Polibatam - Politeknik Negeri Batam

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Pengantar

A. Sekilas Tentang Kampus Politeknik Negeri Batam

Politeknik Negeri Batam (Polibatam) merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Vokasi di kawasan perdagangan dan pelabuhan bebas Batam, Bintan, dan Karimun Provinsi Kepulauan Riau. Selain terletak di salah satu kawasan pusat pertumbuhan ekonomi nasional, Polibatam juga terletak di wilayah terdepan dan terluar wilayah Negara Kesatuan republik Indonesia yang berbatasan langsung dengan perairan internasional. Pada awalnya Polibatam merupakan Perguruan Tinggi Swasta di bawah Yayasan Pendidikan Batam yang beranggotakan Otorita Batam, Institute Teknologi Bandung, Pemerintah Kota Batam, dan Universitas Riau. Seiring dengan perkembangan kinerja dan prestasi yang telah diraih selama satu dasawarsa, pada tanggal 18 Oktober 2010, Pemerintah melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 26 Tahun 2010 menetapkan secara resmi Polibatam menjadi PTN dengan nama Politeknik Negeri Batam. Dengan demikian mulai Tahun akademik 2011/2012, status mahasiswa dan lulusan Polibatam adalah mahasiswa dan lulusan Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Pemerintah.

kampus 2013Sebagai Perguruan Tinggi jalur vokasional yang berorientasi pada penguatan kemampuan praktek dan keterampilan mahasiswanya, proses pendidikan Polibatam didukung infrastruktur gedung yang sangat memadai. Gedung bebas asap rokok tersebut, berdiri kokoh diatas lahan seluas 12,5 Ha di pusat kota Batam, Batam Center. Gedung Utama tersebut merupakan pusat aktivitas manajemen, dosen dan proses kegiatan akademik dilakukan. Fasilitas digedung ini meliputi 20 ruang kelas, 29 laboratorium, perpustakaan, ruang administrasi, dan ruang layanan informasi serta berbagai sarana umum seperti masjid, kantin, dan auditroium yang cukup luas dengan daya tampung sekitar 1000 orang.

Politeknik Negeri Batam juga berupaya memperbanyak program beasiswa prestasi baik akademik maupun non-akademik serta bantuan pembiayaan kuliah sehingga dapat meningkatkan motivasi bagi para calon mahasiswa maupun mahasiswa dalam menimba ilmu dan mengasah skill secara sungguh sungguh selama mengikuti proses pembelajaran. Beasiswa yang ditawarkan kepada mahasiswa baru maupun mahasiswa aktif mulai tahun 2011 antara lain : Beasiswa Bidik Misi, Beasiswa PMDK, Beasiswa UMPN, Beasiswa Ujian Lokal, Beasiswa Bridging SMK, Beasiswa Prestasi Akademik, Beasiswa Bantuan Belajar, Beasiswa Prestasi Minat dan Bakat, dan Beasiswa Dari Industri/Pemda.

Politeknik Negeri Batam dalam perkembangannya mengalami beberapa kali perubahan status, pada awal berdirinya pada tahun 2000, Otorita Batam sebagai institusi yang melahirkan Politeknik Batam bersama 3 institusi, Institut Teknologi Bandung (ITB), Pemerintah Kota Batam (Pemko Batam), dan Universitas Riau (UNRI). Dasar Pendirian Politeknik Batam dengan Akta Pendirian Notaris Soehendro Gautama, SH, Tgl 30 Mei 2000 No 115 Yayasan Pendidikan Batam kemudian mendirikan Politeknik Batam. Gedung Pertama masih di Gedung Tongkang Pertamina di Batu Ampar.

Tahun 2001 Peresmian & Penandatanganan Prasasti Politeknik Batam oleh Mendiknas Dr. Yahya Muhaimin. Pada Tahun 2003 baru dimulai pendirian gedung Politeknik Batam di Batam Centre. Pada acara peletakan batu pertama pendirian gedung Polibatam dilakukan oleh bapak Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Bapak Prof. Malik Fajar. Wisuda angkatan pertama Polibatam juga pada tahun 2003.

Pada tahun 2004 ketiga program studi Teknik Informatika, Akuntansi, dan teknik Elektronika mendapatkan akreditasi B. Akreditasi 3 Program Studi, seluruh program studi memperoleh akreditasi B (007/Ban-PT/Ak-IV/Dipl-III/VII/2004).

