POLINES - Politeknik Negeri Semarang

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Sejarah

Lembaga Pendidikan ini didirikan atas dasar langkanya tenaga teknisi ahli madya  yang diperlukan oleh industri dan keberhasilan Politeknik mekanik Swiss dan ITB, yang didirikan pada tahun 1976.  Untuk itu tahun 1982 telah dioperasikan 6 buah Politeknik di USU Medan, UNSRI Palembang, UI Jakarta, ITB Bandung, UNDIP Semarang, dan UNIBRAW Malang dengan bantuan Bank Dunia sesuai dengan surat keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 03/Dj/Kep/1979.

Politeknik Universitas Diponegoro pada awal mulanya (1982) mempunyai tiga departemen/jurusan bidang keteknikan, yaitu,  Departemen/Jurusan Teknik Sipil, Departemen/Jurusan Teknik Mesin, dan Departemen /Jurusan  Teknik Elektro. Tahun 1985 dibuka  Jurusan Tata Niaga karena kebutuhan industri menuntut adanya tenaga terampil di bidang bisnis. Pada tahun 1989 terjadi pengembangan jurusan Elektro menjadi Jurusan Teknik Listrik dan Jurusan Teknik Elektronika/Telekomunikasi.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. : 313/O/1991 tanggal 6 Juni 1991 tentang Penataan Politeknik dalam lingkungan Universitas dan Institut Negeri maka pada tahun 1992 terjadi perubahan jurusan serta program studi sebagai berikut :

  1. Jurusan Teknik Sipil, dengan program studi : Konstruksi Gedung dan Konstruksi Sipil
  2. Jurusan Teknik Mesin, dengan program studi : Teknik Mesin dan Teknik Konversi Energi
  3. Jurusan Teknik Elektro, dengan program studi : Teknik Listrik, Elektronika dan Telekomunikasi
  4. Jurusan Akuntansi, dengan program studi : Akuntansi dan Perbankan
  5. Jurusan Administrasi Niaga, dengan program studi : Kesekretariatan dan Administrasi Perkantoran

Pada tanggal 6 Agustus tahun 1997 Politeknik Universitas Diponegoro dinyatakan mandiri dan lepas dari manajemen Universitas Diponegoro dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor : 175/O/1997 dengan nama POLITEKNIK NEGERI SEMARANG. Kemudian pada tanggal 31 Juli 2002 terbit surat keputusan Menteri Pendidikan Nasional nomor 134/O/2002 mengatur tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Negeri Semarang.

Visi dan Misi

VISI

Politeknik Negeri Semarang menjadi perguruan tinggi yang memajukan kemandirian teknologi dan bisnis bangsa Indonesia serta peradaban dunia.

MISI

Politeknik Negeri Semarang :

melaksanakan pendidikan tinggi bidang teknologi dan bisnis yang unggul, berkarakter dan berorientasi kewirausahaan;
melaksanakan penelitian terapan bidang teknologi dan bisnis serta penerapan teknologi masa depan secara keekonomian (techno-preneur research);
mengembangkan budaya masyarakat cerdas berpengetahuan melalui pemasyarakatan techno-preneur dan kerjasama;
meningkatkan kualitas manajemen institusi melalui perbaikan berkelanjutan berdasarkan prinsip tata kelola yang baik (good governance)

KEBIJAKAN MUTU

  1. Politeknik Negeri Semarang adalah lembaga pendidikan tinggi yang memiliki komitmen untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan (eksternal dan internal) melalui pelayanan akademik dan administrasi yang bermutu
  2. Untuk memenuhi tujuan di atas Politeknik Negeri Semarang melaksanakan perbaikan berkesinambungan berdasarkan prinsip Plan-Do-Check-Action
  3. Politeknik Negeri Semarang menerapkan dan meninjau sasaran mutu secara periodik sebagai ukuran keberhasilan dalam penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008
  4. Direktur dan seluruh staf bertekad mewujudkan tujuan kebijakan mutu ini.

 

Sumber: polines.ac.id


Layanan Publik - Instansi