APPI Suplai Minggas - Asosiasi Profesi Pengelolaan Rantai Suplai Migas Indonesia

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Sekilas APPI

Yang dimaksud dengan Asosiasi Profesi Pengelolaan Rantai Suplai Migas Indonesia (Terjemahan dalam Bahasa Inggris adalah Indonesian Oil & Gas Supply Chain Management Professional Association) dalam Anggaran Dasar adalah asosiasi pelaku pengadaan, tanpa melihat latar belakang bidang pendidikannya, yang bekerja, berperan atau berminat dalam rantai perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan dalam bidang pengadaan, penyimpanan dan distribusi barang dan jasa, baik secara langsung maupun tidak langsung dalam industry perminyakan di Indonesia.

APPI dicetuskan pendiriannya pada tanggal 25 Juli 1997 di Surabaya, untuk jangka waktu yang tidak ditentukan dan disahkan sebagai Badan Hukum dengan Akte Pendirian No. 24 yang dibuat di hadapan Notaris S.P. Henny Singgih SH pada tanggal 09 September 1999 dan telah didaftarkan pada Pengadilan negeri Jakarta Selatan No. 66/A DLL/HKM 1999 tanggal 17 November 1999 serta telah tercatat pada Lembaran Berita Negara No. 18 pada tanggal 03 Maret 2000.

APPI mempunyai maksud dan tujuan sebagai berikut :

1. Membina serta mengembangkan profesionalisme dan etika para pelaku. Pengadaan pada Industri Perminyakan Indonesia agar senantiasa mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dimilikinya berdasarkan prinsip dan standar kerja bertaraf Internasional.
2. Menyalurkan aspirasi dan potensi anggotanya untuk turut berperan aktif dalam Pembangunan Nasional sebagai wujud pengabdian terhadap bangsa dan negara
3. Menjalin dan meningkatakan kerja sama dengan Pemerintah, Perguruan Tinggi dan Lembaga Pendidikan lainnya, industry, duania usaha dan lembaga terkait lainnya baik nasional maupun internasional dalam rangka turut memajukan Industri Perminyakan Indonesia.
4. Menjalin hubungan dan kerjasama dengan organisasi sejenis, baik di dalam maupun di luar negeri guna kemajuan asosiasi.
5. Membina dan mengembangkan kerjasama para anggotanya di lingkungan Pengadaan pada Industri Perminyakan Indonesia.
6. Memupuk rasa kekeluargaan dan persaudaraan serta meningkatkan kesejahteraan para anggotanya sesuai dengan asas dan aturan organisasi.

Untuk saat ini, jangkauan organisasi APPI dalam aspek wilayah kerja, masih terbatas pada wilayah Indonesia, baik di Jakarta sebagai pusat organisasi maupun di daerah-daerah lain di Indonesia sebagai komisariat daerah. Ke depannya, apabila memungkinkan, dapat dibuat perwakilan atau komisariat luar negeri, sesuai kebutuhan.

 

Sumber: appi-online.or.id


Layanan - APPI Suplai Minggas - Asosiasi Profesi Pengelolaan Rantai Suplai Migas Indonesia

Layanan Publik - Instansi