PT.SARINAH (Persero)

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Berawal dari keinginan Ir. Soekarno sebagai Presiden pertama RI yang ingin menghargai dan memulyakan nama seorang pengasuhnya yang berasal dari kalangan bawah bernama "SARINAH", maka diabadikan sebuah nama pada Department Store pertama di Indonesia pada tahun 1962, tahun dicanangkan sebagai tahun berdirinya PT SARINAH (PERSERO) tepatnya tanggal 17 Agustus.


Gedung Sarinah yang saat ini berdiri sesungguhnya dibangun dengan biaya pampasan perang pemerintah Jepang yang pembukaan Department Store-nya pada tanggal 15 Agustus 1966.

Pada awal berdirinya Sarinah, situasi makro ekonomi Indonesia dalam keadaan yang sangat buruk. Oleh sebab itu Sarinah diharapkan akan menjadi  stimulator, mediator dan alat distribusi ke masyarakat luas dan menjalankan fungsinya sebagai stabilisator ekonomi, pelopor dalam pengembangan usaha perdagangan eceran (ritel) serta berpartisipasi dalam perubahan struktur perekonomian Indonesia.
 

Sesuai dengan namanya, Sarinah telah membantu kepentingan masyarakat kecil sebagai mitra usaha. Hingga saat ini cukup banyak mitra binaan Sarinah baik perorangan, perusahaan maupun koperasi.

Dalam perjalanannya Sarinah juga mengalami pasang surut. Bahkan pada tahun 1984 gedung Sarinah pernah mengalami kebakaran. Namun karena didorong oleh keinginan untuk melayani masyarakat, Sarinah yang telah menjadi aset nasional terus bangkit kembali.

Sebagai mitra usaha kecil, terutama pengerajin, Sarinah ingin berperan lebih besar dalam memperkenalkan produk nasional ke mancanegara lewat ekspor yang semakin ditingkatkan dari waktu kewaktu.

VISI

Menjadi pusat perdagangan produk Indonesia pilihan utama dunia (To be the Indonesian Emporium of the world)

MISI

1. Menjadi pusat perdagangan untuk produk-produk unggulan Indonesia
2. Mengembangkan kualitas SDM dalam merchandising serta service excellence
3. Menjadi outlet tujuan utama customer domestik dan mancanegara untuk berbelanja produk-produk unggulan Indonesia di Jakarta
4. Menyediakan nilai tambah bagi perusahaan dan customer dengan penjualan produk-produk unggulan Indonesia secara wholesale ke luar negeri (ekspor) maupun distribusi di dalam negeri
5. Membantu pengembangan usaha kecil, menengah, dan koperasi sebagai mitra strategis melalui pembinaan manajemen dan pemasaran
6. Menjadi mitra pemerintah untuk mengendalikan, melakukan impor produk-produk yang bermanfaat sebagai bahan baku produksi Indonesia
7. Mengembangkan manajemen yang berstandar Internasional dengan berorientasi pada teknologi informasi
8. Menerapkan Good Corporate Governance secara optimal pada setiap aspek bisnis

 

Sumber: sarinah.co.id