Sejak tahun 2005 kegiatan belajar mengajar mulai Pindah di gedung kampus baru Politeknik Batam di Batam Center. dan pada tahun 2006 secara resmi gedung Politeknik Batam diresmikan oleh presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono. Kampus Polibatam mendapatkan ISO 9001:2000 pada tahun 2006 dilakukan penerapan sistem manajemen mutu dan ISO 9001:2000.

Jejak Langkah 2000

Pendirian Yayasan pendidikan Batam yang terdiri dari 4 unsur :

  1. Otorita Batam
  2. Institut Teknologi Bandung
  3. Pemerintah Kota Batam
  4. Universitas Riau

Dasar : Akta Pendirian Notaris Soehendro Gautama, SH, Tgl 30 Mei 2000 No 115 Yayasan Pendidikan Batam kemudian mendirikan Politeknik Batam

Jejak Langkah 2001

Peresmian & Penandatanganan Prasasti Politeknik Negeri Batam oleh Mendiknas Dr. Yahya Muhaimin

Jejak Langkah 2002

Kerja sama dengan Nahyang Polytechnic dalam program Pengembangan Kurikulum dan Teaching Specialist Skill

Jejak Langkah 2003

  • Peletakkan Batu pertama pemnbangunan gedung Politeknik  Batam di Batam Centre oleh Mendiknas Prof. Malik Fajar
  • Wisuda Angkatan Pertama

Jejak Langkah 2004

Akreditasi 3 Program Studi, seluruh program studi memperoleh akreditasi B (007/Ban-PT/Ak-IV/Dipl-III/VII/2004)

Jejak Langkah 2005

Pindah dan pengungganaan gedung kampus baru Politeknik Batam di Batam Center

Jejak Langkah 2006

  • Perpanjangan ijin penyelenggaraan 3 program studi di Politeknik Batam (No. 662-664/D/T/2006)
  • Peresmian gedung Politeknik Batam oleh presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono
  • Penerapan sistem manajemen mutu dan sertifikasi ISO 9001:2000

Jejak Langkah 2007

Penyesuaian Nama 3 program studi di Politeknik Batam menjadi D-3 Akuntansi, D-3 Teknik Elektronika, D-3 Teknik Informatika dibawah Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH)

Jejak Langkah 2008

Peleburan Politeknik Batam menjadi Fakultas Teknik UMRAH

Jejak Langkah 2009

  • Pengaktifan kembali Politeknik Negeri Batam dan berdiri sendiri terpisah dari UMRAH ( SK Mendiknas no 55/D/O/2009)
  • Perpanjagan ulang ijin penyelenggaraan 3 Program Studi di Politeknik Batam (3263/D/T/K-X/2009, 3264/D/T/K-X/2009, 3436/D/T/K-X/2009

Jejak Langkah 2010

  • Re-Sertifikat pertama dan migrasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2008
  • Perubahan status Politeknik Batam dari PTS menjadi PTN (Permendiknas No 26 tahun 2010)
  • Re-Akreditasi 3 program studi dengan borang baru, seluruh program studi memperoleh Akreditasi B ( No 26/BAN-PT/Ak-X/Dipl-III/XIII/2010, No 35/BAN-PT/Ak-X/Dipl-III/II/2011 )

Jejak Langkah 2011

  • Presiden Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono Meresmian Penegerian Politeknik Batam menjadi Politeknik Negeri Batam di Papua
  • Memperoleh penugasan dari Dirjen DIKTI untuk membuka 5 Program Studi baru; D-4 Teknik Mekatronika, D-4 Teknik Multimedia & Jaringan, D-4 Akuntansi Manajerial, D-4 Administrasi Bisnis dan D-3 Teknik Mesin, dan penerapan program Pengakuan Pembelajaran Lampau (PPL) untuk Program Studi Informatika.

B. Program Studi di Politeknik Negeri Batam

Politeknik Negeri Batam membuka pendaftaran program Diploma III dan program Sarjana Terapan melalui jalur UMPB. Program pendidikan Diploma III dapat diselesaikan oleh mahasiswa berkemampuan normal secara tepat waktu, sesuai dengan kurikulum selama 6 (enam) semester, untuk meraih gelar vokasi ahli madya. Sedangkan program Sarjana Terapan dapat diselesaikan oleh mahasiswa berkemampuan normal secara tepat waktu sesuai dengan kurikulum selama 8 (delapan) semester untuk meraih gelar sarjana sains terapan

C. Jurusan Di Politeknik Negeri Batam

Politeknik Negeri Batam, terdiri dari 4 Jurusan yang terdiri dari 8 Program studi baik Diploma 3 (D3) dan Sarjana Terapan/Diploma 4 (D4), serta 1 program Pengakuan Pembelajaran Lampau (PPL) Program Studi Teknik Informatika.

