MASTEL - Masyarakat Telekomunikasi Indonesia

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

MASTEL adalah suatu lembaga nirlaba yang merupakan wadah bagi seluruh pelaku usaha dalam bidang telekomunikasi dan multi media, industri / pabrikan, asosiasi, professional , para pengamat dan peminat dalam bidang telematika, yang tidak hanya berfungsi sebagai wadah untuk saling berkomunikasi dan saling bertukar informasi , tetapi juga berfungsi sebagai jembatan yang menghubungkan dan mempertemukan seluruh kepentingan antara pemerintah dan para pelaku usaha serta para peminat di bidang telematika (telekomunikasi dan informatika).

MASTEL pada awalnya, Masyarakat Telekomunikasi Indonesia (MASTEL) pada tanggal 01 Desember 1993, lebih di arahkan sebagai wadah berkumpulnya seluruh potensi di bidang telekomunikasi yang terdapat di dalam masyarakat, yang terkait dengan lingkungan strategis yang selalu berubah, untuk memformulasikan gagasan-gagasan menjadi realita, serta melakukan beragam kegiatan lain dalam rangka mempromosikan dan mengembangkan telekomunikasi Indonesia yang handal dan merata.

Namun demikian , menyikapi perkembangan teknologi dan timbulnya jasa-jasa baru akibat konvergensi antara telekomunikasi, teknologi informasi dan multimedia (didalamnya termasuk penyiaran), maka pada Musyawarah Nasional MASTEL yang ke-3 (tanggal 20 Pebruari 2000) diputuskan untuk memperluas cakupannya menjadi telekomunikasi, teknologi informasi dan multimedia. Dengan adanya perluasan cakupan ini MASTEL berubah menjadi Masyarakat TeleMatika Indonesia, dengan akronim yang tetap sama, yaitu MASTEL.

MASTEL saat ini didukung oleh lebih kurang 22 asosiasi bidang telematika, memiliki 64 anggota perusahaan, lebih kurang 400 anggota perseorangan profesional dan akademisi, 23 anggota organisasi nirlaba dan 15 orang anggota khusus/kehormatan MASTEL.

Mastel dewasa  ini berkembang sebagai suatu organisasi yang semakin mapan dan mendapatkan posisi serta pengakuan yang sangat baik dari segenap pemangku kepentingan di dalam bidang ICT ; baik pada sektor pemerintahan / regulator maupun pada level bisnis, swasta dan para operator ; terbukti dengan semakin intensifnya keterlibatan Mastel di dalam banyak kegiatan dan kajian-kajian dalam bidang telekomunikasi dan informatika.

Mastel dewasa  ini menjadi mitra strategis dari beberapa instansi seperti Kementerian Kominfo, Kementerian Perindustrian, Komisi 1 DPR RI, Bappenas dan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Visi dan Misi MASTEL

Visi

Sebagai suatu organisasi yang kredibel dan berperan aktif dalam mendorong perkembangan TeleMatika untuk kepentingan masyarakat Indonesia.

Misi

1. Mengembangkan Telematika di Indonesia, yang antara lain meliputi:

» Penyusunan TatananPembangunan Telematika
» Peningkatan Kompetensi SDM
» Mendorong Pengembangan Jaringan dan akses lokal yang tersebar secara nasional
» Pengkajian Tarif Layanan yang terjangkau
» Optimalisasi Teknologi
» Meningkatkan Potensi manufaktur nasional di sektor Teknologi Informasi dan Komunikasi.

2. Menjalin kerjasama/sinergi antar stakeholders/pemangku kepentingan di dalam negeri dan Internasional
3. Menciptakan iklim usaha yang sehat dan meningkatkan daya saing bangsa dengan memperhatikan kepentingan konsumen

 

Sumber:  mastel.or.id


Layanan - MASTEL - Masyarakat Telekomunikasi Indonesia

Layanan Publik - Instansi