SNI - Serikat Nelayan Indonesia

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Tentang

Serikat Nelayan Indonesia (SNI) adalah organisasi nelayan tradisional yang didirikan pada tanggal 6 Desember 2007 di Denpasar Bali. Pertemuan Bali merupakan musyawarah nasional nelayan tradisional Indonesia yang pertama yang dilalui dari proses perjalanan panjang konsolidasi di tingkat Desa-Kabupaten dan Propinsi di Sumatera Utara, Pantura Jawa, dan Sulawesi. Pertemuan ini mengeluarkan beberapa keputusan (1) Pembentukan Komite Persiapan Serikat Nelayan Indonesia yang terdiri dari Presidium sementara dan Eksekutif Nasional (2). Ikrar Persatuan Nelayan Tradisional Nelayan Indonesia, (3). Garis Besar Acuan Organisasi (GBAO), serta (4), program Jadwal menuju kongres Serikat Nelayan Indonesia (SNI).

Pembentukan SNI dilatarbelakangi oleh keprihatinan nelayan terhadap situasi kemiskinan yang dihadapi dan tidak adanya keberpihakan Negara terhadap nelayan, terutama Nelayan-Tradisional. Tidak ada tindakan nyata dari pemerintah untuk melindungi nelayan tradisional dalam persaingannya terhadap pemakaian teknologi penangkapan ikan dalam skala besar dengan menggunakan trawl. Pemerintah juga tidak menjamin ketersedian pasar yang menguntungkan nelayan dalam melindungi harga ikan yang selalu dimonopoli oleh para spekulan dan pemodal besar seperti impor ikan dan garam yang membuat harga ikan, dan garam jatuh.

Bahkan wilayah tangkap nelayan tradisional malah justru dipersempit dengan memberlakukan wilayah tertutup bagi usaha penangkapan nelayan tradisional untuk kepentingan wisata dan eksplorasi pertambangan. Kebijakan ini telah mengundang beroperasinya TNC/MNC diwilayah pesisir dan perairan Indonesia.

Tujuan

Membangun solidaritas dan persatuan antar organisasi nelayan tradisional dalam rangka memajukan keadilan sosial dalam hubungan ekonomi yang berkeadilan, kedaulatan pangan, kedaulatan atas sumberdaya laut dan pesisir, serta pelestarian cara-cara penangkapan tradisional yang ramah lingkungan.

 

Sumber : sni.or.id


Layanan - SNI - Serikat Nelayan Indonesia

Layanan Publik - Instansi