Adapun Jurusan Tersebut yaitu:

  1. Jurusan Teknik Mesin, terdiri dari Program studi Teknik Mesin
  2. Jurusan Teknik Elektronika, terdiri Program studi Teknik Elektronika (D3) dan Teknik Mekatronika (D4)
  3. Jurusan Teknik Informatika, terdiri dari Program studi Teknik Informatika (D3) dan Teknik Multimedia dan Jaringan (D4)
  4. Jurusan Manajemen Bisnis, terdiri dari Program studi Akuntansi (D3), Akuntansi Manajerial (D4) dan Administrasi Bisnis (D4)

D. Jadwal Kuliah di Politeknik Negeri Batam

Politeknik Negeri Batam saat ini membuka dua kelas perkuliahan yaitu;

  1. Kelas Reguler (Pagi), Jadwal Perkuliahannya mulai pukul 08.00 – 16.20 WIB dari hari Senin hingga hari Jum at.
  2. Kelas Karyawan (Malam), Jadwal Perkuliahannya mulai pukul 18.50 – 22.20 WIB dari hari Senin hingga hari Jum at.

E. Sumber Daya Manusia di Politeknik Negeri Batam

Sumber daya manusia di Politeknik Negeri Batam terdiri dari tenaga Pendidikan (Dosen) dan tenaga Non Kependidikan (Staff).

Adapun jumlah sumber daya manusia hingga tahun 2014 adalah sebanyak 206 orang, yang terdiri dari:

  1. Tenaga Kependidikan: 93 Orang
  2. Tenaga Non Kependidikan: 113 Orang

F. Jumlah Mahasiswa Aktif di Politeknik Negeri Batam Tahun Ajaran 2014/2015

Adapun jumlah total mahasiswa yang aktif hingga tahun ajaran 2014/2015 adalah 3129 Mahasiswa, yang terdiri dari:

  1. Mahasiswa Reguler: 1754 Mahasiswa
  2. Mahasiswa Karyawan : 1375 Mahasiswa

G. Catatan Prestasi Politeknik Negeri Batam

Aburobocon 2011Catatan Prestasi Tahun 2011

  1. Juara 2nd Runner up ABU Asia-Pacific Robo Contest 2011.
  2. Juara Umum Kontes Robot Nasional 2011 di UGM, Yogyakarta.
  3. Juara I Nasional KRI 2011 di UGM, Yogyakarta.
  4. Juara II Nasional KRCI Berkaki 2011 di UGM, Yogyakarta.
  5. Juara II Nasional KRCI Soccer Humanoid 2011 di UGM, Yogyakarta.

Catatan Prestasi Tahun 2012

  1. Juara II Nasional Kontes Robot Indonesia (KRI) di ITB Bandung.
  2. Juara III Nasional Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) Robo Soccer Humanoid League  (RSHL)    di ITB Bandung.
  3. Juara Desain Terbaik Nasional Kontes Robot Indonesia (KRI) di  ITB Bandung.
  4. Champion of the National University English Debates (NUEDC) Region X  di Pekanbaru.

Catatan Prestasi Tahun 2013

  • Juara III Nasional Kontes Robot Indonesia (KRI) di Semarang.
  • Juara Desain Terbaik Nasional Kontes Robot Indonesia (KRI) di Semarang.
  • Runner-Up of the Story Telling Championship of the National Polytechnic English Olympics (NPEO), di Politeknik Perkapalan Surabaya.
  • Braking Team of the National University Debates Championship(NUDC), Politeknik Sriwijaya, Palembang.
  • Tim Robot Politeknik Negeri Batam Berlomba di Lomba KRI/KRCI Tingkat Regional 1 Sumatera Tahun 2013 Di Lampung.
  1. Tim Barelang 5.3 Juara 1 Kontes Robot Indonesia (KRI).
  2. Tim Barelang 4.3 Juara 1 Kontes Robot Sepakbola Indoensia (KRSBI).
  3. Tim Barelang 3.3 Juara 1 Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) Kategori Beroda.
  4. Tim Barelang 2.3 Juara 1 Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) Kategori Berkaki.
  5. Dan Tim Barelang 5.3 Juara Algoritma Terbaik KRI.
  • Program Wirausaha Mahasiswa Polibatam “Rumah Pintar” Masuk Nominasi Batam Pos Entrepreneur Award 2013.
  • Mahasiswa Teknik Mesin Polibatam  Juara National Welding CompetitionTingkat Region III Sumatera Tahun 2013.
  • Mahasiswa Teknik Mesin Polibatam Juara 3 dan Harapan Nasional Welding Competition 2013 di Surabaya.
  • Mahasiswa Polibatam Lolos Menjadi Anggota Komunitas Muda Nuklir Nasional Tahun 2013.
  • UKM Kuas Polibatam Presentasi Tari Jaipong di Politeknik Singapore Tahun 2013.

