APKLINDO - Asosiasi Perusahaan Klining Servis Indonesia

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Sejarah APKLINDO

Asosiasi Perusahaan Klining Servis Indonesia (APKLINDO)

Pada akhir dasawarsa 70-an, pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk mengurangi penerimaan pegawai golongan 1 seiring dengan dijalankannya program pembinaan pengusaha kecil. Sejak saat itu muncul berbagai peluang bagi usaha jasa. Perusahaan klining servis mulai bermunculan dan semakin marak pada tahun 1980 . Saat itu, jumlah perusahaan Klining Servis di Jakarta tercatat berjumlah kira-kira 200 perusahaan dan merupakan masa keemasan pertumbuhan jasa Klining Servis.

Pada 1980, beberapa pengusaha berinisiatif untuk mengoptimalkan kinerja usaha mereka dengan membentuk suatu wadah yang dinamakan Himpunan Pengusaha Jasa Kebersihan Indonesia yang disingkat HIPJAKI.  Dalam perjalanannya, HIPJAKI mengalami beberapa kendala teknis sehingga HIPJAKI terkesan tidak berkembang. Sejak itu, beberapa pengusaha klining servis menjajaki kemungkinan kerja sama yang lain dengan membentuk Koperasi Pengusaha Klining Servis. Setelah dikonsultasikan dengan KADIN JAYA serta ditambah beberapa pertimbangan, muncul ide untuk membentuk sebuah Asosiasi Perusahaan Klining Servis. Para inisiator itu dikoordinir oleh Bobby Gerungan, dan para pengusaha klining servis akhirnya berhasil membentuk Asosiasi Perusahaan Klining Indonesia yang disingkat APKLINDO.

Pada 20 Mei 1985, APKLINDO diresmikan keberadaan serta keabsahannya. Peresmiannya dilakukan oleh KADIN INDONESIA yang juga menghadirkan Menteri Tenaga Kerja, Sudomo, dan juga Sekjen Departemen Pekerjaan Umum, Ir. Radinal Mochtar.

http://apklindo.org/file/2014/02/sejarah2014.png
Visi:

Menciptakan badan usaha jasa klining servis menjadi badan usaha nasional yang profesional, jujur, bertanggung jawab dan sanggup bersaing dalam pasar global serta meningkatkan pranserta dalam pembangunan nasional untuk mengembangkan pembangunan ekonomi Nasional, menciptakan lapangan kerja dan lingkungan hidup yang bersih, nyaman dan sehat.

Misi:

1. Menghimpun badan usaha yang bergerak dibidang jasa klining dalam satu wadah organisasi.
2. Membangun pusat pendidikan, pelatihan, penelitian dan pengembangan serta menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan bagi anggotanya dalam upaya menciptakan badan usaha nasional yang professional dan betanggung jawab serta sanggup bersaing dalam pasar global.
3. Menyelenggarakan penyuluhan dan pelatihan bagi tenaga kerja jasa klining service dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia agar menjadi pekerja yang terdidik, terlatih, jujur dan bertanggung jawab serta memiliki kompetensi tenaga ahli.
4. Memberikan informasi dan penyuluhan pada badan usaha klining servis dalam menggunakan obat-obatan dan badan kimia yang tidak merusak lingkungan.
5. Membangun komunikasi dan kerjasama dengan lembaga-lembaga dan badan usaha nasional maupun internasional dalam upaya menciptakan lingkungan hidup yang brsih, yaman dan sehat.
6. Membina hubungan konsepsional dan program kemitraan yang senergis dengan pemberi kerja baik nasional maupun internasional.
7. Membangun terciptanya hubungan kemitraan yang sinergis antara usaha ekonomi kuat, menengah, lemah
8. Membangun terciptanya rasa kesetiakawannan sesama badan Usaha Jasa Klining servis untuk menghindari terjadinya persaingan usaha yang tidak sehat.
9. Membangun komunikasi informasi dan memberikan bimbingan serta penyuluhan dalam upaya pengembangan usaha jasa klening servis kepada setiap anggota dengan adil.
10. Membangun forum komunikasi dan informasi antar anggota, Pemerintah dan pihak terkait sebagai sarana komunikasi, informasi, dan promosi dunia usaha jasa klining servis
11. Membangun kemitraan yang sirnergis dengan pemerintah dan pihak-pihak terkait dalam upaya mendirikan Lembaga Pengembangan Kompetensi Tenaga Kerja Ahli Pekerjaan Jasa Klining Service
12. Melaksanakan usaha-usaha lain yang syah dan halal serta tidak bertentangan dengan landasan organisasi.

 

Sumber: apklindo.org


Layanan - APKLINDO - Asosiasi Perusahaan Klining Servis Indonesia

Layanan Publik - Instansi