PNM - Politeknik Negeri Madiun

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Profil Politeknik Negeri Madiun

Politeknik Negeri Madiun(PNM) merupakan satu-satunya politeknik negeri di wiliayah barat Jawa Timur. Kota Madiun yang terkenal memiliki makanan khas Nasi Pecel dan Brem adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota ini terletak 160 km sebelah Barat Kota Surabaya atau 111 km sebelah Timur Kota Surakarta.PNM memiliki 2 Kampus, Kampus I beralamat di Jalan Serayu No 84, Pandean, Madiun seluas 7000m2 dengan luas gedung 4428 m2 dan Kampus II di Jalan Ring Road, Kelurahan Winongo, Kecamatan Manguharjo menempati lahan seluas 12.164 m2. PNM menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam beberapa bidang pengetahuan dan keahlian khusus.

Proses pembelajaran pada bidang hard skill dicapai melalui penerapan konsep learning by doing yang mengkolaborasikan teori dan praktek yang disampaikan melalui Kurikulum Berbasis Kompetensi untuk Program Diploma III.

Guna menjamin tercapainya tujuan pembelajaran, diterapkan ukuran kelas kecil 26 mahasiswa per kelas untuk Jurusan Rekayasa dan 30 mahasiswa per kelas untuk Jurusan Tata Niaga. Penekanan pada bidang soft skill diarahkan untuk mencapai karakter kejujuran, kepemimpinan, kedisiplinan, kerja sama tim, dan kecerdasan dalam bekerja (works smart).

Karakter tersebut selalu dikembangkan, karena telah teruji berhasil mengatasi tantangan di masa lampau, handal dalam menghadapi tantangan masa kini, dan diyakini akan mampu melampaui tantangan di masa depan. Karakter kedisiplinan dibentuk melalui pendidikan dasar kedisiplinan di Lembaga Pendidikan Kemiliteran pada saat penerimaan mahasiswa baru.

Sejarah Politeknik Negeri Madiun

Pada tahun 2003, Pemerintah Kota Madiun melalui Yayasan Perguruan Tinggi Pemerintah (YPTP) Kota Madiun mendirikan Politeknik di Jalan Serayu nomor 84 Kelurahan Pandean Kecamatan Taman, Kota Madiun. Politeknik Madiun didirikan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No.99/D/0/2003 tertanggal 9 Juli 2003. Mulai tahun akademik 2003/2004 Politeknik Madiun diberikan ijin untuk menyelenggarakan program studi Diploma III. Ijin yang diberikan berlaku untuk 6 (enam) program studi (prodi) yang terbagi dalam dua bidang, yaitu Bidang Tata Niaga yang terdiri dari Prodi Bahasa Inggris Bisnis, Administrasi Bisnis, dan Komputerisasi Akuntansi, serta Bidang Rekayasa yang terdiri dari Prodi Teknik Mesin Otomotif, Teknik Komputer Kontrol dan Teknik Listrik Industri.

Mulai tahun 2010, masyarakat Madiun bersama Pemerintah Kota Madiun dan DPRD Kota Madiun serta didukung oleh Gubernur Jawa Timur mengusulkan status penegerian Politeknik Madiun.

Setelah melalui proses yang panjang yang diikuti penyerahan aset yang melekat pada Politeknik Madiun dan tanah seluas 10 ha yang terletak di Kelurahan Winongo Kecamatan Manguharjo Kota Madiun, maka pada tanggal 29 Oktober 2012 terjadi perubahan status dari Politeknik Madiun menjadi Politeknik Negeri Madiun. Perubahan tersebut berdasar pada Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2012 tentang Pendirian Organisasi Dan Tata Kerja Politeknik Negeri Madiun dan diperkuat dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 283/E/O/2013 tanggal 23 Juli 2013 tentang Izin Penyelenggaraan Program Studi Pada Politeknik Negeri Madiun. Dalam Peraturan Menteri tersebut dinyatakan bahwa Politeknik Negeri Madiun (PNM) memiliki 3 (tiga) Jurusan yaitu Jurusan Administrasi Bisnis, Jurusan Komputerisasi Akuntansi dan Jurusan Teknik dengan 5 (lima) Program Studi : Administrasi Bisnis, Komputerisasi Akuntansi, Mesin Otomotif, Teknik Komputer Kontrol, dan Teknik Listrik.

Saat ini Politeknik Negeri Madiun menempati kampus 1 (satu) yang terletak di Jalan Serayu No. 84 Madiun. Sedangkan kampus 2 (dua) direncanakan akan dibangun di Kelurahan Winongo Kecamatan Manguharjo pada areal sekitar 10 ha.

Visi dan Misi Politeknik Negeri Madiun

Visi

Menjadi lembaga pendidikan vokasi berdaya saing Nasional Tahun 2032.

Misi

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan vokasi yang berkualitas dan inovatif
  2. Menyelenggarakan penelitian terapan dan pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat bagi  pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kesejahteraan masyarakat
  3. Menyelenggarakan sistem pengelolaan pendidikan tinggi berdasar pada prinsip-prinsip tata kelola yang baik
  4. Menyelenggarakan dan mengembangkan kerjasama produktif antar lembaga

 

Sumber: pnm.ac.id


Layanan - PNM - Politeknik Negeri Madiun

Layanan Publik - Instansi