Catatan Prestasi Tahun 2014

  1. Juara I dan Desain Terbaik Kontes Robot Abu Indonesia (KRAI) Regional 1 Sumatera Tahun 2014, di Padang.
  2. Juara III Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) Regional 1 Sumatera Tahun 2014, di Padang.
  3. Juara Pemograman Kreatif I di Lomba PLC Tingkat Nasional 2014, Bandung.
  4. Penghargaan "Exellence TeSCA Achiever" 2014, Jakarta.
  5. Juara "The Best Speaker" NUEDC di Regional Sumatera Kopertis X Tahun 2014.
  6. Juara 3 Tingkat Nasional Kategori "Web Design Contest" di Ajang Kompetisi Business Administration Contest 2014 (BAC 2014), di Politeknik Negeri Semarang.
  7. Juara ke-4 Tingkat Nasional dalam Kategori "Secretarial Contest" di Ajang Kompetisi Business Administration Contest 2014 (BAC 2014), di Politeknik Negeri Semarang.
  8. Juara 1 dan Juara 2 Nasional Animasi Budaya Lokal Gemastik 7 Tahun 2014, Di UGM.
  9. Juara III Teknologi Tepat Guna Tingkat Kota Batam Tahun 2014.
  10. Juara III – Energi Poltek "Keripik Keladi" di International Maritime Festival 2014.
  11. Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) dan Pertukaran Pemuda Indonesia (PPI), Perwakian Kepri ke Kanada Tahun 2014.
  12. Best Speaker for Regional X / Juara I tingkat Politeknik di National University English Debating Competition Mawapres Tingkat Politeknik Tahun 2014.

Catatan Prestasi Tahun 2015

  1. Juara 2 Lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) Krenova dan Unggulan Tahun 2015 Tingkat Kota Batam.
  2. "Best Speaker" Lomba NPEO (National Polythecnic English Olympic) 2015 di Makasar.

Visi dan Misi

Visi

"Menjadikan Politeknik Negeri Batam sebagai perguruan tinggi berbasis kompetensi terbaik di kawasan regional"

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan vokasi terbaik di Indonesia
  • Melakukan riset aplikatif berbasis kemitraan dengan industri dan masyarakat
  • Melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat
  • Menyelenggarakan tata kelola organisasi yang baik

Tujuan dan Sasaran Strategis

NO TUJUAN SASARAN
1

Menghasilkan lulusan yang kompeten, adaptif, bermotivasi, mandiri dan menjunjung tinggi etika

Tersediannya kurikulum, tenaga pendidik dan laboratorium yang berbasis standar kompetensi.Terselenggaranya perluasan program pendidikan berbasis kebutuhan dan eksesibilitas masyarakat.

Terwujud sistem pendidikan yang mengakomodasi perkembangan teknologi, menjunjung tinggi etika dan menumbuhkan semangat kewirausahaan

2

Menghasilkan riset apliklatif bermitra dengan industri dan masyarakat

Terwujudnya jenjang kerjasama yang termanfaatkan

Terwujudnya budaya riset dan diseminasi hasil riset

3

Berperan aktif dalam upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat

Terbangunnya kepekaan sosial sivitas akademika terhadap permasalahan yang dihadapi masyarakat

Terselenggaranya kegiatan pemberdayaan yang memberikkan nilai tambah secara berkelanjutan kepada masyarakat

4

Mewujudkan organisasi yang mandiri, efektif, efisien dan akuntabel

Terwujudnya organsisasi yang selalu tumbuh dengan sistem manajemen mutu yang berkesinambungan

Terwujudnya sistem tata kelola yang berbasis pada pemanfaatan Teknologi Informasi

Tercapainya laporan keuangan berpredikat wajar tanpa pengecualian

 

Sumber : polibatam.ac.id


Layanan - Polibatam - Politeknik Negeri Batam

Layanan Publik - Instansi