POLINEF - Politeknik Negeri FakFak

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Profil Polinef

Sejarah Polinef

Pemerintah telah mencanangkan dan merumuskan Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) dengan menetapkan 6 koridor ekonomi. MP3EI ini dimaksudkan untuk membuat Indonesia menjadi negara maju 10 besar dunia pada tahun 2030 melalui pertumbuhan ekonomi tinggi yang inklusif dan berkelanjutan. Strategi MP3EI adalah mengembangkan pusat pusat pertumbuhan ekonomi dan melakukan penguatan konektivitas antar pusat pertumbuhan tersebut dan untuk itu akan memerlukan dukungan sumberdaya manusia yang terlatih dan mempunyai kemampuan profesional yang tepat dan sesuai melalui pendidikan tinggi.

Didalam mendukung program MP3EI Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi menjawab tantangan program tersebut antara lain dengan mendirikan Politeknik Negeri Fakfak (PNF). Pendirian dan pengembangan tersebutse suai dengan visi dan misi dalam Renstra Kemdikbud yaitu: (1) meningkatkan ketersediaan layanan pendidikan, (2) memperluas keterjangkauan layanan pendidikan, (3) meningkatkan kualitas/mutu dan relevansi layanan pendidikan, (4) mewujudkan kesetaraan, dan (5) menjamin kepastian memperoleh layanan pendidikan.  

Pendirian Politeknik Negeri Fakfak ini dilandasi dengan konsep dasar yang sesuai dan berorientasi pada potensi pengembangan kawasan. Konsep inti adalah untuk mempercepat pembangunan pada daerah yang baru bertumbuh untuk mendukung pertumbuhan industri maupun pada daerah yang telah berkembang untuk mempercepat pengembangan industri khususnya wilayah pada Indonesia bagian timur. Pendirian PNF akan menjadi pendorong dan penghasil tenaga terampil yang berperan dalam perkembangan dan percepatan wilayah di sekitar lokasi PNF maupun dalam lingkup lebih luas di region dan tingkat nasional. Pendirian ini juga dipertimbangkan atas prinsip kesetaraan dan keseimbangan dalam menjangkau pendidikan tinggi bagi masyarakat.

Tujuan Pendidikan

  1. Mengembangkan sistem pendidikan tinggi vokasi yang berkualitas dan berkesinambungan;
  2. Membangun manajemen yang efisien, efektif dan  mandiri;
  3. Membangun tenaga pendidik dan tenaga pendidikan yang berkualitas, memiliki dedikasi dan motivasi yang tinggi;
  4. Menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian terapan sesuai bidangnya;
  5. Menghasilkan penelitian terapan yang memberikan manfaat kepada pemangku kepentingan.

Program Studi yang Tersedia

Berdasarkan penelitian lapangan yang dilakukan di Kabupaten Fakfak tentang kubutuhan sumber daya manusia di Kabupaten Fakfak, disimpulkan program studi yang sesuai di rancang pada Politeknik Negeri Fakfak adalah sebagai berikut :

  1. Teknik Sipil
  2. Teknik Perawatan dan Perbaikan Mesin
  3. Manajemen Informatika
  4. Agroindustri

Visi dan Misi

Visi

Menjadi Politeknik yang menghasilkan karya inovatif, sumber daya manusia dan insan yang ahli dan terampil untuk meningkatkan potensi wilayah Indonesia Timur.

Misi

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan tinggi vokasi yang berkualitas;
  2. Menghasilkan penciptaan karya nyata bidang ilmu pengetahuan dan teknologi terapan yang inovatif dan bermanfaat bagi masyarakat;
  3. Melaksanakan pembinaan sumber daya manusia yang berkesinambungan dalam menunjang pengembangan profesionalisme;
  4. Mengembangkan sistem manajemen yang handal untuk tata kelola yang transparan dan terpercaya;
  5. Menghasilkan tenaga profesional, berjiwa wirausaha dan berkarakter mulia.

 

Sumber: polinef.ac.id


Layanan - POLINEF - Politeknik Negeri FakFak

Layanan Publik - Instansi