LSPPI - Lembaga Sertifikasi Profesi Persemenan Indonesia

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

LATAR BELAKANG


Sebagaimana yang diketahui bersama pasar kerja nasional dan internasional menuntut tersedianya tenaga kerja yang kompeten di bidangnya. Banyak industri dan organisasi menghendaki agar tenaga kerjanya memiliki sertifikat kompetensi yang kredibel. Berbagai negara juga mempersyaratkan bahwa tenaga kerja asing yang ingin bekerja di negara tersebut harus memiliki sertifikat kompetensi yang diterbitkan oleh lembaga otoritas di negara asing.

Badan Nasional Sertifikat Profesi (BNSP) yang didirikan berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 23 tahun 2004 atas amanat Undang¬-undang No. 13 tahun 2003, tentang ketenaga-kerjaan, merupakan badan yang berwenang sertifikasi kompetensi. Dalam melaksanakan tugasnya, BNSP dapat mendelegasikan tugasnya kepada Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dengan sistem lisensi.. Dengan demikian, LSP adalah lembaga pelaksana sertifikasi kompetensi  atas nama BNSP

LEMBAGA SERTIFIKASI PROFESI PERSEMENAN INDONESIA

Lembaga sertifikasi profesi adalah lembaga pendukung BNSP yang bertanggung jawab melaksanakan sertifikasi kompetensi profesi. LSP-PI yang dibentuk wajib berbadan hukum dan dibentuk oleh perusahaan yang diregistrasi oleh BNSP.

LSP-PI mempunyai tugas mengembangkan skema sertifikasi kompetensi, melaksanakan uji kompetensi, menerbitkan sertifikat kompetensi serta melakukan akreditasi tempat uji kompetensi.

Dalam melaksanakan tugas dan fungsi LSP-PI mengacu pada pedoman yang dikeluarkan oleh BNSP. Dalam pedoman tersebut ditetapkan persyaratan yang  dipatuhi untuk menjamin agar lembaga sertifikasi menjalankan sistem sertifikasi pihak pertama/kedua secara konsisten dan profesional, sehingga dapat diterima di tingkat nasional yang relevan demi kepentingan pengembangan sumber daya manusia dalam aspek peningkatan kualitas dan perlindungan tenaga kerja.

Mengacu kepada pelaksanaan tugas tersebut dan dalam menghadapi AEC (ASEAN Economic Comunity) yang akan berlaku pada 1 Januari 2016 maupun APEC (Asia Pasific economic cooperation) pada tahun 2020, sudah saatnya melakukan pembenahan sistem pembinaan sumber daya manusia yang berorientasi pada kebutuhan dunia kerja sehingga tenaga kerja kita diakui kompetensinya oleh industri sendiri.

LSP-PI mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia yang dimiliki, yakni, SKKNI Persemenan Indonesia untuk Operator Raw Mill, Operator CCR Kiln, Operator CCR Finish Mill, Manager Energi, Auditor Energi, Manager Pengelola Limbah B3, Manager Pengelola Pencemaran Udara, dan Manager Pengelola Kualitas Air. Dalam  melaksanakan uji kompetensi di bidang Industri Semen, dengan kualifikasi sebagai berikut :

Sub bidang                
Sektor                    
                          
Sub Sektor                
                          
                          
Bidang Pekerjaan (Profesi)
                          
                          
Level/Kualifikasi        

:
:
 
:
 
 
:
 
 
:

Industtri semen 
1. Produksi
2. Teknik Produksi
1. Produksi Raw Mill, Klinker dan Semen
2. Mengelola energi
3. Mengelola Lingkungan
1. Operator CCR Raw Mill, Kiln dan Cement Mill
2. Manager dan Auditor Energi
3.  Manager Pengelola Limbah B3, Pengelola Pencemaran Udara dan Pengelola Kualitas Air
 Level III (Operator) / VI (Manager)                                                 


VISI DAN MISI LEMBAGA SERTIFIKASI PROFESI PERSEMENAN INDONESIA

VISI

Menjadi Lembaga Sertifikasi Profesi yang diakui internasional dan menjamin tersedianya tenaga kerja persemenan Indonesia yang kompeten dan profesional

MISI

» LSP Persemenan Indonesia (LSP-PI) menetapkan kebijakan yang sesuai dengan pedoman BNSP 216/ISO 17024 secara menyeluruh tanpa pengecualian.

» LSP Persemenan Indonesia (LSP-PI) menggunakan tenaga professional yang kompeten dalam mengoperasikan LSP-PI.

» Manajemen LSP Persemenan Indonesia (LSP-PI) memberikan pelayanan uji kompetensi yang mengutamakan mutu dan kepuasan pelanggan serta menjamin bahwa pekerjaan pengujian dilaksanakan dengan integritas yang tinggi, teliti, cepat, dan akurat serta efisien dalam menggunakan sumber daya.

» LSP Persemenan Indonesia (LSP-PI) menetapkan kebijakan, prosedur, dan administrasi lembaga sertifikasi yang terkait dengan kriteria sertifikasi dengan jujur dan wajar terhadap seluruh calon yang memenuhi semua persyaratan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

» LSP Persemenan Indonesia (LSP-PI) menetapkan prosedur yang memberikan kesempatan yang sama kepada semua pemohon yang memenuhi persyaratan sesuai dengan pedoman yang ditetapkan.

 

Sumber: lsppi.com


Layanan - LSPPI - Lembaga Sertifikasi Profesi Persemenan Indonesia

Layanan Publik - Instansi