LSPN - Lembaga Sertifikasi Profesi Nusantara

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

PEMBENTUKAN

Dalam rangka melaksanakan pembangunan di bidang ketenaga kerjaan yang harus dilaksanakan dengan segera, menyeluruh dan komprehensif perlu melibatkan partisipasi aktif segenap unsur yang berkepentingan (stake holder).

Pembangunan ketenagakerjaan yang dilaksanakan mencakup pengembangan  Sumber daya Manusia (SDM), peningkatan produktifitas dan daya saing Tenaga Kerja Indonesia baik di Dalam Negeri maupun di Luar Negeri  serta memfasilitasi penempatan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) melalui optimalisasi mekanisme antar kerja serta pemenuhan atas jaminan perlindungan dan keselamatan TKI.

Mengacu Undang-undang No.13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan Peraturan Pemerintah nomor 23 Tahun 2004 tentang Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), bahwa untuk merespon kemajuan inovasi teknologi dan pertumbuhan spesialisasi profesi serta memfasilitasi pasar kerja global, perlu dibentuk organisasi  yaitu  Lembaga Sertifikasi Profesi Nusantara.

Lembaga Sertifikasi Profesi Nusantara adalah lembaga  professional dan independen yang bersifat nirlaba di dalam menyelenggarakan  sertifikasi kompetensi kerja bagi profesi tenaga kerja Indonesia dan menjadi rujukan bagi pengguna jasa tenaga kerja Indonesia baik di Dalam Negeri maupun di Luar Negeri .

Lembaga Sertifikasi Profesi Nusantara adalah Lembaga Serfikasi Profesi Pihak Ketiga , berkdudukan di Surabaya,  pembentukannya dipersiapkan  oleh suatu Panitia Kerja yang dibentuk oleh dan dengan dukungan Asosiasi Profesi, Instansi Teknis Terkait, dan para Pakar dan didirikan berdasarkan Akta Pendirian Lembaga nomor 07 tertanggal  09 Juli 2007 dibuat dihadapan Notaris Hengki Budi Priyanto, SH dan dirubah beberapa kali yang terakhir dengan Akta Perubahan Nomor 23 Tanggal 15 Januari 2010 dibuat dihadapan Notaris Sitaresmi Puspadewi Subianto SH, serta telah mendapat lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sebagai Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Ketiga sesuai  Surat Keputusan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) nomor : KEP.40/BNSP/XI/2007 tanggal 19 Nopember 2007 dan Sertifikasi Lisensi nomor BNSP-LSP-020-ID tanggal 19 Nopember 2007, diperpanjang dengan Surat Keputusan BNSP                         Nomor : KEP.30/BNSP/VII/2011  tanggal 8 Juli 2011 dan Sertifikasi Lisensi nomor BNSP-LSP-020-ID tanggal 8 Juli 2011  dengan ruang lingkup lisensi :

a. Tata Laksana Rumah Tangga (TLRT)

b. Careworker

KOMITMEN MANAJEMEN

I. VISI

Lembaga Sertifikasi Profesi Nusantara menjadi Lembaga Sertifikasi Profesi yang handal, terpercaya dan diakui Internasional.

II. MISI

a. Lembaga Sertifikasi Profesi Nusantara membantu Pemerintah untuk menjadikan Tenaga Kerja yang kompeten dibidangnya, dan

b. Meningkatkan kualitas  Tenaga Kerja sehingga memiliki daya saing yang tinggi guna menjaga harkat dan martabat Bangsa.

III. SASARAN MUTU

Lembaga Sertifikasi Profesi Nusantara memberikan pelayanan Uji Kompetensi yang mengutamakan mutu dan kepuasan pelanggan serta menjamin uji kompetensi dilaksanakan dengan jujur, teliti, cepat, tepat dan akurat.

Untuk itu segala kegiatan uji selalu dilaksanakan berdasarkan system mutu sesuai dengan Peraturan BNSP dan dituangkan dalam Panduan Mutu, Sistim Opersaional Prosedur (SOP), Instruksi Kerja, maupun formulir-formulir yang menunjang kegiatan Uji, didokumentasikan, dimengerti dan dilaksanakan oleh semua personil Lembaga secara professional.

 

Sumber: lspnusantara.com


Layanan Publik - Instansi