Dahana - PT Dahana (persero)

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Profil

Dahana adalah sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bidang industri strategis yang menawarkan layanan bahan peledak yang terpadu untuk sektor Migas, Pertambangan Umum, Kuari dan Konstruksi. Dahana telah berpengalaman dari 40 tahun dan didukung oleh fasilitas lengkap, teknologi terkini dan SDM yang terbaik. Dahana adalah pilihan anda untuk menjadi mitra yang dapat menambah nilai perusahaan anda yang beroperasi di Indonesia.


Sejarah Singkat

PT DAHANA (Persero) atau “DAHANA”  adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

di bidang industri strategis yang memberikan layanan bahan peledak terpadu untuk sektor Migas, Pertambangan Umum, Kuari dan Konstruksi serta sektor pertahanan keamanan.

Serving the nation better!

Sejarah DAHANA sebagai pionir di industri ini berawal dari proyek Menang Angkatan Udara  Republik Indonesia (AURI) pada tahun 1966 di Tasikmalaya, Jawa Barat.

Setelah pada tahun 1973 diresmikan menjadi Perusahaan Umum DAHANA berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 36/1973,kemudian ditetapkan sebagai Perusahaan Perseroan (Persero), pada tahun 1991.

DAHANA telah teruji dan terbukti mampu menyediakan bahan peledak dan jasa peledakan secara terpadu untuk berbagai kebutuhan dan kondisi secara memuaskan, termasuk bench blasting, trench blasting dan underwater blasting yang cukup kompleks. DAHANA mampu menangani proses peledakan secara lengkap mulai dari perancangan, kalkulasi, persiapan drill hole, konfigurasi peledakan, penyediaan bahan peledak, pelaksanaan peledakan, hingga pengamanan operasional.

Inovasi menjadi kata inti DAHANA untuk terus berkembang baik dari segi produk baru maupun proses yang lebih  efisien.

DAHANA telah berhasil mendirikan Pabrik Cartridge Emulsion, ANFO, Pabrik Detonator Electric dan Non-electric, Pabrik Ammonium NitrateSolution dan Pabrik Booster, serta memiliki gudang bonded magazinedanOn-site Plant, pabrik emulsion di berbagai lokasi tambang

Pada tahun 2012, DAHANA menyelesaikan pembangunan fasilitas pengembangan dan manufaktur terbesar di ASEAN yang dinamakan Energetic Material Center (EMC) berlokasi di Subang, Jawa Barat.

DAHANA sadar tumpuan perusahaan terletak pada pengelolaan sumber daya manusia yang mumpuni, sistem manajemen yang efektif, dan tata kelola perusahaan yang baik. Hal ini ditunjukkan dengan komitmen manajemen PT DAHANA (Persero) melalui Kebijakan Manajemen Mutu, Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan yang telah mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2008, ISO 14001:2004, dan OHSAS 18001:2007

Kedepannya, DAHANA ingin melayani negeri lebih baik dengan menjadi mitrapemerintah dalam pengembangan industri pertahanan di tanah air.  SERVING THE NATION BETTER!

Visi dan Misi

Visi :
Menjadi industri nasional yang terunggul dalam bidang bahan berenergi tinggi dengan menghasilkan barang dan jasa yang berdaya saing tinggi dan ramah lingkungan.

Misi :
1. Memenuhi kebutuhan bahan peledak komersial serta jasa - jasa pemanfaatannya untuk dunia pertambangan dan konstruksi.
2. Mendorong kemampuan penguasaan teknologi dan kemandirian melalui pengembangan kualitas SDM dan kemitraan strategis dengan pelanggan maupun pemasok.
3. Melaksanakan program pemerintah yang sesuai dengan bidang usaha dan tujuan perusahaan.

 

Sumber: dahana.com