POLITANI Samarinda - Politeknik Pertanian Negeri Samarinda

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Profil Politeknik Negeri Samarinda

Politeknik Pertanian didirikan pada 6 Pebruari 1989 sebagai anak organisasi yang menginduk kepada Universitas Mulawarman dengan nama Politeknik Pertanian Bidang Studi Kehutanan Universitas Mulawarman. Tahun 1997 Politeknik Pertanian sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 087/O/1997, tanggal 25 April 1997 tentang Pendirian Politeknik Pertanian Negeri Samarinda, secara resmi memisahkan diri dari Universitas Mulawarman dan menjadi Politeknik Pertanian Negeri Samarinda.  Dengan beralamatkan di Jln. Samratulangi PO BOX 193 Sungai Keledang Kec. Samarinda Seberang, menempati areal seluas 28,1 Ha.

Dalam rangka menuju kemandirian, Politeknik Pertanian Negeri Samarinda (POLiTANI) merupakan nama baru yang dipakai sebagai pengganti nama sebelumnya yaitu Politeknik Pertanian Universitas Mulawarman (POLITANI UNMUL). Penggantian nama ini dilakukan sebagai syarat kemandirian yang disyahkan dengan SK.MENPEN No.B-703/I/1995 tanggal 30 Juni 1995. sejak saat berdirinya sampai saat ini POLTANI memiliki 8 Program Studi yakni PS. Budidaya Tanaman Perkebunan (BTP), PS. GeoInformatika (GI), PS. Manajemen Hutan (MH), PS. Manajemen Lingkungan (ML), Teknologi Hasil Hutan (THH), Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan (TPHP), Manajemen Informatika (MI), Manajemen Perkebunan (MP),  dengan jenjang pendidikan Program Diploma III (D-III) dan Diploma IV (D-IV.

Selanjutnya....

Visi & Misi

Visi

Menjadi institusi  pendidikan tinggi vokasi yang unggul secara komparatif dan kompetitif bertaraf nasional.

Misi

  • Menghasilkan lulusan yang bermoral, tangguh, terampil, unggul, dan berjiwa wirausaha.
  • Mendorong kemajuan penelitian terapan yang menopang pendidikan dan kemajuan ilmu, teknologi bidang pertanian.
  • Meningkatkan pengabdian kepada masyarakat atas dasar tanggung jawab sosial.
  • Menjalin kerjasama secara berkelanjutan dengan lembaga pendidikan, lembaga penelitian terapan, pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat.
  • Mengembangkan organisasi POLTANESA yang sesuai dengan tuntutan zaman serta meningkatkan manajemen yang transparan dan berkualitas secara berkelanjutan.

 

Sumber: politanisamarinda.ac.id