TRASHI - Transformasi Hijau

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

 

Transformasi Hijau adalah komunitas relawan yang bergerak pada isu pendidikan lingkungan dengan mendorong para generasi muda sebagai pemeran utama dalam upaya pelestarian lingkungan

Profil TRASHI

Kehidupan Liar di Balik Hutan Beton


Jakarta tidak selamanya dihuni oleh gedung beton saja, masih ada beberapa jenis hewan liar yang bisa kita temukan kalau jeli mencarinya. Di beberapa ruang terbuka hijau Jakarta, ditemukan paling tidak 125 jenis burung liar. Agar tetap lestari, kehidupan liar Jakarta tersebut perlu perhatian dari warga Jakara tentunya. Untuk mewujudkan harapan ini, TRASHI sedang berkembang dan menyebarkan semangat perubahan melalui program yang dinamakan Young Transformers.

Young Transformers adalah kegiatan belajar alternatif bagi teman-teman yang duduk di bangku SMA dan SMK se Jakarta. Sejak November 2010 sampai Februari 2011, sudah tercatat empat sekolah yang terlibat dalam Young Transformers. Sekolah tersebut antara lain SMK 56, SMA 68, SMA 6 dan SMA 32.

Beberapa kegiatan yang sudah dilakukan antara lain YES, Pelatihan Young Transformers dan Peringatan Hari Lahan Basah 2011. Dari beberapa kegiatan tersebut, antusias generasi muda Jakarta untuk menyelamatkan lingkungannya ternyata luar biasa. Hal ini di luar dugaan TRASHI sebelumnya.

Siapa Saja yang Terlibat?

Kegiatan yang dilakukan TRASHI merupakan kegiatan sosial, karena TRASHI tidak dapat berdiri sendiri. Oleh karena itu, selain melibatkan sekolah, TRASHI juga menggandeng komunitas dan organisasi lingkungan di Jakarta seperti GEF, Yayasan KEHATI, Rimbawan Muda Indonesia, Jakarta Green Monster, River For Life, Biotiful Jakarta, Teens Go Green, Jakarta Birdwatcher's Society, Kelompok Studi Ekologi Perairan Universitas Nasional, dan UKF Institut Pertanian Bogor.

 

Sumber: transformasihijau.blogspot.com


Layanan - TRASHI - Transformasi Hijau

Layanan Publik - Instansi