PNK - Politeknik Negeri Kupang

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Sejarah PNK

Politeknik Negeri Kupang (PNK) berkedudukan dalam kampus Universitas Nusa Cendana jalan Adi Sucipto Penfui Kupang dan menempati area seluas 55.700 m2, didirikan pada tahun 1985. PNK yang sebelumnya Politeknik Undana Kupang (di bawah naungan Universitas Nusa Cendana) dengan surat keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No. 80/DIKTI/Kep/1985 merupakan salah satu dari 17 Politeknik yang bersamaan didirikan yang berkedudukan di 17 kota di Indonesia. Pada awal berdidirnya PNK mempunyai dua Program Studi, yaitu Program Studi Teknik Sipil dan Program Studi Teknik Mesin dengan Program Diploma 2 (DII). Sejalan dengan pesatnya pembangunan nasional dan perkembangan industri di Indonesia, pada tahun 1998 dibuka Program Studi Teknik listrik dengan Program Diploma 2 (DII). Dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan No. 331/DIKTI/Kep/1998, pada tanggal 16 September 1998, ketiga Program Studi tersebut diatas berubah status menjadi Program Diploma 3 (DIII). Pembentukan Program Studi Diploma 3 (DIII) Administrasi Niaga dengan Surat Keptutsan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan No. 248/DIKTI/Kep/1998 tanggal 20 Juli 1998 dan pembentukan Program Studi Diploma 3 (DIII) Akuntansi dengan Surat Keptutsan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan No. 241/DIKTI/Kep/1998 tanggal 7 Agustus 1998. Pada tanggal 2 Agustus 2007 dengan surat ijin Penyelenggaraan Program Studi Dirjen DIKTI Departemen Pendidikan Nasional No. 2102/D/T/2007 PNK membuka Program Studi Diploma 4 (DIV) Teknik Perancangan Irigasi dan Penanganan Pantai dan Teknik Perancangan dan Pemeliharaan Jalan dan Jembatan dimana Program Studi ini adalah merupakan Program Alih Jenjang dari DIII ke DIV. Berdasarkan keputusan Dirjen DIKTI Departemen Pendidikan Nasional No. 1775/D/T/2009, tanggal 5 Oktober 2009, PNK membuka Program Studi Manajemen Perusahaan dan Program Studi Akuntansi Sektor Publik yang penyelenggaraannya dimulai pada Tahun Akademik 2010/2011. Sebagai lembaga pendidikan profesional, pada awal pendiriannya para calon staf pengajar PNK telah mendapatkan pendidikan khusus selama 10 bulan di Pusat Pengembangan Pendidikan Politeknik Bandung untuk menyeragamkan pola pembelajaran program pendidikan Politeknik di seluruh Indonesia. Sejak Pendiriannya hingga tahun 2004, PNK berada dibawah pembinaan Universitas Nusa Cendana Kupang. Namun sejak dikeluarkannya SK Dirjen DIKTI No. 148/O/2004, tanggal 22 November 2004, PNK secara resmi berdiri sendiri dan bertanggung jawab langsung kepada Dirjen DIKTI Departemen Pendidikan Nasional.

Visi dan Misi

Visi PNK

Visi PNK adalah : “Menjadi lembaga pendidikan tinggi vokasional yang mampu menghasilkan lulusan yang kompeten dalam bidang keahlian terapan, unggul dalam teknologi dan niaga berstandar internasional”.

Misi PNK

  1. Menyelenggarakn program pendidikan diploma untuk menghasilkan sumber daya manusia (SDM) sesuai standar kompetensi nasional dan internasional yang memiliki orientasi pada kebutuhan pasar kerja dalam bidang Rekayasa dan Tata Niaga.
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian untuk menjadi landasan pengembangan serta sumber penggerak pelaksanaan kegiatan pendidikan.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat untuk membantu masyarakat dalam pengembangan pengetahuan tertentu, pemecahan permasalahan yang ada serta menjadi dasar penguatan kegiatan pendidikan.
  4. Mengembangkan mutu tenaga pendidik melalui pemberdayaan dan pengembangan potensi secara berkelanjutan.
  5. Mengembangkan mutu manajemen institusi melalui pemberdayaan dan pengembangan organisasi berdasarkan prinsip tata kelola yang baik (good governance).
  6. Mengembangkan jejaring alumni dan kemitraan dengan lembaga pemerintah, industri dan asosiasi profesi dalam pengembangan pendidikan dan pelatihan ilmu pengetahuna dan teknologi.

 

Sumber: pnk.ac.id


Layanan - PNK - Politeknik Negeri Kupang

Layanan Publik - Instansi