PANDI - Pengelola Nama Domain Internet Indonesia

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (disingkat PANDI) adalah sebuah badan hukum yang memiliki wewenang untuk mengatur pengelolaan domain .id. PANDI dibentuk oleh perwakilan dari komunitas teknologi informasi Indonesia dan mendapatkan persetujuan sebagai penerima mandat dari pengelola domain tingkat tinggi (dunia) ICANN (internet for Assigned Name and Number).

PANDI dibentuk tanggal 29 Desember 2006 di Jakarta melalui dukungan Direktorat Jenderal Aplikasi Telematika, Departemen Komunikasi dan Informatika.

Tentang PANDI   

Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) adalah organisasi nirlaba yang dibentuk oleh komunitas Internet Indonesia bersama pemerintah pada 29 Desember 2006 untuk menjadi registry domain .id.

Pada 29 Juni 2007, pemerintah melalui Departemen Komunikasi dan Informatika RI secara resmi menyerahkan pengelolaan seluruh domain internet Indonesia kepada PANDI, selain go.id dan mil.id. Penyerahan pengelolaan domain .id ini dituangkan dalam Berita Acara Penyerahan Pengelolaan Domain .id no. BA–343/DJAT/MKOMINFO/6/2007 dari Dirjen Aptel ke PANDI dan pada 16 September 2014, pemerintah melalui Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, No. 806 Tahun 2014 yang menetapkan PANDI sebagai Registri Nama Domain Tingkat Tinggi Indonesia.

Saat ini PANDI mengelola secara penuh domain co.id, biz.id, my.id, web.id, or.id, sch.id, ac.id, net.id, desa.id dan apapun.id, serta membantu pemerintah Republik Indonesia mengelola domain go.id dan mil.id.

Visi dan Misi

Visi PANDI


Menjadi pengelola Nama Domain Internet Indonesia yang terpercaya, aman, stabil dan handal.

Misi PANDI

» Memastikan sistem layanan registri dan domain name system beroperasi dengan baik, stabil, aman, dan terpercaya.
» Meningkatkan jumlah nama domain .id.
» Melibatkan partisipasi publik dan bekerja sama dengan pemerintah di dalam proses pembentukan kebijakan.
» Berperan aktif dalam komunitas global dan pembentukan kebijakan tata kelola internet global.
» Memfasilitasi penyelesaian perselisihan Nama Domain sesuai ketentuan Peraturan Perundangan yang berlaku.

 

Sumber: pandi.id


Layanan Publik - Instansi