Polman Babel - Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Profil

18 Oktober 2010, berdasarkan Peraturan Menteri No.25 Tahun 2010 tentang Pembentukan Organisasi Tata Kerja Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung, Politeknik Manufaktur Timah secara resmi berubah dari institusi pendidikan tinggi vokasi swasta menjadi perguruan tinggi negeri bernama Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung [POLMAN BABEL].

Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung bermula dari Politeknik Manufaktur Timah, sebuah institusi pendidikan tinggi yang didirikan oleh PT. Timah, Tbk. enam belas tahun yang lalu. Dengan tujuan pendirian sebagai sumbangsih perusahaan di bidang pendidikan, Polman Timah berkiprah dan meluluskan lebih dari 1400 alumni yang telah terserap ke berbagai sektor pekerjaan, dari industri nasional, perusahaan-perusahaan multi nasional, perusahaan internasional, maupun sektor usaha mandiri atau wirausaha.Lulusan Polman Timah tidak saja diterima di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri. Banyak dari alumni-alumni Polman bekerja di Singapura, Qatar, Arab Saudi, Australia, dan negara-negara lainnya.

Program Pendidikan  Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung

Jurusan Teknik Mesin:

1. Program Studi Diploma III Teknik Perawatan dan Perbaikan Mesin.
2. Program Studi Diploma III Teknik Perancangan Mekanik.

Jurusan Teknik Elektro dan Informatika:

1. Program Studi Diploma III Teknik Elektronika.

Sejarah Polman Babel

Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung [POLMAN BABEL] bermula dari Politeknik Manufaktur Timah yang didirikan pada tahun 1994 oleh PT. Timah Tbk. melalui Yayasan Polman Timah dengan asistensi dari Politeknik Manufaktur Bandung.
PT. Timah Tbk. sebagai perusahaan pertambangan timah disekitar kepulauan Bangka Belitung telah beroperasi lebih dari seabad yang silam. Sebagai perusahaan yang memperdulikan lingkungan dan pengembangan masyarakat sangat peduli terhadap peningkatan kualitas SDM, baik secara internal maupun diluar lingkup perusahaan. Salah satu bentuk nyata perusahaan dalam kepedulian tersebut diwujudkan dalam pendirian lembaga pendidikan formal yang berbentuk politeknik. Diyakini bahwa untuk masa depan pengembangan industri baik di kawasan barat Indonesia maupun Indonesia secara keseluruhan masih sangat membutuhkan tenaga ahli terampil (skillful technician), sedangkan dilain pihak institusi pendidikan yang baik dibidang ini belum banyak tersedia karena berbagai alasan termasuk diantaranya karena tingginya investasi yang diperlukan. Dipihak lain, disadari bahwa sudah waktunya dimulai mendiversifikasi kegiatan usaha di daerah Bangka Belitung yang selama ini masih didominasi oleh kegiatan usaha pertambangan timah. Oleh karena itu mempersiapkan SDM adalah sangat mutlak di perlukan, dan Politeknik Manufaktur Timah adalah alternative pilihan yang diambil dengan program studinya adalah Teknik Perawatan Mesin, Teknik Perancangan Mekanik, dan Teknik Otomasi

Visi dan Misi

Polman Babel merupakan lembaga pendidikan vokasional di bidang Manufaktur yang berorientasi pada keahlian dan keilmuan untuk menunjang perkembangan industri dan masyarakat, melaksanakan fungsi Tri Dharma Perguruan Tinggi-nya dengan visi dan misi sebagai berikut:

Visi

Menjadi lembaga pendidikan dan pelatihan terutama di bidang keteknikan yang unggul di tingkat nasional maupun internasional.

Misi

1. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan secara efektif dan efisien guna menghasilkan tenaga ahli terutama dibidang keteknikan dan bidang lainnya yang mampu bersaing di era globalisasi.

2. Menyelenggarakan penelitian terapan dan pengabdian kepada masyarakaat yang tepat guna melalui pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK).

3. Menyelenggarakan layanan jasa dan produksi dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki untuk pengembangan dan kemajuan organisasi.

 

Sumber: polman-babel.ac.id


Layanan - Polman Babel - Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung

Layanan Publik - Instansi