Info Pendirian PT - Perseroan Terbatas

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

 

Informasi Umum

Modul ini berisikan tahap-tahap mendirikan Perseroan Terbatas di Indonesia.

1) Tahapan yang perlu dilalui adalah:
2) Pengajuan Nama Perseroan Terbatas
3) Pembuatan Akta Pendirian PT
4) Pembuatan SKDP
5) Pembuatan NPWP
6) Pembuatan Anggaran Dasar Perseroan
7) Mengajukan SIUP

Perseroan Terbatas (PT), dulu disebut juga Naamloze Vennootschap (NV), adalah suatu badan hukum untuk menjalankan usaha yang memiliki modal terdiri dari saham-saham, yang pemiliknya memiliki bagian sebanyak saham yang dimilikinya. Karena modalnya terdiri dari saham-saham yang dapat diperjualbelikan, perubahan kepemilikan perusahaan dapat dilakukan tanpa perlu membubarkan perusahaan.

Perbedaan CV dengan PT adalah

1) CV merupakan badan usaha yang tidak berbadan hukum dan kekayaan para pendirinya tidak terpisahkan dari kekayaan CV. Sehingga pengurus CV bertanggung jawab penuh.
2) Sedangkan PT merupakan badan hukum yang dipersamakan kedudukannya dengan orang dan mempunyai kekayaan yang terpisah dengan kekayaan para pendirinya.
3) PT dapat bertindak keluar baik di dalam maupun di muka pengadilan sebagaimana halnya dengan orang serta memiliki harta kekayaan sendiri.  Sehingga pengurus PT tanggung jawabnya terbatas.
4) Dalam melakukan penyetoran modal pendirian CV, di dalam anggaran dasar tidak disebutkan pembagiannya seperti halnya dalam PT.
5) Dalam CV, para persero harus membuat kesepakatan tersendiri mengenai hal tersebut atau membuat catatan yang terpisah.
6) Di dalam CV tidak ada pemisahan kekayaan antara CV dengan kekayaan para perseronya.
7) Pengurus CV bertindak selama perseroan berjalan, sedangkan pada PT tidak boleh.
8) Apabila anggota CV meninggal maka CV bubar.  Akan tetapi tidak demikian halnya pada PT. Keberadaan PT terus berlanjut meskipun terjadi pergantian pengurus atau kepengurusan.

 

Sumber: satulayanan.net