LSPMR - Lembaga Sertifikasi Profesi Manajemen Resiko

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Dalam mendukung pencapaian tujuan Organisasi diperlukan kemampuan internal organisasi untuk penerapan manajemen risiko. Dari sudut pandang ini dibutuhkan kecukupan tenaga profesional di bidang Manajemen Risiko, baik secara kualitas maupun kuantitas sebagaimana telah disebutkan diatas. oleh karena itu Standarisasi Kompetensi profesi Manajemen Risiko sangat relevan dan kritikal agar dunia usaha dan pelayan publik di Indonesia mampu membangun tingkat kesuksesan pencapaian tujuan Organisasi mereka ketataran yang lebih tinggi sehingga mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional, serta memberikan keyakinan lebih besar kepada pemangku kepentingan mereka bahwa kesinambungan Organisasi terjadi dengan baik untuk jangka pangjang.

Karenanya, menjawab kebutuhan tenaga profesional di bidang Manajemen Risiko di sektor riil ataupun organisasi Pelayanan Publik, maka Lembaga Sertifikasi Profesi Manajemen Risiko, yang disingkat LSPMR, didirikan pada awal tahun 2008 sebagai wujud kolaborasi dari berbagai organisasi yang memiliki komitmen dalam mengembangkat kompetensi, dan kecukupan jumlah profesional di bidang Manajemen Risiko.

Keanggotaan LSPMR terdiri dari beberaps individu yang mewakili dari berbagai unsur misalnya : dari Ikatan Komite Audit Indonesia, Komite Nasional Kebijakan Governance, Unsur Pendidikan Tinggi yaitu Sekolah Tinggi Manajemen PPM, dan keterwakilan dari assosiasi profesi Manajemen Risiko IRMAPA.

Keanggotaan dewan pengurus juga meliputi tokoh-tokoh Praktisi dan Akademisi dari berbagai institusi lainnya yaitu : Ikatan Akutan Indonesia kompatermen Manajem (IAI-KAM), Departemen Keuangan, Lembaga Komisaris dan Direktur Indonesia dan BP MIGAS. mereka dipilih berdasarkan kompetensi mereka dalam bidang Manajemen Risiko dan Komitmennya untuk mengembangkan profesi Manajemen Risiko di Indonesia.

Visi dan Misi

VISI

» Menjadi acuan standar penerapan Manajemen Risiko berkualitas di Indonesia
» Menjadi Lembaga Sertifikasi Profesi Manajement Risiko tang terpandang dari sisi kualitas dan intergritas serta menjadi rujukan Nasional.

MISI

» Mendorong penerapan prinsip-prinsip good corporate governance di Indonesia dengan memberikan sertifikasi bagi kalangan profesi dalam bidang Manajemen Risiko di Indonesia, Khususnya di sektor riil, sehingga dapat membantu pemerintah didalam kerangka penguatan investasi, keuangan dan perekonomian lainnya.
» Mendorong Penerapan Manajemen Risiko berkualitas di sektor korporasi, pemerintah maupun lembaga-lembaga lainnya
» Melahirkan profesi dalam bidang Manajemen Risiko yang mempunyai kompetensi untuk menjadi aktor handal dalam penerapan Manajemen Risiko di Indonesia.

 

Sumber: lspmr.org


Layanan - LSPMR - Lembaga Sertifikasi Profesi Manajemen Resiko

Layanan Publik - Instansi