AIPKIND - Asosiasi Pendidikan Kebidanan Indonesia

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

SEJARAH

Sejarah Pendirian AIPKIND

Asosiasi Pendidikan Kebidanan Indonesia (AIPKIND) lahir tahun 2008 pada tanggal 28 Oktober atas dasar keinginan bersama institusi pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan bidan melalui wadah yang menghimpun seluruh Pendidikan Bidan Indonesia. Pada awal pembentukan AIPKIND kepengurusan terdiri dari Ketua, Sekretaris dan Bendahara berpusat di Jakarta. Selanjutnya, dengan tingginya aktifitas dan kegiatan yang melibatkan AIPKIND, ditunjuk Koordinator Wilayah (Korwil) yang bertujuan memudahkan koordinasi baik kepada Pengurus AIPKIND dan Stakeholder Pendidikan di wilayahnya. Saat ini sudah terbentuk 13 Korwil AIPKIND yang disesuaikan dengan 13 Wilayah Kopertis Dikti Kemendikbud RI dan didukung oleh 42 sub Korwil untuk memudahkan komunikasi.

Saat ini terdapat pendidikan bidan yang terdata di AIPKIND tercatat 693 institusi pendidikan bidan yang tersebar di seluruh Indonesia mulai dari kota sampai ke kecamatan.  Banyak hal yang berkembang terkait dengan Pendidikan Bidan a.l. Ujikompetensi yang segera akan diberlakukan tahun 2013. Mensikapi beberapa perkembangan ini dipandang perlu untuk melaksanakan pertemuan nasional AIPKIND.  Mengingat sejak terbentuknya AIPKIND belum pernah melakukan pertemuan nasional.

Sejak didirikan AIPKIND sudah melakukan banyak kegiatan bersama Pemerintah melalui DIKTI.  Proyek Health Professional Education Quality (HPEQ) Project Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi adalah salah satu program pemerintah dalam meningkatkan strategi dan kebijakan Penjaminan Mutu terkait dengan pendidikan tenaga kesehatan profesional di Indonesia yaitu:

1. Akreditasi institusi pendidikan dan pelatihan tenaga profesional kesehatan yang berfokus pada kompetensi.

2. Mengembangkan standar kompetensi nasional dan prosedur pengujian untuk sertifikasi dan pemberian lisensi bagi tenaga profesional kesehatan.

Hal ini sejalan dengan deklarasi pendirian AIPKIND untuk meningkatkan mutu pendidikan bidan melalui wadah yang menghimpun seluruh Pendidikan Bidan di Indonesia. Guna mewujudkan Nilai Agung ini dan mengantisipasi kebijakan pemerintah dalam sistem pendidikan kebidanan, organisasi AIPKIND perlu menyiapkan diri.

Deklarasi AIPKIND

Deklarasi

Asosiasi Institusi Pendidikan Kebidanan Indonesia

Mengingat  :

Bahwa sengsungguhnya upaya mewujudkan masyarakat sehat, adil dan makmur, merata dan menyeluruh adalah tanggung jawab seluruh Warga Negara Indonesia.

Bahwa pelayanan kebidanan adalah salah satu bentuk pelayanan bidan yang diberikan kepada perempuan sepanjang siklus kehidupannya khususnya ibu dan anak.

Bahwa melalui Pendidikan Bidan, disiapkan Bidan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, memiliki sikap dan tingkah laku profesional, pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan tugasnya dengan penuh tanggung jawab yang tinggi.

Bahwa atas dasar tanggung jawab tersebut Institusi Pendidikan Kebidanan di Indonesia secara bersama berkeinginan meningkatkan mutu pendidikan bidan melalui wadah yang menghimpun seluruh Pendidikan Bidan Indonesia.

Mendeklarasikan  :        

Peserta lokakarya Pendidikan Bidan pada tanggal 27 – 28 Oktober 2008, dengan ini mendeklarasikan terbentuknya:

 ”ASOSIASI INTITUSI PENDIDIKAN KEBIDANAN INDONESIA (AIPKIND)”

Visi & Misi

Visi

Menjadi Asosiasi Institusi Pendidikan Kebidanan yang mempunyai peran, tugas dan tanggung jawab dalam mendorong pelaksanaan dan pengembangan pendidikan kebidanan serta berperan aktif dalam pengembangan di bidang kebidanan dan kesehatanMenjadi Asosiasi Institusi Pendidikan Kebidanan yang mempunyai peran, tugas dan tanggung jawab dalam mendorong pelaksanaan dan pengembangan pendidikan kebidanan serta berperan aktif dalam pengembangan di bidang kebidanan dan kesehatan 

Misi

  1. Bersama Kolegium Kebidanan Menstandarisasi
  2. Membina dan mengembangkan Pendidikan Kebidanan yang bermutu tinggi dan memenuhi standar pendidikan regional dan internasional
  3. Membina dan mengembangkan penelitian kebidanan yang bermutu dan dan bertaraf internasional
  4. Meningkatkan kualitas pengabdian kepada masyarakat dalam bidang kebidanan / kesehatan
  5. Membina kerjasama dengan stakeholder terkait dalam pengembangan Pendidikan Kebidanan

 

Sumber: aipkind.or.id


Layanan - AIPKIND - Asosiasi Pendidikan Kebidanan Indonesia

Layanan Publik - Instansi