LSP ECITB - Lembaga Sertifikasi Profesi Engineering Construction Industry Training Board

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Sejarah

Usaha panjang meningkatkan kompetensi anak bangsa dengan  mendatangkan skema sertifikasi international dari United Kingdom (Inggris) akhirnya menemui titik terang.

Diawali dengan mengundang representative dari Engineering Construction Industry Training Board (ECITB—UK) di awal  tahun 2011, sosialisasi ke berbagai pihak, dan penguatan dalam penandatanganan MoU antara ECITB dan BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) pada tanggal 30 Oktober 2012.

Adapun misi dan hal yang menjadi isi MoU tersebut adalah pengembangan dan sertifikasi kompetensi terutama berhubungan dengan Kesehatan dan Keselamatan Kerja yang aslinya disebut International Health and Safety Passport (IHSP).

MoU antara ECITB dan BNSP itu pun kemudian diterjemahkan dengan mendirikan sebuah  Lembaga Sertifikasi Profesi yang disebut LSP ECITB Indonesia.  Proses pembentukan LSP ECITB Indonesia ini pun berbuah manis dengan persetujuan dan lisensi dari BNSP tanggal 12 Juni 2013, yang diresmikan langsung oleh Menakertrans, Bapak Muhaimin Iskandar.

Visi Misi

Visi LSP ECITB Indonesia :

Berkomitmen untuk meningkatkan kesadaran akan kesehatan dan keselamatan di seluruh Indonesia dengan standar yang diakui secara Internasional (NOS-UK). LSP ECITB Indonesia akan memberikan kualitas dan konsistensi dalam semua aspek untuk penyediaan asessmen Kesehatan dan Keselamatan Kerja.

Misi LSP ECITB Indonesia :

Attract: Memikat para Pengusaha dan Individu untuk berpartisipasi dalam peningkatan kesadaran Kesehatan dan  Keselamatan

Develop: Menetapkan asesmen kompetensi dan menyusun standar kerja untuk mengembangkan pengusaha dan individu di seluruh Indonesia menuju pengakuan standar Kesehatan dan Keselamatan secara internasional

Qualify: Mengkualifikasi Warga Negara Republik Indonesia dan memberikan pengakuan kompetensi individu di bidang Kesehatan dan Keselamatan melalui Jaminan Mutu oleh ECITB dan Skema Paspor Keselamatan dan Kesehatan Internasional yang berlaku dimana saja dan demi peningkatan keberterimaan kerja.

LSP ECITB Indonesia memberikan  Tiga (3) program Sertifikasi International Health and Safety Passport  / Paspor Kesehatan dan Keselamatan Internasional, yaitu :

1. Sertifikasi Foundation  /  Dasar
2. Sertifikasi Advance / Lanjutan
3. Sertifikasi Supervisor / Pengawas

 

Sumber: lspecitb.co.id


Layanan - LSP ECITB - Lembaga Sertifikasi Profesi Engineering Construction Industry Training Board

Layanan Publik - Instansi