Polinema - Politeknik Negeri Malang

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Sekilas Polinema

Politeknik Negeri Malang adalah institusi pendidikan vokasi di Malang, Jawa Timur. Malang adalah kota terbesar kedua di Jawa Timur. Kota yang sejuk ini merupakan tempat yang nyaman untuk belajar karena Malang dikenal sebagai kota yang tenang. Selain itu, Malang memiliki beberapa institusi pendidikan berkualitas yang memberikan beragam pilihan program studi.

Politeknik Negeri Malang atau yang dikenal dengan Polinema adalah salah satu institusi pendidikan yang menawarkan berbagai program studi baik dalam bidang rekayasa maupun jasa. Saat ini Polinema memiliki 6 jurusan dan 17 program studi dengan program diploma 3 dan diploma 4.

Sistem pendidikan di Polinema fokus pada mempersiapkan lulusan dengan ketrampilan dan kompetensi yang dibutuhkan industri. Sistem pendidikan di Polinema terdiri dari 40% teory dan 60% praktek melalui Kurikulum Berbasis Kompetensi 5+1 untuk mahasiswa diploma 3, dan 7+1 bagi mahasiswa diploma 4.

Mahasiswa Polinema diarahkan untuk lebih banyak melakukan praktek di laboratorium dan Bengkel yang tersedia. Selain itu, Polinema menyelenggarakan pendidikan dalam kelas kecil, 1 kelas maksimum terdiri dari 30 mahasiswa. Pengalaman belajar di Polinema menekankan pada pembentukan soft skills untuk membangun kejujuran, kepemimpinan, kedisiplinan, kerja tim dan budaya kerja cerdas. Selain mendapatkan hard skills berupa kemampuan akademik, mahasiswa juga mendapatkan pendidikan karakter yang penting sebagai bekal memasuki dunia kerja.

Sejarah Singkat

Politeknik Negeri Malang, awalnya bernama Program Pendidikan Diploma Bidang Teknik, Universitas Brawijaya, dibuka berdasarkan Surat Keputusan Dirjen DIKTI, MENDIKBUD No. 03/DJ/Kep/1979, didirikan oleh Pemerintah Indonesia melalui dana Bank Dunia dengan Tenaga Ahli dari Swiss. Pada tahun 1982, Susunan Organisasinya diatur melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 59 Tahun 1982, bernama Fakultas Non Gelar Teknologi, Universitas Brawijaya dan mulai menerima mahasiswa angkatan I melalui 4 (empat) jurusan, yaitu Jurusan Teknik Elektronika, Jurusan Teknik Listrik, Jurusan Teknik Mesin, dan Jurusan Teknik Sipil.

Pada tahun 1986 dibuka Jurusan Teknik Telekomunikasi, Jurusan Akuntansi, dan Jurusan Administrasi Niaga. Jurusan Akuntansi dan Jurusan Administrasi Niaga mendapatkan bantuan dari The Australian Project dengan Tenaga Ahli dari Australia. Kemudian pada tahun 1987 dibuka Jurusan Teknik Kimia.

Melalui Surat Keputusan MENDIKBUD No. 0313/O/1991 tentang Penataan Politeknik dalam lingkungan Universitas dan Institut Negeri, maka Politeknik Malang ditetapkan sebagai institusi yang berada di lingkungan Universitas Brawijaya dan bernama Politeknik Universitas Brawijaya yang menyelenggarakan program pendidikan Diploma III (D-III) dengan 6 (enam) Jurusan:

  1. Jurusan Teknik Sipil, Program Studi Konstruksi Gedung dan Program Studi Konstruksi Sipil;
  2. Jurusan Teknik Mesin, Program Studi Teknik Mesin;
  3. Jurusan Teknik Elektro, Program Studi Teknik Listrik, Program Studi Teknik Elektronika, dan Program Studi Teknik Telekomunikasi;
  4. Jurusan Teknik Kimia, Program Studi Teknik Kimia;
  5. Jurusan Akuntansi, Program Studi Akuntansi;
  6. Jurusan Administrasi Niaga, Program Studi Kesekretariatan dan Administrasi Perkantoran.

Selanjutnya berdasarkan Surat Keputusan MENDIKNAS No. 147/O/2004, Politeknik Universitas Brawijaya telah memperoleh status kemandirian dengan nama menjadi Politeknik Negeri Malang (POLINEMA).

Guna memenuhi kebutuhan stake holders, sejak tahun 2004 telah dikembangkan Program Studi baik Program Diploma III (D-III) maupun Program Diploma IV (D-IV) seperti berikut:

Tahun Jurusan Program Studi Surat Ijin Dirjen DIKTI
2004 Teknik Sipil D-IV Manajemen Rekayasa Konstruksi No: 3803/D/T/2004
2005 Teknik Elektro D-III Manajemen Informatika No: 2001/D/T/2005
2005 Teknik Mesin D-IV Teknik Otomotif Elektronik No: 2964/D/T/2005
2006 Teknik Elektro D-IV Sistem Kelistrikan No: 1920/D/T/2006
2006 Akuntansi D-IV Akuntansi Manajemen No: 2690/D/T/2006
2006 Administrasi Niaga D-IV Pemasaran No: 3414/D/T/2006
2009 Teknik Elektro D-IV Teknik Elektronika No: 1522/D/T/2009
2009 Teknik Elektro D-IV Teknik Jaringan Telekomunikasi Digital No: 4679/D/T/2009
2010 Teknik Elektro D-IV Teknik Informatika No: 50/D/O/2010



Visi & Misi

Visi

Menjadi perguruan tinggi vokasi yang unggul dalam persaingan global

Misi

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan vokasi yang berkualitas, inovatif, dan berdaya saing global sesuai kebutuhan industri, lembaga pemerintah, dan masyarakat;
  2. Menyelenggarakan penelitian terapan dan pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kesejahteraan masyarakat;
  3. Menyelenggarakan sistem pengelolaan pendidikan dengan berdasar pada prinsip-prinsip tata pamong yang baik; dan
  4. Menciptakan suasana akademik yang kondusif untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia dan pembelajaran yang mendorong pola pembelajaran seumur hidup dan tumbuhnya jiwa kewirausahaan.

 

Sumber : polinema.ac.id


Layanan Publik - Instansi