POLIUPG - Politeknik Negeri Ujung Pandang

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Sejarah

Politeknik Negeri Ujung Pandang, dulu bernama Politeknik Negeri Ujung Pandang UNHAS yang berdiri sejak tahun 1987 merupakan Perguruan Tinggi Negeri sebagai salah satu dari 26 Politeknik Negeri di Indonesia. Berdasarkan Surat Keputusan Mentri Pendidikan Nasional RI Nomor : 128/O/2002 tanggal 31 juli 2002 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Negeri Ujung Pandang, Sehingga Politeknik mandiri dan berpisah dari Universitas Hasanuddin dan berganti nama menjadi Politeknik Negeri Ujung Pandang.

Mulai tahun akademik 2008/2009, Politeknik Negeri Ujung Pandang menyelenggarakan dua Program Kelas , yaitu :

1. Program D3 kelas Reguler Pagi
2. Program D3 kelas Reguler Sore

Pada tahun akademik 2006/2007 telah dibuka pula program Diploma Empat  (D4) untuk program Studi Akuntansi dan pada saat ini telah memiliki 7 program studi jenjang D4. Pada Tahun Ajaran 2011/2012 Politeknik Negeri Ujung Pandang menyelengarakan program pendidikan Diploma Tiga (D3) Kelas kerja sama untuk rekrutmen PT.PLN (Persero). khusus Program Studi Teknik Listrik dan  Program Studi Teknik Konversi Energi bagi lulusan SMK Jurusan Listrik/Mesin atau SMA Sederajat bidang IPA.

Tujuan

Politeknik merupakan lembaga pendidikan tinggi yang menyelenggarakan program pendidikan terapan dalam sejumlah bidang program studi. pendidikan terapan yang dimaksud bersifat professional yang berorientasi pada kebutuhan industri.

Program pendidikan politeknik sebagai pendidikan professional bertujuan menyiapkan peserta didik menjadi anggota manyarakat yang memiliki kemampuan professional dalam menerapkan, mengembangkan , dan menyebarluaskan teknologi dan/atau kesenian serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional. Politeknik diselenggarakan dengan tujuan utama untuk mendukung pengembangan industri baru dan memperbaiki mutu industri yang sudah ada. Program pendidikan professional ini akan menghasilkan tenaha Ahli Madya (A.Md) yang benar-benar terampil.

Visi & Misi

VISI

Menjadikan Politeknik Negeri Ujung Pandang sebagai pusat pendidikan vokasi yang mandiri dan menghasilkan luaran yang unggul dan berakhlak mulia.

MISI

Meningkatkan dan mengembangkan tridharma perguruan tinggi secara dinamis dan inovatif

1. Memberdayakan dan mengembangkan potensi sumber daya Politeknik Negeri Ujung Pandang secara berkesinambungan
2. Mewujudkan civitas akademika dan karyawan yang berakhlak mulia
3. Menumbuhkembangkan budaya kewirausahaan.

 

Sumber: poliupg.ac.id


Layanan - POLIUPG - Politeknik Negeri Ujung Pandang

Layanan Publik - Instansi