AKINDO - Akademi Komunikasi Indonesia

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

SEJARAH

Akademi Komunikasi Indonesia (AKINDO) merupakan sekolah vokasi di bidang komunikasi yang berdiri pada tahun 1994. Program pendidikan yang diselenggarakan berbasis ilmu komunikasi terapan, yang bertujuan mendidik tenaga-tenaga professional ahli madya di bidang komunikasi untuk memenuhi kebutuhan pasar tenaga kerja tingkat menengah di era pasar bebas dunia masa depan dengan gelar Ahli Madya (Diploma 3).

Sebagai sekolah vokasi, AKINDO memiliki 3 program studi yang mengembangkan kompetensi-kompetensi berbasis kreatifitas untuk menghadapi tantangan dunia kreatif masa depan.Program Studi AKINDO meliputi Public Relations (Hubungan Masyarakat), Advertising (Periklanan), Broadcasting Radio-TV dan Film (Penyiaran)

Sejak tahun 2002 semua prodi telah mendapatkan status AKREDITASI dengan status terakhir Prodi Public Relations (Hubungan Masyarakat) terakreditasi A atau bintang satu, Advertising (Periklanan) terakreditasi B atau bintang dua dan Broadcasting  yang terdiri dari Penyiaran Radio dan Televisi serta konsentrasi  Film (Penyiaran) terakreditasi A atau bintang satu.

Tahun 2010, industri media dan komunikasi menjadi tren bisnis yang paling prospektif sebagaimana telah dicanangkan pemerintah sejak 2009 bahwa industri  kreatif menjadi salah satu prioritas pengembangan. Industri kreatif sebagai basis pengembangan program studi AKINDO diproses melalui  penggalian kekayaan intelektual berupa daya kreasi, daya cipta, dan bakat individu menjadi sebuah produk atau jasa yang laku di pasaran dan menciptakan banyak lapangan pekerjaan baru.

Empat belas (14) sektor yang masuk dalam industri kreatif : (1) Video, film dan fotografi, (2) Periklanan, (3) Musik, (4) Arsitektur, (5) Desain, (6) Televisi dan radio, (7) Fashion, (8) Pasar seni dan barang antik, (9) Kerajinan, (10) Penerbitan dan percetakan (11) Layanan komputer dan piranti lunak, (12) Permainan interaktif (13) Riset dan pengembangan (14) Seni pertunjukan. Dari 14 sektor tersebut, 10 diantaranya sudah dikembangkan dan masuk dalam kurikulum AKINDO.

Dengan demikian, menjadi insan-insan kreatif merupakan sebuah keharusan bagi generasi muda sekarang untuk bisa berkibar tinggi, hebat dan cemerlang dalam kancah dunia kreatif di masa depan. Industri kreatif memerlukan insan-insan berkualitas super dengan daya kreatif yang lebih dari manusia biasa untuk mampu bersaing dan unggul dalam pertarungan tersebut. Lewat program studi yang ada di AKINDO dengan basis industri kreatif akan membentuk dan menciptakan insan-insan Super Kreatif yang mampu tampil ke depan bahkan terbang tinggi menghadapi tantangan dunia kreatif di masa depan.

VISI MISI TUJUAN

VISI dan MISI

Visi

Program studi yang berbasis teknologi komunikasi di bidang komunikasi terapan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat informasi dalam menghadapi persaingan global dan perubahan lingkungan strategis dengan tetap mempertahankan identitas nasional.

Misi

Menjadi program studi yang menyiapkan dan menghasilkan sumber daya manusia professional di bidang komunikasi terapan dan selalu dapat menyesuaikan diri dengan tuntutan dan kebutuhan dunia kerja.

TUJUAN PENDIDIKAN

  • Menyelenggarakan proses belajar mengajar di bidang komunikasi terapan yang bermutu.
  • Mendidik mahasiswa untuk mampu menguasai teknologi informasi dan komunikasi baik hardwere maupun softwere.
  • Melakukan penelitian di bidang kounikasi pada umumnya dan komunikasi terapan pada khususnya.
  • Melakukan pelatihan kepada masyarakat sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.
  • Menjadi lembaga pendidikan di bidang komunikasi yang berkualitas dan terkemuka.

 

Sumber : akindo.ac.id


Layanan - AKINDO - Akademi Komunikasi Indonesia

Layanan Publik - Instansi