Perum PPD - Perum Perusahaan Pengangkutan Djakarta

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Sejarah Perum PPD

Perum Perusahaan Pengangkutan Djakarta (Perum PPD) merupakan perusahaan milik pemerintah dibidang transportasi umum darat yang menjadi embrio dan pioneer perkembangan angkutan bus di Jakarta. dimulai dengan angkutan umum trem pada tahun 1920 (Bataviach Elektrische Tram Maatschappij - BVMNV)

Untuk mengutamakan kepentingan umum, BVMNV kemudian dinasionalkan dan dikuasai oleh Negara berdasarkan Undang-Undang Darurat No.10 tahun 1954. Sebagai tindak lanjut nasionalisasi tersebut, dengan akte notaris Mr. Raden Suwandi No. 76 tanggal 30 Juni 1954 dan No.82 tanggal 21 Desember 1954, BVMNV diubah bentuk hukumnya menjadi Perseroan Terbatas (PT) dengan nama Perusahan Pengangkutan Djakarta.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 205 tahun 1961, Perusahaan berubah status menjadi Perusahaan Negara dibawah naungan Departemen Perhubungan Darat, Pos, Telekomunikasi, dan Pariwisata. Kemudian berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 229 tahun 1961 tanggal 20 September 1961, pengelolaan PN PPD diserahterimakan dari Departemen Perhubungan Darat, Pos, Telekomunikasi, dan Pariwisata kepada Pemerintah Daerah DKI Jakarta. Pada tahun 1981, pengelolaan PN PPD kembali ke Pemerintah Pusat cq Departemen Perhubungan berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 23 tahun 1981 tanggal 17 Juli 1981. Selanjutanya berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 24 tahun 1981 terjadi perubahan status Perusahaan Negara Pengangkutan Penumpang Djakarta (PN PPD) menjadi Perusahaan Umum Pengangkutan Penumpang Djakarta (Perum PPD).

Bentuk badan hukum Perum PPD dituangkan dalam Peraturan Pemerintah No. 32 tahun 1984 tentang Perum PPD sebagai penyempurnaan untuk menjiwai Tata Cara Pembinaan dan Pengawasan sebagaimana diatur dan dituangkan dalam Peraturan Pemerintah No. 3 tahun 1983 tentang Tata Cara pembinaan Perjan, Perum, dan Pesero.

Dengan diundangkannya Peraturan Pemerintah No. 13 tahun 1998 tentang Perusahaan Umum, maka Peraturan Pemerintah No. 32 tahun 1984 tentang Perusahaan Umum Pengangkutan Penumpang Djakarta telah dicabut dan dinyatakan tidak berlaku lagi. Untuk itu telah diterbitkan Peraturan Pemerintah No. 91 tahun 2000 tentang Perusahaan Umum Pengangkutan Penumpang Djakarta.

Visi dan Misi

Visi Perusahaan

Menjadi perusahaan operator transportasi umum bus terkemuka dan terpercaya di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya yang mampu memberikan standar pelayanan dengan kualitas yang memuaskan bagi seluruh pelanggan serta mampu memberikan kesejahteraan bagi seluruh pemangku kepentingan dan menjalankan kegiatan usaha berdasarkan prinsip-prinsip pengelolaan perusahaan menuju kemandirian dan berkelanjutan.

Misi Perusahaan

1. Memberikan kepuasan kepada pelanggan dengan menyediakan armada bus yang layak, nyaman, aman, serta layanan yang unggul.
2. Memberikan lingkungan dan budaya kerja yang mendorong terciptanya etos kerja yang tinggi bagi karyawan sehingga tercapai produktivitas kinerja yang optimal pada seluruh lini organisasi.
3. Meningkatkan kapabilitas perusahaan dalam membangun serta mengembangkan usaha melalui pendekatan sinergi dan aliansi strategis.
4. Memenuhi tanggung jawab untuk menjalankan amanah pemerintah dalam melayani masyarakat dengan tetap memberikan manfaat yang terbaik bagi pemilik modal.

 

Sumber: perumppd.co.id


Layanan - Perum PPD - Perum Perusahaan Pengangkutan Djakarta

Layanan Publik - Instansi