PAI - Persatuan Aktuaris Indonesia

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Tentang PAI

Persatuan Aktuaris Indonesia atau the Society of Actuaries of Indonesia adalah organisasi nasional dari profesi Aktuaris di Indonesia yang berdedikasi untuk memberikan pelayanan kepada khalayak umum dan anggotanya.

PAI didirikan pada tanggal 19 Oktober 1964 dengan 25 anggota. Seiring dengan berjalannya waktu, peraturan pemerintah yang mengatur industri asuransi dan dana pensiun yang mengharuskan sertifikasi oleh FSAI turut mendorong pertumbuhan profesi aktuaria di Indonesia dan juga pengakuan atas FSAI. Saat ini, PAI beranggotakan 180 Aktuaris dan 200 Ajun Aktuaris.

PAI menerbitkan pedoman untuk Standar Praktek Aktuaria dan Kode Etik yang berisikan standar praktek dan kode etik profesi. Pedoman ini berfungsi untuk memberikan arahan kepada anggota PAI mengenai hal-hal yang dapat dilakukan oleh professional dibidang aktuaria dalam situasi-situasi tertentu. PAI juga menerbitkan pedoman proses disiplin untuk menjamin implementasi dari standar profesi dan kode etik oleh anggotanya.

PAI adalah anggota dari IAA sejak Desember 2005. Sebagai anggota organisasi internasional, PAI mewakili aktuaris-aktuaris Indonesia di kancah internasional dan bekerja sama dengan organisasi aktuaria lainnya atas dasar kepentingan bersama.

Visi dan Misi

Visi Kami

“Untuk menjadikan Persatuan Aktuaris Indonesia sebagai organisasi profesional yang diakui secara internasional”

Misi Kami

“Untuk menjadikan Persatuan Aktuaris Indonesia sebagai organisasi profesional yang akan terus meningkatkan kualitas, kemampuan dan profesionalisme dari semua anggota PAI melalui program pelatihan secara berkesinambungan dan melalui ujian yang diakui secara internasional”

Tujuan Kami



Tentang Aktuaris

Siapa itu aktuaris?

Aktuaris adalah seorang ahli yang dapat mengaplikasikan ilmu keuangan dan teori statistik untuk menyelesaikan persoalan-persoalan bisnis aktual. Persoalan ini umumnya menyangkut analisa kejadian masa depan yang berdampak pada segi finansial, khususnya yang berhubungan dengan besar pembayaran di masa depan dan kapan pembayaran dilakukan pada waktu yang tidak pasti.

Secara umum, aktuaris bekerja di bidang : konsultasi, perusahaan asuransi jiwa, pensiun, dan investasi. Aktuaris juga sedang merambah di bidang-bidang lainnya, dimana kemampuan analitis diperlukan.

Lingkup Pekerjaan

  1. Asuransi Jiwa
  2. Asuransi Umum/Kerugian
  3. Kesehatan
  4. Pensiun
  5. Manfaat Karyawan
  6. Kebijakan Sosial
  7. Keuangan, Investasi dan Manajemen Resiko

Profesi Aktuaris di Indonesia

Gelar aktuaris di Indonesia diberikan oleh Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI) setelah seorang individu menempuh 10 mata ujian yang diujikan.

Pada umumnya aktuaris di Indonesia memiliki latar belakang pendidikan dari FMIPA Matematika maupun Statistika. Tetapi ada sedikit yang berasal dari disiplin lain.

Aktuaris di Indonesia banyak bekerja di perusahaan asuransi jiwa, sedangkan sisanya bekerja di dana pensiun, konsultan aktuaria, dan saat ini merambah ke dunia investasi.

 

Sumber: aktuaris.org


Layanan - PAI - Persatuan Aktuaris Indonesia

Layanan Publik - Instansi