IKAI - Ikatan Komite Audit Indonesia

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Komite Audit

Belajar dari krisis yang lalu, yang muncul disebabkan oleh gelombang skandal korporasi pengadopsian prinsip-prinsip GCG sekaligus penerapannya di suatu negara menjadi sesuatu yang urgen. Salah satu unsur kelembagaan dalam konsep GCG yang diharapkan mampu memberikan kontribusi tinggi dalam level penerapannya adalah "Komite Audit". Keberadaannya diharapkan mampu meningkatkan kualitas pengawasan internal perusahaan, serta mampu mengoptimalkan mekanisme checks and balances, yang pada akhirnya ditujukan untuk memberikan perlindungan yang optimum kepada para pemegang saham dan stakeholder lainnya.

Urgensi keberadaan komite audit ada pula kaitannya dengan belum optimalnya peran pengawasan yang diemban dewan komisaris di banyak perusahaan di negara-negara korban krisis yang lalu. Indonesia khususnya semakin diperparah dengan adanya karakteristik umum yang melekat pada entitas bisnis kita berupa pemusatan kontrol atau pengendalian kepemilikan perusahaan di tangan pihak tertentu atau segelintir pihak saja.

Tugas pokok dari komite audit pada prinsipnya adalah membantu Dewan Komisaris dalam melakukan fungsi pengawasan atas kinerja perusahaan. Hal tersebut terutama berkaitan dengan review sistem pengendalian intern perusahaan, memastikan kualitas laporan keuangan, dan meningkatkan efektivitas fungsi audit. Laporan keuangan merupakan produk dari manajemen yang kemudian diverifikasi oleh eksternal auditor. Dalam pola hubungan tersebut, dapat dikatakan bahwa komite audit berfungsi sebagai jembatan penghubung antara perusahaan dengan eksternal auditor. Tugas komite audit juga erat kaitannya dengan penelaahan terhadap resiko yang dihadapi perusahaan, dan juga ketaatan terhadap peraturan.

Dari gambaran sederhana mengenai tugas dan fungsi dari lembaga tersebut, sudah barang tentu, keberadaan komite audit menjadi sangat penting sebagai salah satu perangkat utama dalam penerapan good corporate governance. Keberadaannya dipertegas dengan keputusan Bapepam yang dituangkan dalam SE BAPEPAM no. 03 tahun 2000 mengenai pembentukan komite audit dan juga Kep. Direksi BEJ No. 339 tahun 2001 mengenai peraturan pencatatan efek di Bursa yang mencakup komisaris Independen, komite audit, sekretaris perusahaan; keterbukaan; dan standar laporan keuangan per sektor.

Namun demikian, figur anggota komite audit yang mampu menjalankan tugas kesehariannya tentulah bukan figur yang mudah ditemukan. Perlu kriteria khusus bagi seseorang yang akan menjabat sebagai ketua maupun anggota komite audit, mengingat utgas dan tanggung jawabnya yang sangat strategis. Hal ini dipertegas dengan dikeluarkannya keputusan Ketua BAPEPAM No.: Kep-29/PM/2004 pada tanggal 24 September 2004.

Berdasarkan pemikiran tersebut di atas Indonesian Society of Independent Commissioners (ISICOM) bersama dengan praktisi komite audit yang memiliki concern yang tinggi terhadap hal tersebut di atas, sepakat untuk membentuk Ikatan Komite Audit Indonesia (The Indonesian Institute of Audit Committee) yang merupakan organisasi yang akan memayungi serta melakukan pendidikan dan pengakuan terhadap kualifikasi anggota komite audit dalam rangka mempercepat transformasi perusahaan menuju good corporate governance.

Latar Belakang Pendirian

Bermula dari Forum-forum diskusi dan Forum Komite Audit dari The Indonesian Society of Independent Commissioners (ISICOM), yang secara konsisten banyak membahas masalah seputar Good Corporate Governance (GCG) dan juga peranan dari para Komisaris dan Komite Audit dalam membantu perusahaan agar mampu beroperasi sesuai dengan prinsip-prinsip GCG, lahirlah suatu keinginan agar pemikiran-pemikiran yang telah dihasilkan dalam forum tersebut, tidak hanya berkisar pada tataran konsep atau pemikiran saja, tetapi juga mampu ditularkan dan direalisasikan.

Keinginan yang begitu besar mendorong ISICOM dengan juga beberapa praktisi komite audit yang memiliki concern yang tinggi terhadap pola pengembangan komite audit - agar komite audit selalu updated, well informed, dan efektif dalam menjalankan tugasnya- sepakat untuk membentuk The Indonesian Institute of Audit Committee.

