IDKI - Perhimpunan Dokter Kesehatan Indonesia

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Profile IDKI

Organisasi ini lahir pada tahun 1988 oleh sekelompok dokter dari berbagai disiplin ilmu kedokteran, sebagai lembaga profesi dokter yang memiliki peminatan dalam bidang kesehatan kerja. Sasaran utama organisasi adalah untuk mengembangkan profesi dokter perusahaan dalam memberikan layanan primer fokus pada upaya promotif-preventif selain terapi dan rehabilitasi. Merupakan salah satu organisasi dokter di bawah naungan IDI yg diterima dalam rumpun KDI (Kolegium Dokter Indonesia). Organisasi ini bersifat non profit dan mempunyai Tujuan Utama yaitu berkontribusi dalam meningkatkan daya saing perusahaan dan bangsa dari sisi kesehatan melalui peningkatan kompetensi dokter kesehatan kerja.

Melalui Kongres Nasional (KONAS) 2010 telah diusung revitalisasi organisasi IDKI, diawali dengan reformasi tata kelola Pengurus Pusat (PP) IDKI dg struktur organisasi yang lebih menekankan kepada fungsi untuk merespon current issues yang berkembang. PP IDKI bersama pemerintah dan stake holder terkait telah menyusun SKKNI Dokter Kesehatan Kerja, yang telah disahkan melalui Keputusan Menakertrans No.KEP.121/Men/VII/2010 pada 6 Juli 2010

Visi & Misi

VISI

Menjadikan IDKI organisasi profesi Dokter Kesehatan Kerja tingkat nasional yang berprofil Internasional.

MISI

  • Menyiapkan standar pelatihan/pendidikan dokter kesehatan kerja berbasis SKKNI dokter kesehatan kerja.
  • Menyelenggarakan pelatihan berbasis SKNNI dokter kesehatan kerja bagi dokter perusahaan dan dokter yang berminat menjadi dokter perusahaan.
  • Menyiapkan berdirinya Lembaga Sertifikasi Personil (LSP) untuk menyelenggarakan uji kompetensi berbasis SKKNI bagi dokter perusahaan dan dokter yang berminat menjadi dokter perusahaan.
  • Mendorong pelaksanaan uji kompetensi personil berbasis SKKNI dokter kesehatan kerja.
  • Meningkatkan partisipasi IDKI di dalam Kolegium Dokter Indonesia termasuk dalam hal P2KB, penetapan SKP dalam pelatihan yang diselenggarakan oleh IDKI dan perbaikan standar pendidikan dokter Indonesia.
  • Mensosialisasikan melalui media komunikasi informasi akan pentingnya pelaksanaan unit-unit kompetensi SKKNI dokter kesehatan kerja di industri dalam rangka peningkatan daya saing perusahaan dan bangsa di era globalisasi.
  • Memberikan advokasi kepada industri yang ingin melaksanakan program kesehatan kerja berbasis unit dan elemen kompetensi SKNNI dokter kesehatan kerja.
  • Mengupayakan kerjasama nasional dengan semua pemangku kepentingan dalam suatu pilot proyect pelaksanaan sistim layanan dan infrastruktur Kesehatan kerja yang berjenjang, terintegrasi dan berkesinambungan.
  • Berpartisipasi dalam memajukan program kesehatan kerja berbasis SKKNI dokter kesehatan kerja yang di-inisiasi atau di selenggarakan oleh organisasi internasional (misalnya WHO,ILO, ICOH ) dan nasional (misalnya DK3N) yang bergerak dalam bidang Kesehatan Kerja.
  • Meningkatkan kompetensi berbasis SKKNI bagi anggota PP.IDKI, dan anggota Pengurus Cabang.
  • Meningkatkan kesejahteraan anggota PP IDKI.

 

Sumber:  idki.org


Layanan - IDKI - Perhimpunan Dokter Kesehatan Indonesia

Layanan Publik - Instansi