangunan terdepan dalam usaha meneliti, mengembangkan, dan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang informatika dan komputer, untuk meningkatkan taraf kehidupan bangsa.

3) Memelihara dan menegakkan kredibilitas dan akuntabilitas anggota di masyarakat.

4) Mengembangkan persatuan dan kesatuan anggota dalam usaha menyumbangkan darma baktinya bagi masyarakat, nusa dan bangsa.

 


Layanan - APTIKOM - ASOSIASI PERGURUAN TINGGI INFORMATIKA DAN ILMU KOMPUTER

Layanan Publik - Instansi