Komite Audit memiliki peran penting sebagai salah satu organ perusahaan yang mutlak harus ada dalam penerapan good corporate governance. Ikatan Komite Audit Indonesia didirikan dengan tujuan untuk memayungi serta melakukan pendidikan dan pengakuan terhadap kualifikasi anggota komite audit dalam rangka mempercepat transformasi perusahaan menuju good corporate governance.

Dengan melalui beberapa kali pertemuan antara ISICOM dengan beberapa praktisi komite audit yang bertujuan untuk membahas lebih dalam mengenai pembentukan The Indonesian Institute of Audit Committee, maka disepakati segera mendeklarasikan organisasi ini. Maka pada tanggal 20 April 2004 di Jakarta, dideklarasikanlah The Indonesian Institute of Audit Committee (Ikatan Komite Audit Indonesia) yang lebih dikenal secara singkat dengan nama IKAI.

IKAI dicetuskan oleh 9 orang anggota pendiri, yaitu Soedarjono (Komisaris Utama PT. Danareksa (Persero)), Irwan Sofjan (Ketua Komite Audit PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk)., Subarto Zaini (Ketua Komite Audit PT. BAT Indonesia Tbk.), M. Tjoek Soeroso (Ketua Komite Audit PT. Jasa Raharja), Tjuk Kasturi Sukiadi (Ketua Komite Audit PT. Semen Gresik Tbk.), Kanaka Puradiredja (Anggota Komite Audit PT. Astra International Tbk.dan PT. Bank Niaga Tbk.), dan Indra Safitri (Anggota Komite Audit PT. Inco Tbk.).

Pada tanggal 31 Juli 2004 di Jakarta, Ikatan Komite Audit Indonesia (IKAI) berhasil menyelenggarakan Rapat Umum Anggota yang Pertama, dengan beberapa keputusan yang telah disepakati oleh Anggota, diantaranya adalah:

  • Terpilihnya Anggota Dewan Kehormatan dan Anggota Dewan Pengurus periode 2004-2007
  • Disahkannya Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga dengan beberapa perbaikan
  • Disetujuinya Program Kerja Ikatan Komite Audit Indonesia periode 2004-2007

Visi dan Misi

Keberadaan Ikatan Komite Audit Indonesia ditujukan mendorong diterapkannya Good Corporate Governance melalui peningkatan kompetensi dan profesionalisme anggota Komite Audit.

Kami memiliki keyakinan bahwa melalui Komite Audit yang berkualitas dan efektif maka perusahaan dapat meningkatkan kualitas pengawasan dan memastikan adanya mekanisme checks and balances yang memadai dengan tujuan akhir adalah memberikan perlindungan yang maksimal kepada pemegang saham dan pemangku kepentingan lainnya.

Kekuatan Ikatan Komite Audit Indonesia terletak pada komitmen dan konsistensi untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi anggota Komite Audit, serta keinginan yang kuat dan kreatifitas untuk senantiasa mengembangkan ide-ide baru dan mengembangkan continous professional education Komite Audit.

Untuk menjadikan organisasi ini bermanfaat dan bernilai tambah, kami berkeyakinan bahwa Ikatan Komite Audit Indonesia harus dikelola secara profesional berdasarkan prinsip-prinsip Good Corporate Governance oleh orang-orang yang memiliki kualitas dan komitmen yang tinggi. Ini semua akan mampu mendorong Ikatan Komite Audit Indonesia menjadi sebuah organisasi profesi yang sehat, yang  mampu menciptakan nilai secara jangka panjang bagi stakeholdernya.

VISI

Menjadi organisasi yang mampu mendorong diterapkannya good corporate governance di Indonesia melalui penyediaan anggota komite audit yang independen, profesional, kompeten dan berintegritas serta memberikan nilai tambah bagi entitas pengguna dan stakeholders lainnya.

MISI

Ikatan Komite Audit Indonesia (IKAI) adalah organisasi profesi yang :

1. Mewadahi anggota komite audit di Indonesia melalui

  • penciptaan standar dan sertifikasi anggota
  • penyelenggaraan pelatihan-pelatihan pengembangan keahlian profesional
  • pemberian informasi kepada pihak-pihak yang berkepentingan
  • Penyelenggaraan riset-riset terkini yang relevan dengan pengembangan dan implementasi good corporate governance

2. Menjadi mitra bagi pihak otoritas di bidang good corporate governance dan organisasi profesi lainnya yang relevan.

Nilai

Kepuasan Anggota, Pelayanan Terbaik, Konsistensi, Komitmen, Membangun Kepercayaan dan Kerjasama serta Kreatifitas.

 

Sumber : komiteaudit.org


Layanan - IKAI - Ikatan Komite Audit Indonesia

Layanan Publik - Instansi