APKABEL - Asosiasi Pabrik Kabel Listrik Indonesia

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Riwayat Singkat

Dalam sejarah perkabelan, pabrik kabel pertama di Indonesia dibangun pada tahun 1962. Selanjutnya di tahun 70-an berkembanglah beberapa pabrik kabel lain sehingga mulailah tercetus ide pembentukan sebuah asosiasi pabrikan yang dinamakan Asosiasi Pabrik Kabel Listrik Indonesia atau lebih dikenal dengan singkatan APKABEL.

APKABEL tepatnya didirikan pada 10 February 1973 diprakarsai oleh yaitu Bapak Kontan Pri Bangun, Islam Salim, Jan Walter de Witte, Indrawan Roosheroe dan Tolip Tanaga dan disahkan dengan akte nomor 216 notaris Kartini Mulyadi SH pada tanggal 26 Juni 1974.

APKABEL menjadi wadah kegiatan resmi yang mewakili aspirasi pabrik kabel dalam negeri.

Anggota APKABEL terdiri dari Perusahaan Modal Asing (PMA) dan Perusahaan Modal Dalam Negeri (PMDN) baik dalam sudah bentuk Perusahaan Terbuka (Tbk) maupun belum. Beberapa perusahaan adalah merupakan anak perusahaan atau kepemilikannya terkait dengan MNC seperti Pirelli, Furukawa, Fujikura, Sumitomo, Showa, Siemens/Corning yang cukup potensial baik dari segi financial, jaringan maupun teknologi.     

APKABEL berada dalam pembinaan Direktorat Jenderal Industri Logam Mesin Tekstil dan Aneka (ILMTA) Departemen Perindustrian dan Perdagangan dan menjadi anggota luar biasa Kadin Indonesia.

Telah banyak usaha APKABEL untuk membantu anggotanya dengan petunjuk-petunjuk, informasi, rekomendasi serta memperkenalkan perusahaan-anggota dan produknya kepada masyarakat luas di dalam dan di luar negeri.

Juga upaya untuk terus meningkatkan mutu produk anggota APKABEL melalui penerapan standar industri dan pengawasan mutu, system manajemen dan lain-lain.

 

Sumber : apkabel.org


Layanan - APKABEL - Asosiasi Pabrik Kabel Listrik Indonesia

Layanan Publik - Instansi