POLITALA - Politeknik Negeri Tanah Laut

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Sejarah singkat

Politeknik Tanah Laut (Politala) merupakan sebuah perguruan tinggi yang didirikan dan diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Tuntung Pandang Berseri Pelaihari bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Tanah Laut. Pendirian Politala merupakan wujud keinginan dan kesepahaman bersama antara Pemerintah Daerah dan masyarakat Kabupaten Tanah Laut yang melihat kenyataan bahwa di daerah ini sangat membutuhkan sebuah perguruan tinggi dengan mempertimbangkan berbagai aspek, antara lain

(1) jumlah lulusan SLTA yang setiap tahunnya berkisar antara 1.800—2.000 orang siswa,

(2) semakin kritisnya kondisi alam akibat industri tambang, dan

(3) semakin banyaknya berdiri perusahaan yang bergerak di bidang industri.

Proses perintisan pendirian perguruan tinggi di Kabupaten Tanah Laut sebenarnya telah dimulai sejak tahun 2006 dengan melibatkan Pemerintah Daerah, Dewan Pendidikan, Dunia Usaha dan Industri, dan tokoh-tokoh masyarakat di Kabupaten Tanah Laut. Akan tetapi, karena berbagai kendala teknis, baru pada penghujung tahun 2008 usaha tersebut tampak mulai membuahkan hasil setelah beberapa kali pengajuan usul pendirian ke Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan Nasional (Ditjen Dikti Kemdiknas) dengan proposal yang berbeda. Kemudian, berdasarkan hasil studi kelayakan di lapangan, akhirnya dapat ditentukan bentuk dan jenjang perguruan tinggi yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan daerah. Sejak itu, maka disepakatilah Politeknik Tanah Laut (Politala) sebagai pilihan utama.

Setelah segala persyaratan administratif terpenuhi, pengajuan usul pendirian Politala kemudian mendapatkan respon yang positif dari pihak Ditjen Dikti Kemdiknas dengan mengeluarkan Izin Operasional Pendidikan bertanggal 25 September 2009. Setelah resmi mendapatkan izin dari Pemerintah, penerimaan mahasiawa pun dibuka dengan tiga program studi (prodi), yaitu Prodi Teknik Informatika (TI), Teknologi Industri Pertanian (TIP), dan Mesin Otomotif (MO). Pembukaan ketiga prodi tersebut dimulai sejak tanggal 4 Agustus 2009 dengan jumlah mahasiswa tahun pertama (Tahun Akademik 2009/2010) sebanyak 110 orang. Adapun sumber dana operasional pada tahun pertama tersebut berasal dari biaya pendaftaran dan SPP mahasiswa semester pertama, sumbangan Dunia Usaha dan Industri, dan hibah dari Pemerintah Kabupaten Tanah Laut.

Tujuan & Sasaran

Tujuan Umum

Politala mempunyai tujuan umum mengembangkan manusia yang berilmu, profesional, religius, memiliki etika, dan integritas terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Politala mempunyai tujuan khusus :

  1. Terselenggaranya pendidikan vokasi yang bermutu.
  2. Menghasilkan lulusan yang kompeten pada bidangnya.
  3. Menghasilkan lulusan yang kreatif dan mandiri untuk menciptakan lapangan kerja.
  4. Menghasilkan penelitian yang berorientasi pada paten dan publikasi baik secara nasional maupun internasional.
  5. Terselenggaranya pengabdian masyarakat untuk meningkatkan kehidupan yang layak dan daya saing masyarakat di daerah melalui penerapan hasil penelitian.
  6. Meningkatnya kuantitas dan kualitas tridarma perguruan tinggi melalui peningkatan hubungan kemitraan dan kerjasama dengan perguruan tinggi.
  7. Meningkatnya kuantitas penelitian dan keterserapan lulusan melalui peningkatan hubungan kemitraan dan kerjasama dengan lembaga pemerintah, dunia usaha dan industri.

Sasaran, target, dan kegiatan strategis meliputi program:

  1. pemerataan dan perluasan akses pendidikan;
  2. perluasan kesempatan belajar;
  3. peningkatan mutu, relevansi, dan daya saing;
  4. peningkatan mutu dan kesejahteraan pendidik dan tenagakependidikan;
  5. peningkatan kualitas penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan publikasi ilmiah;
  6. penguatan tata kelola dan organisasi; dan
  7. pengawasan dan pengendalian internal manajemen.

Visi

Terdepan dalam pengembangan ilmu, teknologi dan industri (Leading in developing science, technology, and industry)

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan vokasi yang bermutu, untuk menghasilkan lulusan yang kompeten, kreatif, mandiri, dan berjiwa wirausaha.
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian yang berkualitas dengan orientasi pemanfaatan ilmu terapan dan teknologi.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daya saing daerah.
  4. Meningkatkan kemitraan dengan perguruan tinggi, lembaga pemerintah, dunia usaha dan industri dalam pengembangan dan penyiapan sumber daya manusia.

 

Sumber: politala.ac.id


Layanan - POLITALA - Politeknik Negeri Tanah Laut

Layanan Publik - Instansi